Apa Itu Nulled Theme dan Kenapa Kamu Harus Menghindarinya

Tidak cuma software saja yang bisa dibajak, plugin dan tema WordPress pun ada versi bajakannya. Namun sebelum kamu memakainya, mari kita kenal dengan apa itu nulled theme dan bahayanya.

Salah satu kelebihan yang dimiliki oleh WordPress adalah jumlah plugin dan tema yang sangat melimpah. Dengan tema dan plugin tersebut, kita dapat memodifikasi website WordPress agar tampil dan bekerja sesuai dengan kebutuhan kita.

Sampai tulisan ini dibuat, tidak kurang dari 55.757 plugin yang sudah terdaftar di repositori WordPress. Untuk tema saya kira tidak kalah banyaknya karena setiap minggunya ada saja tema baru yang muncul di repositori tema WordPress. Ini bahkan belum menghitung tema-tema yang tidak tersedia di laman tersebut.

Meski kebanyakan bisa kamu dapat secara cuma-cuma, ada juga developer tema dan plugin yang menyediakan versi premium. Jadi dengan membayar sejumlah uang, kamu bisa menggunakan plugin/tema premium atau membuka fitur-fitur tambahan yang ada di sebuah plugin/tema.

Salah satu tempat jual beli tema dan plugin premium yang cukup terkenal adalah Themeforest. Di sini kamu bisa melihat beragam produk premium yang pastinya bisa membuat situ kamu tampil lebih keren.

Namun bagi kebanyakan blogger harga yang ditawarkan produk premium tersebut bisa cukup menguras kantong. Beberapa bahkan memiliki harga tinggi yang cukup untuk membeli paket nama domain + hosting.

Pilihan yang bijak tentu adalah dengan menggunakan tema dan plugin gratis. Sayangnya kebanyakan plugin dan tema gratis tersebut memilki fitur yang kurang lengkap, menu kustomisasi yang terbatas, dan tampilan yang kurang menasrik. Karena itulah sebagain blogger ada yang memilih untuk memakai nulled theme/plugin.

Nulled themes/plugins adalah versi bajakan dari tema atau plugin berbayar yang sudah dihack agar kita bisa leluasa memakainya tanpa harus membayar terlebih dahulu. Versi nulled ini saya lihat cukup banyak beredar di situs maupun forum bajakan dan disebarluaskan secara gratis. Di beberapa tempat tema nulled bahkan diperjualbelikan dengan harga yang sangat miring dibanding harga aslinya.

Kenapa Kamu Harus Menghindari Nulled Theme

Meski kelihatannya menggiurkan, ada banyak bahaya yang mengintai pengguna nulled theme/plugin. Agar lebih jelas, berikut adalah beberapa alasan kenapa kamu sebaiknya menghindari nulled theme.

1. Berbahaya bagi website kamu

Keamanan adalah salah satu prioritas utama dalam mengurus sebuah website. Karena itulah sebagai langkah keamanan kita disarankan untuk memakai hosting berkualitas, memasang plugin keamanan, hingga migrasi dari HTTP ke HTTPS. Namun semua bentuk pengamanan tersebut akan sia-sia bila kita membuka celah keamanan kita sendiri.

Pernahkah kamu berpikir apa alasan orang-orang meng-hack sebuah tema/plugin untuk kemudian dibagikan secara gratis?

Mungkin belum banyak yang tahu kalau nulled theme seringkali menyediakan celah keamanan yang siap dieksploitasi pembuatnya. Hacker yang nakal akan menyiapkan backdoor yang bisa mereka gunakan untuk mengakses situs kamu dan memanfaatkannya.

Dengan backdoor tersebut, mereka bisa saja membuat backlink ke situs mereka tanpa seizin kamu. Mereka juga bisa mengarahkan situs kamu ke link spam, menginjeksi situs kamu dengan iklan, atau membajak link afiliasi kamu dan menggantinya dengan link afiliasi mereka sendiri.

2. Mempengaruhi SEO

Seperti disebutkan di atas, nulled theme/plugin seringkali menyisipkan kode berbahaya dan link spam yang bisa mengancam website kamu. Dengan link spam, pembuat nulled theme bisa mengalihkan situs kamu ke situs lain yang umumnya dapat membuat pengunjung situs kamu merasa terganggu.

Adanya kegiatan yang dikategorikan spamming ini bisa membuat kredibilitas situs kamu menurun, tidak hanya di mata pengunjung tapi juga di mata mesin pencari. Google sendiri akan menilai situs dengan konten yang berbahaya dengan skor yang rendah. Jadi jangan heran bila kamu sulit tampil di halaman pertama meski kamu sudah mengoptimalkan SEO situs tersebut.

Penggunaan nulled theme dapat mempengaruhi SEO sebuah website.

3. Tidak ada support dari developer

Ketika kamu membeli tema/plugin dari developer tertentu, kamu tidak hanya mendapat sebuah produk tetapi juga support dan layanan purna jual yang rentangnya cukup panjang. Dengan layanan ini kamu dapat meminta bantuan bila kamu mengalami kesulitan. Kamu bahkan bisa melakukan komplain bila ternyata produk yang kamu beli tidak sesuai dengan harapan kamu.

Bila kamu menggunakan versi nulled, semua layanan ini tidak akan kamu dapatkan. Jadi bila kamu mengalami masalah maka kamu harus menyelesaikannya sendiri.

4. Kamu tidak bisa melakukan update

Setiap tema dan plugin yang baik selalu melakukan update secara berkala. Umumnya update dilakukan untuk memperbaiki bug, menambal celah keamanan, menambah fitur, meningkatkan performa, hingga menyesuaikan dengan fitur terkini dari core WordPress.

Bila kamu menggunakan tema/plugin premium, kamu juga akan mendapatkan akses ke versi terbaru tema tersebut. Bagi pengguna nulled theme, akan sulit mendapatkan update tanpa adanya support dari developer tema tersebut.

5. Tidak menghargai developer

Membuat sebuah tema atau plugin WordPress bukanlah hal yang mudah. Perlu coder dan desainer handal untuk membuat tema /plugin yang bekerja dengan baik dan memiliki tampilan yang menarik. Selain itu mereka juga memiliki pos pengeluaran yang tidak sedikit mulai dari pembuatan website, dokumentasi produk, hingga support.

Ketika kita menggunakan versi bajakan, developer tema tersebut tidak akan mendapatkan sepeser pun dari hasil kerja keras mereka. Selain tidak menghargai usaha mereka, hal ini bisa saja membuat sang developer merasa kecewa dan enggan meneruskan proyek tersebut.

Penutup

Jadi apakah kamu masih ingin menggunakan nulled theme?

Jujur saja ketika saya menulis ini, saya juga menggunakan nulled theme pada salah satu blog saya. Untungnya memang tidak ada aktifitas yang mencurigakan selama satu bulan saya memakai nulled theme ini. Namun melihat ancaman keamanannya saya selalu was-was kalau hal ini akan menimbulkan masalah besar nantinya.

Selain masalah keamanan, penggunaan nulled theme pada dasarnya adalah hal yang ilegal. Memang rasanya saya tidak akan sampai dituntut. Tapi membayangkan konten saya dicuri saja rasanya mengesalkan, apalagi bila tema buatan kita dicuri orang lain.

So, hargai karya para developer dan mari kita support mereka dengan tidak menggunakan nulled theme.


Pos Terkait:

2 thoughts on “Apa Itu Nulled Theme dan Kenapa Kamu Harus Menghindarinya”

  1. saya baru tahu jika ada istilah nulled theme. kalau begini banyak resikonya lebih baik memakai yang original saja.

    Apapun produknya, kalau bajakan memang selalu berdampak buruk ya.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.