12 Aplikasi Edit Audio PC Terbaik Untuk Content Creator

Saat membuat konten video, hal yang tidak boleh diabaikan selain video itu sendiri adalah performa audionya. Oleh karena itu, penggunaan aplikasi edit audio PC juga penting untuk melengkapi kesempurnaan video yang akan dihasilkan.

Ada beberapa software untuk mengedit file audio, khususnya di PC, yang cukup bagus untuk digunakan. Aplikasi-aplikasi tersebut akan coba kita bahas pada artikel kali ini. Untuk itu, simak artikel ini sampai selesai agar kamu tidak ketinggalan informasi tersebut.

Aplikasi Edit Audio PC dan laptop Terbaik

Sebenarnya, ada banyak aplikasi edit audio di laptop atau PC yang dibuat oleh para pengembang. Namun, tidak semua aplikasi memberikan fitur yang diinginkan. Bahkan terkadang, audio yang dihasilkan masih kurang maksimal.

Maka dari itu, kamu bisa mencoba 10 aplikasi edit audio berikut untuk menghasilkan suara seperti yang kamu inginkan:

1. Adobe Audition

Aplikasi edit audio yang pertama datang dari perusahaan software yang sudah sangat terkenal, yaitu Adobe. Khusus untuk mengatur audio, Adobe pada tahun 2018 lalu mengeluarkan software bernama Adobe Audition. Software ini memiliki fitur yang lengkap seperti software Adobe lainnya

Banyak orang sangat antusias dengan aplikasi ini karena siapapun bisa menggunakannya secara gratis. Hanya saja, kamu harus membayar biaya berlangganan jika ingin menggunakan fitur-fitur tambahan yang cukup penting.

Sejauh ini, Adobe Audition bisa dibilang sebagai aplikasi edit audio terbaik karena kelengkapan fiturnya. Dari segi user interface, aplikasi ini juga sudah cukup ramah untuk pengguna baru sekalipun. Tidak berlebihan jika menetapkan Adobe Audition sebagai aplikasi pengedit video terbaik saat ini.

Fitur-Fitur di Adobe Audition :

  • User interface-nya bagus dan mudah dipahami oleh pengguna baru sekalipun.
  • Memiliki performa yang mumpuni.
  • Mampu merekam banyak sumber suara secara bersamaan.
  • Mampu mengoptimalkan suara audio yang kurang jernih.
  • Memiliki banyak sound effect untuk menambah menarik audio yang akan dibuat.

2. Audacity

Audacity, aplikasi edit audio di laptop atau PC gratis

Sampai saat ini, software Audacity sudah berusia sekitar 20 tahun lebih dan memiliki jumlah pengguna yang cukup banyak. Aplikasi ini sering dikatakan sebagai aplikasi pengedit audio terbaik lantaran kemampuan pengeditannya yang sangat memuaskan.

Audacity bisa digunakan untuk mengedit beragam jenis file audio, seperti MP3, WAV, OGG, Vorbis, FLAC, AC3, AMR, WMA, MP4 dan banyak lagi. Jadi, kamu tidak perlu khawatir file audio milikmu tidak bisa diedit.

Sebagai aplikasi edit audio gratis, Audacity memilki cukup banyak fitur keren seperti,

  • Suport banyak jenis file audio.
  • Terdapat audio boost (Bass, treble, distorsi).
  • Sudah dilengkapi dengan alat analisis seperti beat finder, voice finder  dan juga silence finder.
  • Bisa digunakan untuk berbagai sistem operasi, seperti Linux, Windows, Mac OS.
  • Tersedia plugin untuk menambahkan fitur pada Audacity

3. Ocenaudio

Ocenaudio adalah editor audio gratis yang jauh lebih sederhana dibanding Audacity. Tersedia untuk beragam plafform (Windows, Linx, dan Mac), aplikasi ini tidak memiliki banyak fitur dan lebih cocok untuk proses editing audio yang tidak terlalu kompleks.

Kamu bisa menggunakan Ocenaudio untuk mengedit file audio yang disimpan di dalam hard drive maupun yang disimpan secara online. Dengan dukungan plugin VST (Virtual Studio Trechnology), kamu juga bisa menambahkan beragam efek pada audio dan melihat hasilnya secara langsung.

4. Presonus Studio One

Aplikasi yang satu ini cukup mumpuni sebagai alat edit audio tingkat lanjutan. Hal itu membuat Presonus Studio One termasuk aplikasi yang cukup kompleks dan kurang cocok untuk pemula. Sama seperti Reaper, Presonus memiliki beberapa trek yang bisa kamu gunakan untuk pembuatan lagu.

Di salah satu trek, yaitu trek Chord, terdapat fitur key modulation, pertukaran akor, dll. Hal ini akan membuatmu lebih mudah jika ingin menciptakan lagu. Hebatnya lagi, aplikasi ini mampu menyebutkan  chord yang digunakan pada audio yang kamu mainkan.

Fitur-Fitur di Aplikasi Presonus Studio One :

  • Memiliki multi trek yang berguna untuk membuat lagu.
  • Trek Chord memiliki fitur key modulation mampu bertukar akor, dll.
  • Terdapat fitur yang mampu mengidentifikasi chord saat dimainkan.

5. Qtractor

aplikasi edit audio untuk podcast dan youtube

Satu lagi aplikasi yang bisa kamu gunakan untuk membuat musik sendiri, yaitu Qtractor. Hal itu lantaran adanya fitur MIDI Controller di dalamnya. Di samping itu, fitur Multi track Audio Recording dan juga MIDI Squencing melengkapi kemampuannya untuk memproduksi musik.

Aplikasi ini memiliki tampilan dengan warna dasar hitam dan user interfacenya sedikit rumit untuk digunakan pemula. Oleh karena itu, sebaiknya kamu perlu mempelajari aplikasi ini lebih dulu agar bisa maksimal saat menggunakannya.

Banyaknya kreator yang mengisi chanel Youtube dengan lagu-lagu yang mereka cover, atau juga konten podcast, membuat mereka harus bisa menguasai proses editing video dan juga audio. Jika kamu ingin melakukan hal yang sama, maka download dan pelajari aplikasi ini secara detail.

6. Wavosaur

Jika kamu ingin mencoba aplikasi yang lebih simple dan mudah digunakan oleh pemula, maka sebaiknya kamu gunakan aplikasi bernama Wavosaur. Aplikasi ini cukup bisa diandalkan untuk keperluan edit audio di level menengah dan cocok untuk content creator seperti Youtuber.

Meskipun tergolong ringan dan sederhana, aplikasi ini nyatanya bisa kamu gunakan untuk melakukan banyak hal, seperti mengkombinasikan file audio, memotong suara, menambah backsound, dll. Dan meski sudah cukup outdated, software ini masih banyak digunakan di 2020 karena sangat ringan saat dijalankan.

Aplikasi Wavosaur seolah membuktikan bahwa dengan fitur yang terbatas, kita masih tetap bisa menghasilkan karya yang besar. Kamu bisa mengunduh aplikasi ini melalui situs resminya, yaitu https://www.wavosaur.com/.

7. Audio Tool

Jika kamu tidak ingin mendownload dan menginstal aplikasi ke komputer, maka aplikasi edit audio satu ini bisa kamu gunakan secara online. Nama aplikasi ini adalah Audio Tool yang bisa kamu akses melalui alamat www.audiotool.com.

Salah satu fitur yang menarik dari aplikasi ini yang mungkin tidak akan kamu jumpai di aplikasi lain adalah fitur untuk salin berkolaborasi antara kamu dengan orang lain dalam menghasilkan lagu yang bagus. Hal ini tentu membuat kita semakin semangat dalam berkarya menciptakan suatu lagu.

8. Reaper

Aplikasi edit audio berikutnya yang bisa kamu coba adalah Reaper. Software ini memiliki kelebihan pada jumlah trek yang digunakan. Masing-masing trek bahkan bisa terdiri dari 64 saluran. Dengan fitur ini, kamu bisa menghasilkan file audio yang kompleks dan  mengesankan.

Selain itu, kemampuannya dalam merekam juga patut diacungi jempol. Pasalnya, Reaper mampu melakukan rekaman audio secara langsung dalam saluran mono, stereo, hingga data audio multi chanel. Selain itu aplikasi ini juga bisa dipakai untuk merekam audio dari beberapa disk  secara bersamaan.

Satu hal yang mungkin menjadi kekurangan dari aplikasi ini adalah tampilan user interfacenya yang terasa kurang bersahabat untuk pengguna baru. Secara umum, aplikasi ini cukup rumit untuk dioperasikan dengan banyaknya tombol yang digunakan.

Fitur-Fitur di Aplikasi Reaper :

  • Memiliki multiple track dengan 64 saluran di masing-masing tracknya.
  • Dapat merekam audio secara langsung ke mono, stereo, dan juga data audio di banyak chanel.
  • Mampu merekam dari berbagai disk secara bersamaan.

9. Free Audio Editor

Free Audio Editor adalah tools sederhana yang bisa digunakan untuk membantu proses editing audio dengan mudah. Tampilan muka dan menu yang ditampilkan sangatlah simpel. Aplikasi ini akan cocok untuk pemula yang ingin membagikan dan mengkonversi file audio.

Meski sederhana, aplikasi ini memiliki beberapa fitur menarik seperti Amplify, Noise Reduction, dan Speed Change. Selain itu kamu juga bisa memotong audio, mengubah metadata pada file audio, hingga menyimpan file audio yang sudah diedit ke dalam format audio yang kamu inginkan.

10. Wavepad

Wavepad adalah software DAW (Digital Audio Workstation) yang sangat powerful dan bisa digunakan secara gratis. Pada aplikasi ini terdapat banyak efek bawaan seperti noise removal, compression, dan reverb.

Sama seperti software DAW pada umumnya, kamu bisa melakukan batch processing. Dengan begitu kamu bisa mengaplikasikan beberapa efek sekaligus dalam satu langkah saja. Sayangnya versi gratisnya tidak mendukung multi-tracking sehingga kita hanya bisa mengedit file audio stereo dan mono saja.

11. Soundation

Soundation adalah aplikasi edit audio online yang bisa kamu akses dari browser. Dengan begitu, Soundation dapat digunakan di platform apa saja mulai dari Windows, Linux, atau Mac. Cocok untuk kamu yang bekerja di multi-platform atau ingin coba mengedit video tanpa harus menginstall software tambahan di laptop atau PC kamu.

Soundation sendiri akan cocok untuk kamu yang ingin membuat loop dan samples secara gratis. Aplikasi ini bahkan menyediakan kit gratis untuk memudahkan kita membuat musik dubstep, EDM, Hip Hop, atau Electronics.

Sampel suara yang kita masukan pun dapat diubah dengan beragam efek suara yang sudah disediakan seperti Tremolo, Distortion, Fakie, Phaser, maupun Delay. Asiknya lagi, kita bisa berkolaborasi dengan user lainnya untuk membuat sebuah audio track.

12. MP3 Cutter

Aplikasi edit audio PC yang terakhir adalah MP3 Cutter. Dari namanya saja kita sudah tahu bahwa aplikasi ini merupakan aplikasi untuk memotong file audio atau MP3. Sama seperti Audio Tool, MP3 Cutter dapat kamu akses melalui situs online.

Kamu hanya perlu mengunjungi alamat ini https://www.mp3cutter.com/, lalu pilih file audio yang akan diedit. Setelah file berhasil kamu upload, kamu bisa memotong bagian dari audio tersebut dengan cara menentukan bagian yang akan dihapus, lalu klik Remove SelectionCut Audio File.

Jika sudah, kamu tinggal download dan nikmati file yang baru saja kamu edit di Iphone atau Android milikmu.


Aplikasi edit audio di atas merupakan kumpulan software yang bisa kamu gunakan di PC. Meskipun Android dan iOS juga bisa melakukannya, tetapi PC masih lebih efektif karena memiliki beragam aplikasi dengan tools yang lebih banyak dibanding versi mobilenya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like