Aplikasi Kontak Tidak Bisa Dibuka? Ini Solusinya!

Aplikasi Kontak tidak bisa dibuka di hp Android? Tenang, ada banyak cara memperbaiki kontak telepon yang error dengan cepat dan mudah.

Kontak merupakan aplikasi yang berfungsi untuk menyimpan info seseorang. Pada smartphone, tidak hanya nomor telepon dan namanya saja, kita juga bisa menyimpan nama email atau bahkan nomor WhatsApp-nya di aplikasi Kontak tersebut.

Aplikasi Kontak sendiri menjadi salah satu aplikasi penting agar kita bisa mengirim pesan dan menghubungi seseorang dengan mudah. Lagipula kebayang kan repotnya kalau kita harus mengingat semua nomor telepon kontak kita satu-persatu?

Makanya ketika aplikasi Kontak tidak bisa dibuka, rasanya akan sangat menyebalkan. Jika kamu pernah mengalami aplikasi Kontak berhenti atau keluar sendiri, biasanya akan ada pesan error “unfortunately, contacts has stopped” atau “sayangnya, aplikasi telepon telah berhenti”.

Untungnya masalah aplikasi Kontak di Android ini bisa diatasi dengan mudah melalui beberapa cara ampuh berikut ini.

Cara Mengatasi Aplikasi Kontak Berhenti di Android

Masalah aplikasi Kontak yang berhenti mendadak dan tidak bisa dibuka umumnya disebabkan oleh cache yang sudah terlalu besar atau memori RAM yang penuh. Sebagai solusi, merestart hp biasanya akan menyelesaikan masalah tersebut. Namun jika aplikasi Kontak tidak bisa diakses juga, masih ada banyak cara lain yang bisa kamu coba.

1. Restart HP

Cara paling umum untuk memperbaiki error pada perangkat elektronik adalah dengan mematikan perangkat dan menyalakannya kembali (restart). Dengan melakukan hal ini, perangkat elektronik akan kembali ke status awal dan memori RAM yang tadinya terpakai pun kembali lega.

2. Hapus Cache Aplikasi Kontak

Cache adalah file yang dipakai aplikasi untuk menyimpan informasi sementara. Dengan adanya cache aplikasi bisa berjalan lebih cepat karena proses yang sama tidak perlu dilakukan berulang-ulang. Jika aplikasi mengalami crash. ada kemungkinan cache juga ikut mengalami kerusakan. Jadi jika aplikasi tidak bisa dibuka, membersihkan cache bisa jadi salah satu solusi.

Untuk membersihkan cache, kita bisa menggunakan aplikasi bawaan Android. Sebagai alternatif, kita juga bisa menggunakan aplikasi pembersih seperti Clean Master. Untuk melakukannya, silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Buka menu PENGATURAN / SETTINGS
  • Cari menu APLIKASI atau APP MANAGEMENT
  • Klik opsi SHOW SYSTEM PROCESSES atau semacamnya untuk menampilkan aplikasi default Android
  • Cari aplikasi KONTAK
  • Tekan tombol CLEAR CACHE / HAPUS CACHE
cara mengatasi aplikasi kontak berhenti dengan membersihkan cache

3. Copot Aplikasi yang Mencurigakan

Jika aplikasi Kontak tidak bisa dibuka setelah menginstal aplikasi baru, coba cek izin yang diberikan kepada aplikasi tersebut. Jika kita memberi izin pada aplikasi untuk mengakses kontak, bisa jadi aplikasi baru ini menjadi penyebab kenapa aplikasi Kontak berhenti.

Sebagai solusi, coba copot dulu aplikasi yang baru diinstall tersebut lalu coba buka kembali aplikasi Kontak.

4. Update Aplikasi Kontak

Coba ingat, kapan terakhir kali kamu mengupdate aplikasi Kontak? Salah satu fuingsi update aplikasi adalah untuk memperbaiki bug agar aplikasi berjalan dengan stabil.

Untuk melihatnya, coba buka Play Store lalu lihat pada menu SETTINGS ► MY APPS & GAMES atau cari aplikasi Kontak by Google. Jika ada versi tebaru, langsung saja klik tombol UPDATE.

5. Ubah Format Tanggal & Waktu

Sekilas terlihat sepele, namun ada beberapa aplikasi yang tidak berjalan normal saat pengaturan waktu tidak di-setting dengan benar. Salah satunya adalah aplikasi Kontak yang keluar sendiri dan tidak bisa dibuka.

Pengaturan waktu ini bisa saja berubah ketika kita melepas kartu SIM dari HP. Jika waktu yang ditunjukan di hape kamu tidak sama dengan waktu saat ini, coba perbaiki dulu tanggal dan jam pada hape tersebut.

6. Hapus Data Aplikasi Kontak

Selain menghapus cache, kita juga bisa menghapus data aplikasi Kontak. Beda dengan menghapus cache, menghapus data akan mengembalikan aplikasi ke posisi deafult. Ini artinya semua data yang ada di kontak akan hilang semua mulai dari nomor telepon hingga call history. Jadi sebelum menghapus data, pastikan kita sudah membuat backup kontak terlebih dahulu.

Untuk membuatnya, kita bisa buka aplikasi Kontak lalu buka menu SETTINGS ► IMPORT/EXPORT CONTACTS. Setelah itu pilih menu EXPORT TO STORAGE DEVICE lalu pilih semua kontak yang akan disimpan. Jika sudah, simpan pada tempat yang diinginkan. File backup kontak kita akan tersimpan dalam format VCF.

Cara menghapus data Kontak tidak beda dengan cara menghapus cache Kontak,

  • Buka menu PENGATURAN / SETTINGS
  • Cari menu APLIKASI atau APP MANAGEMENT
  • Klik opsi SHOW SYSTEM PROCESSES atau semacamnya untuk menampilkan aplikasi default Android
  • Cari aplikasi KONTAK
  • Tekan tombol CLEAR DATA / HAPUS DATA

7. Gunakan Aplikasi Kontak Lainnya

Mungkin tidak banyak yang tahu kalau aplikasi Kontak juga memiliki banyak alternatif di Google Play Store. Jika aplikasi Kontak keluar sendiri dan mengalami error, kita bisa memeriksa kontak melalui aplikasi Kontak lainnya.

Sebagai contoh, beberapa aplikasi Kontak Android terbaik sebagai alternatif Kontak bawaan Android adalah Contact+, Sync.me, atau Simpler Caller ID.

8. Unroot dan Flash Ulang HP

Buat kamu yang baru saja me-root hape, coba unroot dulu hape kamu. Meski rooting bisa membuat kita bisa mengkustomisasi hape dengan mudah, tidak jarang rooting juga membuat beberapa aplikasi menjadi tidak stabil. Salah satunya membuat aplikasi Kontak terhenti dan memunculkan pesan error “unfortunately, contacts has stopped” atau “sayangnya, aplikasi telepon telah berhenti”.

sama seperti rooting, flashing ROM juga sering memunculkan masalah kompabilitas pada hape Android. Jadi pastikan tidak ada bug yang krusial pada ROM yang kamu pasang. Jika aplikasi Kontak tidak bisa dibuka setelah kamu melakukan flashing, mengembalikan ROM kembali ke default atau menggantinya dengan ROM lain bisa kamu pertimbangkan.


Melihat fungsi utama hape sebagai alat komunikasi, mendapati aplikasi kontak tidak bisa dibuka tentu menjadi masalah besar.

Masalah ini umumnya bisa diatasi dengan mudah dengan merestart hp atau menghapus cahe aplikasi Kontak. Namun jika aplikasi Kontak terhenti kembali, masih ada banyak cara lain yang bisa kamu coba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like