9 Aplikasi PDF Terbaik untuk Android

PDF adalah salah satu format file populer yang biasa digunakan untuk membagikan dokumen. Tidak lagi butuh komputer, kini kita bisa membuka PDF dari hape menggunakan aplikasi PDF Reader terbaik untuk Android berikut ini.

Dengan semakin canggihnya teknologi, kini ada banyak hal yang bisa kita lakukan dengan smartphone. Selain berkomunikasi dan bermain game, kita juga bisa mengerjakan pekerjaan kantor melalui hape.

Salah satu format dokumen yang seringkali dibagikan melalui perangkat genggam adalah PDF.

PDF sendiri adalah format buatan Adobe yang memungkinkan kita untuk membagikan dokumen dengan tampilan yang sama di perangkat apapun. Karena itulah, PDF seringali digunakan untuk membagikan file office, invoice, ebook, CV, hingga surat lamaran kerja.

Dengan support yang luas, membuka PDF kini tidak hanya bisa dilakukan dari komputer atau laptop saja. Banyaknya aplikasi PDF reader di Google Play Store membuat kita bisa membuka PDF langsung dari hape Android juga.

Nah, jika kamu butuh rekomendasi aplikasi untuk membuka PDF di Android, beberapa aplikasi PDF reader terbaik ini bisa kamu pertimbangkan.

1. Google PDF Viewer

Aplikasi PDF ringan untuk Android

Aplikasi untuk membuka PDF di Android pertama yang saya rekomendasikan adalah Google PDF Viewer. Google PDF Viewer sendiri termasuk aplikasi PDF Android ringan yang dapat membuka PDF dengan cepat. Tidak hanya itu, aplikasi ini juga gratis dan bebas dari iklan yang mengganggu.

Secara default, aplikasi ini akan terpasang jika kamu menggunakan Google Drive. Namun jika kamu tidak memakainya, kamu bisa menginstalnya langsung dari Play Store.

Satu hal yang unik, ikon aplikasi ini tidak akan muncul di beranda smartphone. Namun opsi aplikasi ini akan muncul saat kamu ingin membuka file PDF, misalnya saja saat kamu membuka PDF dari File Explorer, email, atau WhatsApp.

Dibanding aplikasi lain, Google PDF Viewer hanya menyediakan fitur-fitur dasar saja seperti mencari teks, menyalin teks, zoom-in, atau zoom-out. Namun jika kamu hanya butuh aplikasi yang dapat membuka file PDF dengan cepat, aplikasi ini patut kamu coba.

Download Google PDF Viewer

2. Adobe Acrobat Reader

Sebagai pencetus format PDF, rasanya belum lengkap jika kita membahas aplikasi PDF terbaik tanpa menyebut Adobe Acrobat Reader. Lagipula semua aplikasi dan software Adobe selalu berkualitas baik, jadi kamu tidak perlu ragu untuk menggunakannya.

Adobe Acrobat Reader sendiri tidak hanya tersedia di perangkat Android saja. Aplikasi ini juga bisa kamu install di iPhone melalui App Store. Fiturnya pun tidak berbeda jauh dan sama-sama bisa membantuk kamu membuka PDF di hape.

Dibandingkan aplikasi lain, Adobe Acrobat Reader memiliki banyak fitur seperti

  • Memilih beberapa mode baca seperti single page atau continous scroll
  • Memberi komentar pada PDF dengan sticky notes atau alat gambar
  • Memberi keterangan pada PDF dengan highlights dan teks
  • Membagikan PDF kepada orang lain dan melakukan kolaborasi
  • Mengisi form dan menandatangani dokumen
  • Terintegrasi mudah dengan Google Drive, dll

Enaknya lagi, semua fitur ini bisa kamu pakai secara cuma-cuma. Dan jika kamu butuh aplikasi yang lebih powerful, versi Pro-nya memiliki fitur tambahan kompress PDF, merge PDF, hingga mengamankan file PDF dengan password.

Meski sangat baik, Adobe Acrobat Reader rasanya bukan untuk semua orang. Dengan ukuran file instalasi mencapai 200+ MB, Adobe Acrobat bisa cukup berat untuk dijalankan di banyak perangkat hape lama.

Download Adobe Acrobat Reader

3. Foxit PDF Reader Mobile

Selain Adobe Acrobat Reader, aplikasi PDF Reader Terbaik lain yang cukup populer adalah Foxit. Tidak hanya bisa dipasang di Android, Foxit juga bisa dipasang di iOS, Windows, dan sebagai addon pada beberapa software office.

Beberapa fitur yang terdapat pada versi gratisnya terbilang cukup lengkap. Selain beberapa fungsi dasar, Foxit juga dipakai untuk memberik keterangan pada file PDF, membagikan file PDF, menyimpan file PDF pada cloud storage, mengisi form, hingga menambahkan tanda tangan di PDF. Tidak hanya itu, Foxit Reader Mobile juga bisa dipakai untuk memindai (scan) dan mengubah hasil pindaian menjadi file PDF.

Lengkapnya fitur aplikasi ini membuat ukuran file instalasi Foxit cukup besar meski tidak sebesar Adobe Acrobat Reader. File PDF pun terasa lebih cepat dibuka meski kalah cepat dibanding Google PDF Viewer.

Download Foxit PDF Reader Mobile

4. Xodo PDF Reader & Editor

Aplikasi PDF terbaik Android dengan segudang fitur

Sesuai dengan namanya, Xodo adalah aplikasi -all-in-one di mana kamu tidak hanya bisa membuka PDF di Android, tapi juga mengeditnya. Tidak hanya itu, kamu bahkan bisa membuat PDF sendiri dari dokumen office dan gambar yang ada di hape kamu.

Dengan Xodo PDF Reader & Editor, kamu bisa melakukan banyak hal seperti memberi catatan pada dokumen PDF, menambahkan tanda tangan, memberi highlight, atau garis bawah pada teks, memutar halaman, hingga menghapus halaman tertentu dari file PDF. Tidak hanya itu, dokumen PDF yang kita edir juga bisa langsung disinkronisasi ke layanan cloud storage populer seperti Google Drive, Dropbox, atau Microsoft OneDrive.

Membaca PDF di aplikasi ini pun sangat menyenangkan. Selain menyediakan continous verticel scrolling, full-screen mode dan night mode, kita juga bisa menambahkan bookmark dan membuka beberapa dokumen sekaligus. Dan enaknya lagi, semua fitur Xodo gratis dan tanpa iklan lho!

Download Xodo PDF Reader & Editor

5. MuPDF

MuPDF adalah aplikasi open source yang bisa digunakan untuk membuka PDF, XPS, CBZ, dan epub. Satu keunggulan aplikasi ini adalah teknologinya yang mempu merender teks dengan akurat untuk memberi kenyamanan saat membaca.

Meski berukuran cukup kecil, MuPDF bisa digunakan untuk membaca PDF dengan transparansi, enkripsi, hyperlinks, anotasi, dan masih banyak lagi.

Satu hal yang menarik, MuPDF juga tersedia dalam versi mini. Dengan menghapus hampir semua fitur tambahannya, ukuran menjadi sangat kecil dan hanya bisa dipakai untuk membuka PDF saja. Namun sebagai imbal baliknya, file PDF dapat dibuka dengan sangat cepat.

Download MuPDF

6. Librera PDF Reader

Librera PDF Reader atau PDF Reader Classic, adalah aplikasi yang tidak hanya bisa membuka PDF, tapi juga banyak format dokumen lain seperti EPUB, MOBI, DjVu, FB2, RTF, AZW, AZW3, ODT, HTML, hingga CBZ dan CBR. Dengan banyaknya support terhadap format yang berbeda, aplikasi ini akan cocok untuk kamu yang tidak ingin repot memasang aplikasi terpisah untuk dokumen PDF, ebook, kindle book, manga, atau komik.

Saat pertama dipasang, aplikasi ini bisa secara otomatis memindai dokumen dan ebook yang ada di hape. Buku-buku digital ini nantinya bisa ditampilkan dalam bentuk list lengkap dengan judul buku, pengarang, hingga ukuran filenya.

Fitur yang ada pada PDF reader ini sendiri cukup banyak. Selain fitur-fitur dasar, kamu juga bisa mengubah PDF ke text, mengganti ukuran teks, text to speech, nigth mode, hingga menggunakan mode speed reading or fast read mode (RSVP).

Download Librera PDF Reader

7. Wist PDF

Jika kamu hanya butuh aplikasi PDF yang ringan, maka Wist PDF bisa menjadi alternatif selain Google PDF Reader. Dengan ukurannya yang kecil, Wist PDF hanya dilengkapi dengan fitur-fitur penting untuk kenyamanan membaca seperti adanya mode full-screen, multiple page view, serta fungsi pencarian.

Di luar itu, Wist PDF tidak memerlukan registrasi dan juga tidak menampilkan iklan. Jadi jika kamu hanya ingin aplikasi untukmembaca PDF saja, Wist patut kamu pertimbangkan.

Download Wist PDF

8. WPS PDF

WPS PDF adalah aplikasi buatan Kingsoft yang populer dengan WPS Office mereka. Meski sebenarnya WPS Office juga bisa dipakai untuk membaca PDF, Kingsoft menyediakan aplikasi WPS PDF bagi mereka yang ingin tools yang lebih powerful.

Dengan aplikasi WPS PDF, kita bisa melakukan banyak hal mulai dari menambahkan catatan, memberi highlight pada teks, mengkompress file PDF, mengubah PDF ke format gambar JPG, mencari teks dalam dokumen, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Sayang pada versi gratis, kehadiran iklan pada aplikasi ini bisa cukup mengganggu. Namun jika kamu butuh aplikasi dengan fitur premium yang bisa dipakai gratis, tidak ada salahnya mencoba aplikasi ini.

Download WPS PDF

9. Moon+ Reader

PDF reader yang bisa membuka format dokumen lain seperti EPUB, MOBI, AZW3, dll.

Moon+ Reader adalah aplikasi yang cocok jika kamu ingin mengatur seluruh koleksi ebook dan PDF yang ada di hape kamu. Beberapa aplikasi di atas sebenarnya juga bisa digunakan untuk hal yang sama, namun Moon+ Reader memiliki fungsi khusus untuk itu dan tampilannya pun lebih keren.

Moon+ Reader sendiri bukanlah aplikasi khusus PDF saja, namun juga support format EPUB, DjVu, AZW3, MOBI, dan banyak format ebook lainnya. Dengan begitu semua koleksi buku elektronik kamu bisa dibaca dari satu tempat saja.

Fitur yang tersedia pada PDF readernya sendiri terbatas pada menambahkan catatan, memberi highlights, dan kamus saja. Namun jika kamu hanya ingin membaca PDF di Android saja, aplikasi ini rasanya sudah lebih dari cukup.

Download Moon+ Reader


Selain 9 aplikasi di atas, sebenarnya masih ada banyak lagi aplikasi yang bisa digunakan untuk membaca PDF di Android. Namun beberapa aplikasi di atas bisa kamu coba terlebih dahulu sesuai dengan kebutuhan.

Jika kamu hanya ingin bisa membuka PDF dan membacanya, maka aplikasi PDF yang ringan seperti Google PDF Viewer sudah lebih dari cukup.

JIka kamu juga ingin bisa mengatur dan aplikasi PDF terbaik dengan fitur yang lebih banyak, Foxit dan Xodo rasanya lebih baik dibanding Adobe Acrobat yang bisa cukup berat saat dijalankan.

Dan jika kamu ingin bisa mengatur semua dokumen PDF di hape kamu, rekomendasi saya jatuh pada Moon+ Reader yang juga punya tampilan muka yang menarik dan bekerja dengan baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like