11 Aplikasi Antivirus Gratis Terbaik Android Paling Ampuh

Kamu bisa menggunakan antivirus gratis terbaik untuk menghalau serangan virus dan malware yang bisa membahayakan PC/laptop maupun Android. Jika sistem tidak dilindungi dengan benar, maka potensi serangan virus dan malware ke sistem akan membesar.

Nah, jika kamu biarkan saja, hal tersebut bisa merusak file bahkan komponen di Android. Karena itu, memasang antivirus di Android merupakan langkah yang tepat, apalagi kini banyak antivirus gratis yang bisa dipasang tanpa harus berlangganan.

Antivirus Gratis Terbaik untuk Android 2020 (Ringan)

1. Avast Antivirus – Mobile Security & Virus Cleaner

Tidak cuma aplikasi game atau sosial media saja, pengguna Android juga harus memasang aplikasi antivirus untuk memastikan smartphone aman dari serangan virus dan malware. Nah, salah satu antivirus yang paling rekomendasi adalah Avast Mobile Antivirus, yang bisa kamu download gratis di Google Play.

Banyak fitur bermanfaat yang bisa kamu dapatkan dari aplikasi ini, misalnya saja Anti Phising untuk mengamankan email dari serangan berbahaya. Selain itu ada Web Protection yang dapat melindungi smartphone dari virus dan malware yang muncul dari website mencurigakan.

2. Avira Antivirus – Virus Cleaner & VPN

Avira adalah antivirus terbaik untuk laptop dan PC yang sekarang juga hadir dalam versi mobile. Memasang aplikasi ini di smartphone bisa meminimalisir serangan virus dan malware yang berpotensi merusak file dan sistem.

Kamu juga tidak perlu khawatir kebocoran data-data pribadi, karena Avira akan mengamankannya dengan baik. Fitur bermanfaat lain dari Avira adalah Anti-Theft, yang bisa meminimalisir terjadinya pencurian.

Jika masih tidak percaya, kamu bisa langsung mengunduhnya gratis di Google Play. Selain gratis, pengoperasiannya juga mudah karena Avira juga sudah mendukung banyak bahasa. Pastinya kamu tidak akan kebingungan ketika menggunakannya.

3. McAfee Mobile Security: VPN Proxy & Anti Theft Safe WiFi

Antivirus gratis terbaik untuk Android berikutnya adalah McAfee Mobile Security, yang bisa melindungi smartphone secara real time. Aplikasi ini dijamin mampu membasmi dan mencegah serangan virus dan malware, sehingga smartphone bisa selalu bekerja dengan semestinya.

Selain fitur pembasmi virus standar, McAfee juga memiliki fitur untuk melacak smartphone yang hilang atau tercuri. Jika fitur ini diaktifkan, kamu bisa cepat tahu dimana keberadaan smartphone saat itu juga.

4. BitDefender Mobile Security & Antivirus

Bitdefender sangat kami rekomendasikan untuk memastikan smartphone aman dari serangan antivirus dan malware. Saking bagusnya, aplikasi ini pernah mendapatkan penghargaan sebagai antivirus terbaik untuk Android, yaitu pada tahun 2015 dan 2016.

Aplikasi ini dapat diandalkan untuk mengamankan perangkat secara real time, jadi kamu bisa mengetahui kondisi smartphone saat itu juga. Hebatnya lagi, aplikasi ini sangat ringan dan tidak akan membebani smartphone, jadi sangat worth it untuk kamu download.

5. CM Security Master

Antivirus gratis terbaik untuk Android berikutnya adalah CM Security Master, yang bisa membuat smartphone aman dan terlindungi dari serangan virus dan malware dari berbagai sumber. Memasang aplikasi ini di smartphone akan membuatmu tenang saat browsing di HP dan melakukan aktivitas lainnya.

Selain fitur pembasmi virus/malware standar yang dimiliki oleh antivirus, CM Security Master juga masih memiliki fitur lain yang tidak kalah bermanfaat. Fitur tersebut adalah pembersih sampah di smartphone dan VPN untuk browsing yang privat dan aman.

6. Sophos Intercept X for Mobile

Jika kamu ingin Android tetap aman dari serangan virus dan malware plus firewall, maka bisa menggunakan Sophos Intercept X for Mobile. Antivirus ini akan memberikan perlindungan ekstra ketat terhadap smartphone dan membuatnya bebas virus dari berbagai sumber.

Beberapa fitur bermanfaat yang bisa kamu dapatkan dengan memasang antivirus ini adalah pemeriksaan tautan mencurigakan, pengawasan jaringan Wi-Fi, pemindaian kode QR, perlindungan aplikasi dengan password dan masih banyak lagi.

7. Kaspersky Mobile Antivirus: AppLock & Web Security

Antivirus gratis terbaik tahun 2020 untuk Android yang kami rekomendasikan selanjutnya adalah Kaspersky Mobile Antivirus. Antivirus yang dikembangkan oleh Kaspersky Lab ini hanya berukuran 35MB, terhitung sangat kecil dan tidak akan membebani kineja smartphone. Dan sama seperti versi PC-nya, Kaspersky Mobile juga memiliki fitur yang canggih dan dapat diandalkan. Dengan rating yang tinggi, aplikasi ini adalah salah satu antivirus no 1 di dunia untuk android..

Layaknya antivirus, aplikasi ini bisa memberikan perlindungan ke Android secara real-time, mengamanan aktivitas browsing hingga menawarkan beberapa opsi privasi yang aman dan nyaman. Jika masih kurang puas dengan fitur gratis, kamu bisa uji coba versi premium selama 30 hari.

8. Malwarebytes Security: Virus Cleaner, Anti-Malware

Malwarebytes adalah salah satu produk anti malware terbaik untuk PC. Namun selain software tersebut, Malwarebytes juga memiliki aplikasi Antivirus khusus Android bernama Malwarebytes Security, yang terbukti ampuh mengamankan smartphone dari serangan virus dan malware dari berbagai sumber.

Aplikasi ini akan memberitahu pengguna jika mereka browsing website mencurigakan dan mengandung virus. Deteksi dini ini sangat penting, karena pengguna bisa langsung menutup website mencurigakan tersebut sehingga Android tetap terjamin keamanannya. Jika pun ada malware dan adware yang berhasil lolos, antivirus ini akan segera membasmi penyakit tersebut dengan cepat.

Selain ampuh untuk membasmi virus, Malwarebytes Security ini juga bisa diandalkan untuk urusan privasi pengguna. Antivirus ini akan membantu pengguna untuk mengatur privasi pada setiap aplikasi sehingga aman, nyaman dan tidak berpotensi membahayakan di masa depan.

9. AVG Antivirus

AVG Antivirus dikembangkan oleh AVG Mobile, yang berukuran ringan, sekitar 25MB, dan tidak akan mengganggu kinerja smartphone. Di versi laptop sendiri, AVG termasuk antivirus yang sudah teruji kinerjanya, begitu juga ketika hadir dalam versi mobile.

Banyak fitur yang ditawarkan oleh AVG Mobile di versi gratisnya, beberapa di antaranya adalah sebagai berikut :

  • Penguncian aplikasi
  • Anti pencurian
  • Pencadangan aplikasi
  • Pemindaian aplikasi/game
  • Perlindungan perangkat secara real-time
  • Memindai jaringan Wi-Fi
  • Memperpanjang daya tahan baterai dan lain sebagainya.

10. 360 Security – Antivirus, Booster, Phone Cleaner

Antivirus gratis terbaik yang bisa kamu pertimbangkan selanjutnya adalah 360 Security. Seperti namanya, aplikasi ini memiliki fungsi menyeluruh, untuk mengamankan smartphone dari virus dan malware, phone booster, sekaligus menghapus file sampah yang menyesaki smartphone.

Selain bisa melindungi smartphone secara real-time, aplikasi ini masih memiliki fitur bermanfaat lain, misalnya saja anti pencurian, penguncian aplikasi, pemindaian jaringan Wi-Fi, kemanan jaringan melalui VPN dan masih banyak lagi.

Hebatnya lagi, 360 Security juga memungkinkan pengguna bisa mengoptimalkan kinerja smartphone hanya dengan sekali ketuk. Kesimpulannya adalah, aplikasi ini merupakan aplikasi yang komplit, yang sangat rugi jika tidak kamu pasang di smartphone.

11. ESET Mobile Security & Antivirus

Jika kamu mencari antivirus paling ampuh di Android namun memiliki tampilan yang mudah dipahami, maka bisa mencoba mendownload ESET Mobile Security & Antivirus. Setelah kamu aktifkan, aplikasi ini bekerja dengan maksimal dan dalam performa yang tinggi untuk melibas virus dan malware yang mungkin datang.

Selain perlindungan nyata dan real-time, kamu bisa menikmati perlindungan lain dari antivirus ini, misalnya saja browsing di jaringan aman menggunakan VPN, pemblokiran link dan website yang mencurigakan, anti pencurian, app lock dan masih banyak lagi.


Menggunakan antivirus gratis terbaik seperti di atas adalah opsi yang wajib kamu ambil jika ingin PC dan smartphone tetap aman dari virus dan malware. Semua aplikasi di atas termasuk paling ampuh dalam mendeteksi celah keamanan yang membahayakan hp Android. Mungkin hanya virus corona saja yang tidak bisa terdeteksi oleh aplikasi keamanan Android tersebut.

Jadi jangan pernah anggap remeh virus/malware. Jangan sampai virus/malware dibiarkan sampai merusak file penting bahkan sistem perangkat itu sendiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like