12 Aplikasi Edit Audio Android dan iOS Terbaik

Media sosial saat ini tidak saja diisi oleh konten-konten video saja, tetapi juga konten-konten audio. Salah satunya adalah konten podcast yang kian banyak dibuat oleh para content creator. Hal itulah yang membuat aplikasi edit audio Android dan iOS mulai banyak dicari saat ini.

Jika sebuah video yang bagus tetapi kualitas audionya buruk  sangat mungkin penonton akan dibuat kecewa. Untuk itu, selalu memperhatikan kedua aspek  tersebut sangat penting untuk dilakukan. Pada artikel kali ini, kita akan bahas daftar aplikasi untuk mengedit audio terbaik di HP.

Aplikasi Edit Suara di HP Android dan iPhone

Saat ini smartphone secara perlahan sudah mulai menyamai peran komputer dalam mengerjakan tugas tertentu. Salah satu tugas yang bisa dilakukan adalah mengedit audio. Alhasil, banyak aplikasi edit video yang cukup menjanjikan hadir di smartphone, di antaranya:

1. Timbre: Cut, Join, Convert Mp3 Audio & Mp4 Video

Aplikasi edit audio yang pertama yang juga cukup populer di kalangan pengguna Android dan iOS adalah Timbre. Aplikasi ini sudah digunakan baik oleh kalangan profesional maupun pemula. Alasannya karena user interfacenya yang sederhana namun menyediakan fitur yang beragam.

Sebagai aplikasi smartphone, Timbre mampu menghadirkan tools yang tidak kalah dengan aplikasi sejenis di PC atau komputer. Tentu saja ini membuat banyak orang lebih memilih mengedit audio menggunakan smartphone karena lebih praktis dibandingkan menggunakan PC.

Fitur-fitur yang ditawarkan oleh Timbre meliputi penggabungan audio, pemotongan bagian audio, konversi file video ke audio atau sebaliknya, dan beberapa fitur menarik lainnya. Kamu bisa download aplikasi ini di Play Store secara gratis.

2. WavePad Audio Editor

aplikasi edit suara untuk rekaman dan podcast

Aplikasi WavePad Audio Editor merupakan aplikasi pengatur audio yang dikembangkan oleh NHC Software. Di Google Play Store, aplikasi ini memiliki ukuran 12 MB dan dapat kamu download secara gratis. Sama seperti Timbre, WavePad Audio Editor memiliki UI yang mudah digunakan.

Aplikasi ini tidak hanya bisa digunakan untuk mengedit audio saja, tetapi juga bisa untuk rekaman suara secara langsung dan menambahkan efek setelahnya. Jika kamu ingin membagikan hasil editanmu, kamu bisa menggunakan fitur Share untuk membagikannya ke orang lain.

Sementara fitur lainnya merupakan fitur yang pada umumnya terdapat pada aplikasi edit video di luar sana, yaitu memotong video, menambahkan sticker, memberi efek, dll. Jika kamu hanya membutuhkan editing yang sederhana, maka aplikasi ini sudah cukup untuk kamu gunakan.

Btw, selain menyediakan aplikasi di Android, Wavepad juga bisa digunakan di PC dan jadi salah satu aplikasi edit audio PC terbaik yang patut kamu pertimbangkan.

3. Media Converter Pro

Selanjutnya ada Media Converter Pro yang bisa kamu jadikan sebagai aplikasi edit audio untuk HP. Meski namanya hanya mengacu pada satu jenis tugas saja  aplikasi ini sejatinya bisa digunakan juga untuk memotong audio, menambahkan efek, menghapus sebagian audio, dll.

Jenis file audio yang disuport oleh Media Converter Pro di antaranya adalah MP3, MP4, WAV, MPEG, AAC, FLV. Selain fitur di atas, fitur utama yang bisa kamu lakukan adalah melakukan konversi ke beberapa jenis file audio. Kamu juga bisa mempercepat suara ataupun memperlambatnya.

Untuk bisa menggunakan aplikasi besutan Antvplayer ini, kamu bisa mengunduhnya secara gratis di Google Play Store dengan ukuran file unduhan sebesar 16 MB saja. Kamu juga tidak perlu khawatir karena aplikasi ini tergolong ringan saat dijalankan.

4. Audio MP3 Cutter Mix Converter and Ringtone Maker

Kali ini ada aplikasi dengan nama yang cukup panjang, yaitu Audio MP3 Cutter Mix Converter and Ringtone Maker. Persis seperti namanya, aplikasi ini memiliki fitur yang bisa memotong durasi audio, melakukan converting file audio dan juga membuat ringtone dari sebuah lagu.

Aplikasi ini cukup populer di kalangan pengguna Android. Hal itu terlihat dari total unduhannya di Google Play Store yang mencapai 10 juta lebih. Dengan aplikasi ini, kamu bisa membuat ringtone untuk panggilan telepon, alarm atau notifikasi lain yang membutuhkan potongan lagu atau suara.

Kamu bisa mengunduh aplikasi ini secara gratis, namun harus rela melihat iklan saat menggunakannya. Dengan ukurannya yang relatif kecil, aplikasi ini termasuk bisa diandalkan untuk keperluan edit audio di level menengah.

5. AudioLab – Audio Editor Recorder & Ringtone Maker

AudioLab mengklaim diri sebagai satu-satunya aplikasi edit suara yang kamu butuhkan di Android. Hal ini rasanya cukup wajar melihat banyaknya fitur yang dihadirkan di aplikasi ini. Sebagai contoh, dengan aplikasi AudioLab, kamu bisa mengolah file audio dengan fitur-fitur berikut ini:

  • Cut, Copy, dan Paste beberapa bagian lagu dan menyimpannya dalam beragam format audio populer
  • Membuat remix dengan 4 audio track yang berbeda
  • Menggabungkan dua file audio tanpa kehilangan kualitasnya
  • Text to Speech
  • Voice Changer
  • Video to Audio Converter

Tidak hanya itu, aplikasi ini juga bisa menghapus vokal untuk membuat lagu karaoke. Selain itu menu Audio Recordernya juga dilengkapi dengan fitur noise supressor, auto gain, dan skip silence yang paastinya cocok untuk merekam podcast kamu.

6. Lexis Audio Editor

Aplikasi edit audio Android untuk membuat suara rekaman lebih merdu

Di daftar selanjutnya ada aplikasi edit audio yang cukup dikenal baik oleh pengguna Android, yaitu Lexis Audio Editor. Bisa dibilang bahwa aplikasi ini memiliki fitur yang lebih lengkap dibanding 2 aplikasi sebelumnya. Jenis file yang disuport juga cukup beragam.

Selain MP3 dan MP4, aplikasi ini bisa membaca jenis file audio WMA, AAC, MPA, FLAC, WAV, dll. Hal itu membuat peluang file audio yang bisa diedit semakin banyak dan kreasi yang bisa kamu ciptakan juga akan bertambah.

Kamu bisa mendapatkan aplikasi ini secara  gratis dengan mengunduhnya secara langsung di Google Play Store. File download juga tidak terlalu besar, hanya sekitar 13 MB saja. Jika kamu ingin menggunakan aplikasi yang cukup lengkap di HP, maka aplikasi ini bisa kamu coba.

7. BandLab – Music Recording Studio & Social Network

Jika kamu memiliki passion di bidang musik dan senang melakukan mixing lagu, maka aplikasi Bandlab ini wajib kamu unduh. Aplikasi ini memungkinkan kamu untuk bereksperimen terhadap lagu dengan menggunakan efek audio yang berasal dari berbagai instrumen musik, seperti gitar, drum, piano, dll.

Tidak cuma itu, aplikasi Bandlab juga memiliki fitur networking. Dengan fitur ini kamu bisa berkolaborasi, membuat band dengan sesama musisi, mencari musisi terdekat, hingga melakukan live streaming kamu sendiri. Selain itu kamu juga bisa memfollow musisi lain dan saling berbagi tips, trik, serta koleksi lagu kamu.

8. Audio Recorder and Editor

Apakah kamu ingin menyimpan rekaman suara ke dalam bentuk file tertentu? Jika ya, maka kamu harus mencoba aplikasi Audio Recorder and Editor. Salah satu fiturnya adalah merekam suara dan menyimpannya dalam bentuk file audio yang kamu inginkan.

Nantinya, kamu bisa membagikan file audio tersebut kepada teman, saudara, atau siapapun saat sedang online di media sosial. Perlu kamu tahu juga bahwa merekam dengan aplikasi ini bisa ditambahkan efek seperti menambahkan echo, mengatur tingkat pitch,dll.

Hal ini bisa membuat temanmu terkecoh dan mengira suara tersebut bukanlah suaramu. Hal yang tidak bisa kamu lakukan jika menggunakan voice recorder bawaan di HP.

9. Music Editor

Music Editor buatan Pony Mobile adalah aplikasi editor suara yang dlengkapi banyak fitur dan bisa digunakan secara gratis. Dengan aplikasi ini, file audio yang sudah kita edit bisa disimpan sebagai lagu untuk ringtone, bunyi alarm, atau nada notifikasi hp.

Selain memotong audio, Music Edito rjuga memiliki banyak fitur menarik lain seperti menggabungkan dua file audio, mengkonversi format audio, memisahkan audio dari video, memperkecil ukuran file audio tanpa mengurangi kualitasnya, hingga memperbesar volume lagu.

10. Super Sound – Free Music Editor & MP3 Song Maker

Super Sound adalah aplikasi edit suara Android terbaik dengan tampilan yang sederhana namun memiliki banyak fitur. Tidak hanya sebagai music editor, aplikasi ini juga bisa digunakan untuk merekam suara dengan mudah hanya dengan satu tombol saja.

Fitur-fitur yang terdapat di aplikasi ini cukup lengkap untuk keperluan edit suara rekaman. Selain fungsi dasar seperti cut, copy, dan paste, aplikasi ini juga bisa mengubah suara mono menjadi stereo, mengubah suara dengan tambahan efek, menghapus vokal dari sebuah lagu, serta mengkonversi format file audio.

Tidak hanya itu, Super Sound juga support multitrack editing dan dilengkapi dengan Audio Equalizer agar suara rekaman kita semakin merdu.

11. MStudio

Aplikasi edit audio Android dengan fitur perekam suara

MStudio adalah aplikasi pengolah suara yang menggabungkan banyak fitur mulai dari MP3 Player, MP3 Cutter, MP3 Mixer, MP3 Merger, dan MP3 Converter. Selain itu kita juga bisa memisahkan atau menghapus audio dari video.

Tidak cuma itu saja, MStudio juga baik digunakan sebagai aplikasi perekam suara. Rekaman bisa dilakukan tanpa batasan waktu dan hasilnya bisa disimpan dengan bitrate dan formt yang kita inginkan. Dan jangan takut terganggu dengan telepon yang masuk karena aplikasi ini bisa menghentikan rekaman secara otomatis saat sedang merekam.

12. MP3 Cutter and Ringtone Maker

Developer InShopt terkenal karena banyak membuat aplikasi edit foto gratis berkualitas baik. Namun mereka juga memiliki aplikasi edit suara yang tidak kalah bagusnya bernama MP3 Cutter and Ringtone Maker. Buktinya aplikasi ini memiliki rating 4.8 dan sudah diunduh oleh lebih dari 10 juta pengguna.

Fitur yang ada di aplikasi ini umumnya mirip dengan aplikasi editor lagu lain di daftar ini. Namun semua fiturnya dibuat dengan kualitas yang baik agar tidak sulit digunakan dan dapat menghasilkan output yang baik pula. Sebagai contoh, fitur audio cutternya dilengkapi dengan Zoom Waveform agar kita bisa memotong audio secara sempurna di waktu yang diinginkan.

13. Voice Changer

Sesuai dengan namanya, Voice Changer adalah aplikasi pengubah suara. Namun beda dengan aplikasi edit suara Android lainnya, Voice Changer memiliki lebih banyak pilihan efek suara. Kamu bisa menirukan suara robot, binatang, orang tua, bahkan alien. Kamu bisa menggunakan suara-suara tersebut untuk sekedar iseng atau menyamarkan suara asli.

Kamu juga bisa menggunakan efek tertentu saat ingin membuat narasi di dalam video jika tidak ingin suaramu yang asli muncul. Di Google Play Store, aplikasi ini sudah diunduh sebanyak 10 juta lebih dan ukuran file yang hanya 6 MB saja.

Kamu bisa download salah satu aplikasi edit audio Android ini untuk sekedar seru-seruan bersama teman atau untuk tujuan tertentu. Dengan ukuran yang kecil, aplikasi ini cukup menyenangkan untuk dimiliki.

Kesimpulan

Beberapa aplikasi edit audio di atas bisa kamu coba jika kamu ingin melakukan pengaturan pada file audio yang kamu miliki. Biasanya untuk kebutuhan video dibutuhkan kondisi audio yang bagus, beberapa aplikasi di atas bahkan bisa membuat audio menjadi lebih jernih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like