Aplikasi belajar bahasa Korea jadi salah satu aplikasi yang banyak dicari seiring meningkatnya popularitas budaya negeri Gingseng tersebut melalui musik Kpop atau K-Drama.

Dengan mengerti bahasa Korea serta tulisan hangul, seorang fans tentu akan lebih bisa menikmati kegemaran mereka tanpa harus membaca subtitle atau mendengarkan dubbing.

Untungnya kini ada cukup banyak aplikasi yang bisa dipakai untuk mempelajari bahasa Korea. Tidak hanya tulisan bahasa Korea saja, kamu juga bisa belajar kosa kata baru, percakapan sehari-hari, hingga berbicara langsung dengan orang lain yang sama-sama sedang belajar bahasa Korea.

Nah, buat kamu sedang mencari aplikasi belajar bahasa Korea terbaik di Android atau iOS, berikut adalah beberapa opsi yang bisa kamu coba secara gratis.

Aplikasi Belajar Bahasa Korea Terbaik

1. Memrise

Memrise adalah aplikasi yang populer digunakan untuk mempelajari bahasa asing. Di aplikasi ini terdapat banyak pembelajaran singkat dan kuis untuk hampir semua bahasa populer di dunia, termasuk bahasa Korea.

Saat kamu menggunakan Memrise untuk belajar bahasa Korea, kamu bisa belajar mengenal alfabet Korea, kata-kata penting, frase yang umum digunakan, basic grammar, cara pengucapan, dan masih banyak lagi.

Aplikasi ini akan cocok untuk pemula karena kamu akan diperkenalkan pada kata, karakter, atau konsep baru secara bertahap. Materi yang disediakan pun dibuat langsung oleh pengajar ahli. Di setiap akhir sesi, kamu akan mendapatkan quiz untuk melihat sejauh mana kamu bisa menyerap pelajaran yang disampaikan.

Satu hal yang menarik, aplikasi yang bisa diinstal di hp Android atau iPhone ini juga bisa dikustomisasi sesuai dengan kemampuan belajar kita. Dengan begitu kamu bisa mempelajari lebih banyak hal baru untuk mempercepat proses belajar.

2. Duolingo

Aplikasi lain yang juga populer untuk mempelajari bahasa baru adalah Duolingo. Duolingo dapat digunakan untuk mempelajari berbagai macam bahasa asing, termasuk bahasa Korea.

aplikasi belajar korea dari dasar untuk pemula lewat duolingo

Satu hal yang membuat Duolingo populer adalah konsep belajarnya yang mirip gaming sehingga pengguna tidak merasa seperti sedang belajar dan bisa lebih termotivasi untuk meningkatkan skill bahasa mereka.

Saat pertama kali mulai, aplikasi ini akan mengenalkan pengguna pada kata-kata dasar, serta cara penggunaannya pada kalimat sehari-hari. Setelah itu Duolingo akan secara bertahap memperkenalkan kata serta grammar baru yang harus kamu pelajari. Di setiap akhir pelajaran, kamu bisa mengambil kuis untuk mengetes kemampuan bahasa kamu.

Satu hal menarik dari Duolingo adalah adanya jadwal yang bisa kita atur sendiri. Dengan memasang alarm pada jam tertentu, Duolingo bisa mengingatkan kamu agar kamu tidak melewatkan pelajaranmu.

Duolingo terdapat pada Google Play Store dan App Store serta bisa diakses melalui web browser di PC kamu. Semua pelajarannya pun bisa diakses secara gratis. Jika kamu mengupgrade ke opsi Plus, kamu bisa menghilangkan iklan dan menggunakan opsi untuk belajar bahasa Korea secara offline.

3. LingoDeer

Sama seperti Duolingo, LingoDeer adalah aplikasi khusus untuk belajar bahasa Asing. Bedanya, LingoDeer lebih fokus pada bahasa dari negara-negara Asia seperti bahasa Jepang, Mandarin, Vietnam, dan Korea.

LingoDeer akan sangat cocok untuk kamu yang ingin bisa berbicara dalam bahasa Korea karena tujuan aplikasi ini adalah mendorong kamu untuk berbicara dari bahasa asing sejak awal agar di akhir pelajaran kamu bisa berbicara layaknya orang asli Korea.

Pelajaran di LingoDeer dimulai dengan mudah dan setiap pelajaran baru yang ditambahkan akan selalu berhubungan sehingga kamu bisa dengan mudah mengikuti dan mengingatnya. Sebagai contoh, LingoDeer akan mengintegrasikan kata dan kalimat baru agar di akhir sesi kamu bisa menggunakan semuanya pada situasi tertentu.

Agar kamu tidak bosan, LingoDeer menyediakan beragam jenis materi belajar dan berbagai format kuis agar kamu tidak bosan. Dan agar kamu tetap termotivasi, LingoDeer juga memiliki sistem achievement trophy untuk melacak perkembangan kamu dalam belajar bahasa Korea.

4. Drops: Learn Korea

Drops jadi aplikasi lain bagi mereka yang ingin belajar bahasa baru, seperti bahasa Korea. Tujuan dari aplikasi Drops adalah untuk membuat proses pembelajaran menjadi lebih menyenangkan seperti game.

Dibandingkan semua aplikasi sebelumnya, Drops lebih fokus pada kosakata agar kamu bisa mengingat kata dan kalimat penting yang bisa langsung kamu gunakan dalam sebuah percakapan. Umumnya hal-hal yang diajarkan akan sangat berguna jika kamu berencana untuk bepergian ke Korea.

Seteiap kosakata dijelaskan dengan tampilan visual yang baik agar kamu bisa mengingatnya dengan mudah. Selain itu setiap sesi bisa dijalankan hanya dalam waktu 5 menit saja, cocok untuk kamu yang ingin mempelajari bahasa Korea di waktu luang kamu.

5. Talk To Me in Korean

Aplikasi belajar bahasa Korea selanjutnya adalah Talk to Me in Korean. Aplikasi ini cocok untuk siapa saja, baik pemula, kelas menengah, atau yang ingin lebih lancar berbahasa Korea. Tidak hanya dalam bentuk aplikasi saja, kamu bahkan bisa mendapatkan semua materinya dalam bentuk buku agar kamu bisa belajar bahasa Korea secara offline.

Melalui aplikasinya, kamu bisa belajar bahasa Korea mulai dari mempelajari huruf-hufur Hangul, cara mengucapkannya, kosakata, hingga belajar bahasa slang Korea.

Setiap pelajaran dibagi menjadi beberapa level di mana level 1 khusus dibuat untuk yang benar-benar pemula. Selain melalui aplikasi , kamu bisa melengkapi materi belajar bahasa Korea kamu melalui podcast, Instagram, PDF, atau channel Youtube mereka.

6. Eggbun

Eggbun adalah aplikasi terbaik untuk belajar Korea yang memiliki lebih dari 1 juta pengguna dan menawarkan lebih dari 500 materi gratis.

belajar percakapan bahasa korea sehari-hari lewat eggbun

Melalui aplikasi ini, kamu bisa belajar menulis, membaca, mendengarkan, dan berbicara dalam bahasa Korea dibantu oleh Lanny, maskot lucu berbentuk telur dari Eggbun. Semau materi yang ada disusun dengan baik agar tidak membingungkan bagi pemula yang ingin belajar bahasa Korea.

Satu hal yang menarik, kamu bisa mengakses kosakata dan kalimat yang bisa dipergunakan saat ingin bepergian ke Korea. Setiap materi direkam oleh orang Korea asli agar kamu bisa mempelajari aksen asli orang Korea. Cocok untuk kamu yang ingin belajar bahasa Korea dalam waktu singkat.

Hal lain yang tidak kalah menarik adalah fitur chattingnya. Di dalamnya bahkan ada fitur culture notes yang bisa membantu kita mengetahui dan memahami beberapa kebiasaan serta budaya orang Korea.

7. Mondly

Mondly adalah aplikasi terbaik lainnya dan cukup populer untuk mempelajari beragam bahasa asing, termasuk bahasa Korea.

Tidak seperti kebanyakan aplikasi, Mondly akan langsung mengajari kamu bahasa percakapan sehari-hari agar kamu bisa langsung memahami cara orang Korea berkomunikasi. Nanti dari percakapan itu akan dijelaskan mengenai banyak hal mulai dari cara pengucapan, tata kalimat, dan hal-hal lainnya.

8. TenguHo Hangul

Sesuai dengan namanya, TenguGo Hangul adalah aplikasi untuk kamu yang benar-benar baru mengenal bahasa Korea dan ingin belajar afabet korea (hangul).

Setiap huruf diilustrasikan dengan baik lengkap dengan audio dan animasi yang menampilkan posisi mulut dan lidah dalam mengucapkannya.

Yang menarik, di dalam aplikasi ini terdapat bagian khusus bernama “Secrets of Hangul” yang menyediakan informasi berguna bagi pengguna yang ingin mengetahui sejarah pembuatan Hangul yang tentunya menarik untuk disimak.

9. HelloTalk Language Exchange

HelloTalk bukanlah aplikasi khusus untuk belajar bahasa Korea, namun di sini kamu bisa belajar bercakap-cakap dalam bahasa Korea dengan orang lain yang juga sama-sama belajar atau bahkan dengan orang Korea langsung.

belajar percakapan bahasa korea langsung dengan orang korea asli lewat helotalk

Aplikasi HelloTalk mirip dengan aplikasi media sosial bagi mereka yang minat belajar bahasa baru. Di sini kamu bisa dipasangkan pada orang lain dan mempelajari bahasa serta kultur negara mereka. Sebagai contoh, jika kamu menguasai bahasa Indonesia dan ingin belajar bahasa Korea, maka kamu akan dipasangkan pada orang yang bisa berbahasa Korea namun ingin belajar bahasa Indonesia.

Melalu aplikasi ini, kamu bisa melakukan panggilan audio, video call, mengirim pesan chat, hingga memilih topik tertentu untuk dibahas. Dengan begitu kamu bisa langsung mempraktikan semua ilmu yang sudah kamu pelajari melalui aplikasi belajar bahasa Korea lainnya.

10. FluentU

FluentU adalah aplikasi belajar bahasa Korea yang unik dan menyenangkan di mana kita bisa belajar sambil bersenang-senang.

Beda dengan aplikasi lainnya, FluentU akan mengambil cuplikan video musik, trailer film, atau potongan drama Korea, dan mengubahnya menjadi sarana belajar kamu. Cocok banget untuk kamu yang memang benar-benar menggemari budaya musik dan film dari Korea.

Setiap klip diambil dari video yang berasal dari judul-judul populer lalu diurutkan berdasarkan topik dan level pembelajaran. yang perlu kita lakukan hanya memilih video yang menarik dan mulailah belajar.

Setiap kata yang muncul pada caption nantinya akan dilengkapi dengan materi yang bisa digunakan untuk belajar seperti definisi kata, contoh kalimat, cara pengucapan, dan masih banyak lagi.

Jika ada satu hal yang disayangkan, aplikasi ini tidak benar-benar gratis. namun ada free trial selama dua minggu yang bisa kamu manfaatkan untuk melihat apakah aplikasi cocok dengan gaya belajarmu.

11. Naver Dictionary

Terakhir, jika butuh aplikasi kamus bahasa Korea, kamu bisa menginstal Google Translate. Namun sebagai alternatif, Naver Dictionary adalah salah satu aplikasi kamus Korea terbaik yang bisa kamu dapat.

Sesuai namanya, Naver Dictionary adalah kamu bahasa Korea yang dibuat oleh Google-nya Korea, Naver. Tersedia dalam 33 bahasa termasuk bahasa Indonesia, kamu bisa menerjemahkan kalimat dalam bahasa Korea lebih akurat, terutama untuk bahasa Inggris.

Tidak hanya mengartikan saja, aplikasi yang bisa diakses via web ini juga bisa memberi contoh penggunaan kata hingga penggunaan yang tepat pada sebuah kalimat. Selain itu aplikasi ini juga menyediakan rekaman audio agar kamu bisa mengucapkan bahasa Korea dengan benar.

Satu hal yang cukup menarik adalah adanya fitur untuk menyimpan kata-kata yang sedang kita pelajari. Selain itu kita juga bisa mengakses ensiklopedia berisi beragam info bermanfaat seputar budaya Korea.


Itu dia beberapa rekomendasi aplikasi belajar bahasa Korea gratis yang bisa kamu pasang di hp Android atau iPhone. Melalui aplikasi tersebut, kamu bisa mempelajari banyak hal mulai dari hangul hingga percakapan sehari-hari.

Setiap aplikasi memiliki metode pembelajarannya masing-masing, jadi sesuaikan saja dengan gaya belajar yang paling cocok denganmu. dan jika kamu ingi bepergian ke negeri Gingseng, aplikasi belajar bahasa Korea bisa jadi salah satu aplikasi untuk traveling ke Korea Selatan yang bisa kamu persiapkan.

Write A Comment