Pilih Aplikasi ERP Berbasis Web atau Desktop?

Apakah anda mendapatkan tugas dari atasan untuk mencari Software ERP (Enterprise Resource Planning)?

Saat pertama kali mencari Aplikasi ERP, biasanya kita akan dibingungkan dengan dua pilihan, yaitu pilihan Software ERP Berbasis Web atau Aplikasi berbasis Desktop. Kebingungan Anda adalah hal yang wajar, karena kedua aplikasi tersebut memiliki sisi positif dan negatifnya masing-masing. Selain itu, Anda juga mungkin belum mengerti kebutuhan yang tepat untuk perusahaan Anda.

Nah, buat Anda yang ingin tahu, berikut ini adalah berbagai perbedaan aplikasi berbasis web maupun berbasis dekstop:

aplikasi erp berbasis web vs desktop

Aplikasi ERP Berbasis Web

Aplikasi ERP Berbasis Web adalah suatu aplikasi ERP yang dapat beroperasi jika ada jaringan/koneksi internet dan dapat diakses melalui perangkat yang digunakan pada perangkat komputer seperti Mozilla Firefox, Opera Mini, Google Chrome, dan lain sebagainya.

Keunggulan Aplikasi ERP Berbasis Web

  1. Aplikasi ERP Berbasis Web dapat dijalankan setiap saat dan pada setiap tempat tanpa harus melakukan penginstalan.
  2. Tidak perlu lisensi (hak cipta), karena pihak penyedia web bertanggung jawab penuh mengenai lisensinya.
  3. Dapat dengan mudah dijalankan pada berbagai macam jenis sistem operasi, seperti linux dan windows, selama Anda memiliki browser.
  4. Dapat diakses melalui banyak media dengan mudah seperti: komputer, handheld, laptop, dan smartphone dengan standard WAP.
  5. Tidak terlalu mempermasalahkan tinggi rendahnya spesifikasi komputer untuk menggunakan aplikasi ERP berbasis web, sebab sebagian besar proses dilakukan di web server penyedia Aplikasi ERP Berbasis Web.

Kekurangan Aplikasi ERP Berbasis Web

Aplikasi ERP berbasis Web dijalankan secara terpusat, sehingga apabila server di pusat down maka sistem aplikasi yang lain tidak bisa berjalan.

Aplikasi ERP Desktop

Aplikasi ERP Desktop merupakan suatu aplikasi ERP yang mampu beroperasi secara online maupun offline, karena telah tertanam dalam perangkat yang digunakan seperti laptop atau komputer.

Keunggulan Aplikasi ERP Desktop

  1. Aplikasi ERP Dekstop Dapat berjalan dengan independen, tanpa perlu menggunakan browser/peranggah.
  2. Umumnya dapat dilakukan tanpa koneksi internet, karena semua file yang diperlukan untuk menjalankan aplikasinya sudah terinstal.
  3. Menu pengaturan lebih mudah dimodifikasi.
  4. Proses kerjanya lebih cepat.

Kekurangan Aplikasi ERP Desktop

  1. Harus menginstal aplikasi terlebih dahulu.
  2. Membutuhkan lisensi. Biasanya lisensi pada Aplikasi ERP desktop lebih mahal dibandingkan dengan Aplikasi ERP Berbasis Web.
  3. Memerlukan hardware dengan spesifikasi yang tinggi.

Manakah yang Harus Dipilih, Aplikasi ERP Berbasis Web atau Desktop?

Baik Aplikasi ERP Berbasis Web maupun desktop sama-sama dapat digunakan dengan baik. Anda bebas memilih sesuai dengan selera Anda setelah memperhatikan kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Namun, Kami memberikan rekomendasi Aplikasi ERP Berbasis Web lebih cocok untuk Anda. Karena budget yang jauh lebih murah dibandingkan dengan Aplikasi ERP Dekstop.

Aplikasi ERP RedERP

Dengan menggunakan Aplikasi RedERP, seluruh kegiatan administrasi perusahaan dapat dilakukan dengan tepat dan dalam waktu yang singkat, bahkan tanpa mengurangi kualitas pekerjaan sedikitpun. Selain itu, software ini dapat menghubungkan komponen bisnis satu dengan komponen lainnya hanya dalam hitungan detik saja. Semua terintegrasi menjadi satu sistem yang lebih sederhana.

Simak lebih lengkap mengenai Solusi yang ditawarkan RedERP untuk perusahaan anda melalui tautan berikut ini ► https://rederp.co.id/about-us/

1 comment
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like