Mau lihat artis idolamu langsung di Korea? Pakai aplikasi untuk traveling ke Korea Selatan ini yuk supaya liburanmu tambah seru!

Semakin populernya budaya kpop di seluruh dunia membuat Negara Gingseng ini menjadi salah satu destinasi wisata favorit bagi banyak penggemarnya.

Lagipula fans mana sih yang tidak ingin melihat dan merasakan langsung suasana yang biasa mereka saksikan di layar kaca?

Meski begitu perbedaan budaya dan bahasa membuat banyak traveler ragu untuk mengunjungi negara ini. Apalagi tulisan yang lebih umum digunakan adalah hangul yang tentunya sangat asing untuk kita.

Untungnya kini ada banyak aplikasi yang bisa membantu kita selama traveling di Korea. Mulai dari aplikasi rekomendasi makanan hingga aplikasi transportasi, berikut adalah beberapa aplikasi yang dibutuhkan saat di Korea.

Aplikasi untuk Traveling ke Korea yang Harus Kamu Pasang di Hape

1. NaverMap

Selama ini kita mengenal Google Map sebagai salah satu aplikasi peta terbaik. Namun karena hukum yang berlaku di Korea, di situ kamu hanya bisa menggunakan aplikasi peta buatan developer Korea seperti NaverMap.

Naver Map sendiri menawarakan fitur yang tidak kalah lengkap dibanding Google Map. Di sini kita bisa menemukan tujuan dengan mudah dan melihat moda transportasi yang tersedia.

Selain itu aplikasi ini juga bisa memperhitungkan waktu tempuh kita saat berjalan kaki, naik bus, kereta bawah tanah, atau kendaraan roda empat.

Dan jika kamu mencari alternatif sejenis, KakaoMap bisa jadi aplikasi peta lain yang bisa kamu pakai selama berada di Korea Selatan.

2. MangoPlate

Buat kamu yang hobi kulineran, MangoPlate adalah aplikasi yang harus kamu install. Mirip dengan aplikasi Yelp, MangoPlate akan memudahkan kita untuk mencari restoran yang lezat seantero Korea.

Melalui aplikasi ini kita bisa mencari restoran dengan mudah berdasarkan lokasi, jenis makanan, dan rating makanan. Kita bahkan bisa menelusuri daftar restoran terbaik di Korea yang telah dikurasi oleh para ahli.

Dengan database lebih dari 200,000 restoran, kamu pasti bisa menemukan tempat makan dengan mudah selama menginap di Korea. Enaknya lagi, aplikasi ini juga support bahasa Inggris lho!

3. Klook

Klook adalah aplikasi yang memudahkan kita untuk melakukan booking tiket transportasi maupun wisata di Korea Selatan. Selain punya banyak pilihan, harganya pun sangat terjangkau dan kamu bisa mendapatkan banyak diskon melalui aplikasi ini.

4. KakaoTalk

kakaotalk jadi aplikasi yang banyak digunakan orang korea untuk berkomunikasi

KakaoTalk menjadi salah satu aplikasi yang sering digunakan orang korea dalam berkomunikasi. Dengan aplikasi ini, kita bisa mengirim pesan, mengirim foto, melakukan panggilan telepon, hingga video call melalui jaringan internet.

Dengan banyaknya orang korea yang menggunakan aplikasi ini, kamu akan lebih mudah menghubungi siapa saja selama kamu berada di Korea.

5. KakaoMetro

Kereta bawah tanah menjadi moda transportasi yang sangat diandalkan di Korea Selatan. Jika kau ingin mencari cara efektif untuk bepergian, menggunakan subway bisa menjadi salah satu opsi.

Agar perjalanan bebas masalah, kamu bisa memasang aplikasi KakaoMetro. Melalui aplikasi ini, kamu bisa mendapatkan informasi untuk semua sistem kereta bawah tanah yang tersedia di Korea Selatan.

Menariknya, aplikasi ini juga bisa memberikan alternatif saat kita ketinggalan kereta yang ingin kita naiki. Dan jika kamu menggunakan KakaoTalk, maka aplikasi ini bisa memberi tahu pengguna lainnya mengenai jadwal kedatanganmu.

6. KakaoBus

Selain kereta bawah tanah, bus menjadi cara bepergian lain yang bisa digunakan, terutama jika kita hanya bepergian dalam jarak dekat.

Jika kamu akan sering menaiki bus, kamu bisa menginstal aplikasi KakaoBus. Dengan aplikasi ini, kita bisa mengetahui infomarsi mengenai jadwal kedatangan bus, informasi trafik, hingga tempat duduk yang tersedia. Dan jangan khawatir nyasar karena aplikasi ini bisa memberitahu kita kapan harus turun dari bus.

7. 배달요기요 (Baedal-Yogiyo)

yogiyo jadi salah satu aplikasi antar makanan terbaik di korea selatan

Sistem antar jemput makanan di Korea mungkin menjadi salah satu yang bisa diandalkan di dunia. Selain cepat, mereka juga bisa mengantarkan makanan ke mana saja dan kapan saja.

Jika kamu ingin memesan makanan di Korea, maka kamu bisa mengandalkan aplikasi seperti Yogiyo. Selain bisa mengantar makanan dari restoran mana saja, sistem pembayarannya pun mudah dan ada berbagai diskon khusus yang bisa dinikmati, terutama bagi pelanggan baru.

Satu-satunya kekurangannya adalah bahasa yang digunakan. Jadi jika kamu tidak bisa membaca hangul dan mengerti bahasa Korea, maka akan sulit untuk memesan makanan melalui aplikasi ini.

8. Speak & Translate

Bahasa menjadi salah satu kendala saat berlibur ke Korea Selatan. Meski di banyak tempat wisata ada banyak staff yang sudah bisa berbahasa Inggris, di banyak tempat lainnya kita hanya bisa menggunakan bahasa Korea saja.

Jika kamu masih belum fasih berbahasa Korea, kamu bisa menggunakan aplikasi penerjemah seperti Speak & Translate. Aplikasi ini bisa digunakan untuk menerjemahkan teks dan suara instan yang memungkinkan kita untuk berkomunikasi di Korea meski kita tidak menguasai bahasanya.

Cara menggunakannya pun sangat mudah. Setelah mengucapkan kalimat dalam pilihan bahasa kita, aplikasi ini nantinya akan secara otomatis mengartikannya ke dalam bahasa Korea.

9. Naver Papago

aplikasi penerjemah percakapan bahasa korea langsung

Fungsi Naver Papago tidak jauh berbeda denga aplikasi Speak & Translate sebelumnya. Dengan aplikasi buatan Naver ini kita bisa melakukan banyak hal selain menerjemahkan teks, seperti

  • Image translation yang mampu mengenali teks dari gambar dan mengartikannya
  • Voice translation yang bisa menerjemahkan suara secara real-time, baik ke dalam bentuk teks maupun audio
  • Handwriting translation yang bisa menerjemahkan tulisan tangan dan secara otomatis melakukan koreksi
  • Conversation translation yang memungkinkan kita untuk berbicara satu sama lain dengan bahasa yang berbeda-beda

10. Eggbun

Mau punya rencana ke Korea dalam waktu dekat ini? kenapa tidak belajar beberapa frase dalam bahasa Korea agar liburan kamu semakin menyenangkan?

Salah satu aplikasi belajar bahasa Korea gratis yang bisa kamu coba adalah Eggbun. Di sini kita bisa melatih kemampuan berbicara, mendengar, membaca, atau menulis dalam bahasa Korea. Selain itu kita juga bisa terhubung dengan tutor yang akan mengajarkan kita bahasa Korea secara langsung.

Dengan lebih dari 550 pelajaran yang bisa diakses kapan saja dan di mana saja, Eggbun bisa memberikan kamu bekal yang cukup saat berjalan-jalan di Korea nanti.

11. Visit Korea

Buat yang masih bingung harus apa saja di Korea, aplikasi Visit Korea bisa jadi aplikasi yang bisa kamu pasang saat akan bepergian ke sana.

Visit Korea adalah aplikasi resmi yang dibuat oleh Korea Tourism Organization. Melalui aplikasi ini kita bisa melihat rekomendasi tempat makan, festival, akomodasi, pusat perbelanjaan, atau tempat wisata lain yang harus kamu kunjungi.

Tidak hanya itu, dalam aplikasi ini terdapat fitur peta yang bisa membantu untuk mencapai tempat tujuan kita dengan cepat dan mudah.

12. Visit Seoul

aplikasi untuk traveling ke seoul

Visit Seoul adalah aplikasi yang bisa kamu pasang jika kamu ingin mengunjungi ibukota Korea Selatan, Seoul. Melalui aplikasi ini kamu bisa melihat destinasi wisata yang sedang hits di Seoul.

Tidak hanya itu, kamu juga bisa melihat rekomendasi tempat makan, tips travel, pusat belanja, hingga prediksi cuaca di sekitar Seoul.

13. 미세미세 (Misemise)

Buat kamu yang memiiki alergi terhadap debu, kualitas udara tentu menjadi perhatian yang serius. Meski umumnya berada pada level yang cukup baik, tidak ada salahnya jika kita mengetahui kualitas udara saat berjalan-jalan ke Korea.

Untungnya hal ini bisa diketahui dengan mudah menggunakan aplikasi 미세미 (Misemise). Selain mengetahui kualitas udara di sana, aplikasi ini juga bisa memberi tahu kita saat kualitas udara memburuk atau berada pada level yang berbahaya.


Selain menyiapkan budget dan itinerary, ada banyak hal lain yang juga harus kamu siapkan sebelum liburan ke Korea Selatan. Untungnya kini ada banyak aplikasi untuk traveling ke Korea yang bisa membantu kamu bertahan hidup di sana.

Write A Comment