7 Alasan Kenapa Blogspot Cocok Untuk Blogger Pemula

Sala satu hal yang menjadi dilema bagi mereka yang ingin terjun ke dunia blogging adalah masalah biaya yang harus mereka keluarkan untuk membuat sebuah blog. Untungnya, masih banyak tersedia platform blogging gratis yang bisa digunakan untuk membuat sebuah blog keren tanpa harus pusing dengan masalah tersebut.

Blogger (Blogspot) dan wordpress.com menjadi dua pilihan populer bagi mereka yang ingin ngeblog tanpa harus mengeluarkan modal terlebih dahulu. Namun dari pengalaman saya, Blogger memiliki banyak kelebihan yang sangat cocok untuk blogger pemula dibanding pesaingnya tersebut.

7 Hal yang Membuat Blogger Cocok untuk Blogger Pemula

1. Bisa Dibuat Gratis

Satu kekhawatiran yang sering menjadi perhatian blogger pemula adalah masalah biaya yang harus dikeluarkan untuk membuat sebuah blog. Nah! salah satu kelebihan blog Blogger adalah bisa dibuat tanpa harus keluar uang terlebih dahulu.

Cukup punya akun Google, kamu sudah bisa membuat blog gratis di Blogger. Bahkan dengan satu akun tersebut kamu bisa membuat hingga 100 blog gratis.

2. Memiliki Resource yang Cukup untuk Blog Baru

Untuk membuat sebuah website, salah satu yang kamu butuhkan adalah hosting. Setiap hosting memiliki spek masing-masing yang harganya bervariasi. Biasanya semakin mahal harganya semakin canggih pula spek yang kamu dapat.

Namun bila kamu baru saja terjun ke dalam dunia blogging, tentu akan cukup rumit untuk memilih hosting pertama kamu, belum lagi biaya hosting bisa cukup mahal untuk sekedar coba-coba.

Dengan Blogger kamu tidak perlu lagi pusing masalah hosting karena kamu bisa memakai sebagian resource server Google secara gratis. Tingkat kehandalannya pun sangat mumpuni dan resource yang disediakan bisa menamping ribuan pengunjung setiap harinya. Dan untuk setiap akun Google kamu akan mendapat storage 15 GB gratis, coba hosting murah mana yang bisa memberi storage sebanyak itu?

3. Tidak Perlu Repot dengan Masalah Keamanan dan Maintenance

Salah satu kelebihan platform blogging semacam ini adalah tingkat maintenancenya yang sangat minim, terutama yang berhubungan dengan server. Dengan Blogger, kita tidak perlu repot-repot melakukan update core Blogger atau menambal masalah security lainnya sendiri. Semua sudah diatur oleh Google dan yang perlu kita lakukan adalah mengisi blog tersebut dengan konten kita sendiri.

4. Learning Curve yang Cepat dan Mudah

Dibandingkan WordPress, saya rasa Blogger dapat dipelajari dalam waktu yang lebih cepat. Semua menunya mudah dipahami dan kamu bahkan tidak perlu terlalu banyak mengubah menu pengaturan dan bisa langsung membuat postingan pertamamu.

Untuk menulis di Blogger pun caranya sangat mudah. Bila kamu sudah familiar dengan aplikasi menulis seperti MS Words pasti tidak akan asing lagi dengen editor pos milik Blogger.

5. Memiliki Komunitas yang Aktif

Meski menurut W3Techs Blogger hanya dipakai oleh segelintir website saja, saya lihat komunitasnya cukup aktif di Indonesia. Sebagai contoh, pembahasan seputar permasalahan pada blog Blogspot sering mendapat respon cepat baik di grup Facebook atau Google Plus. Blog/website dengan tutorial Blogger pun sangat mudah dijumpai, seperti bisablog.com ini.

6. Bisa Pasang Kustom Domain

Bila kamu membuat blog di Blogspot, kamu akan mendapatkan nama domain gratis berupa subdomain dengan tambahan .blogspot.com. Untuk kamu yang ingin membedakan diri dengan blog gratisan lainnya, ada opsi untuk memasangkan domain kustom pada Blogger. Bedanya dengan wordpress.com yang juga sama-sama bisa dipasangkan domain kustom, di Blogger kamu tidak perlu membayar biaya tambahan terlebih dahulu.

Hosting Blogger dengan nama domain sendiri saya lihat menjadi salah satu opsi populer untuk membuat website di Indonesia. Selain lebih keren (karena pakai nama domain sendiri), biayanya pun cukup murah karena kamu hanya perlu mengeluarkan uang untuk nama domainnya saja.

Bisablog sendiri pernah membahas penggunaan domain kustom di Blogger yang bisa kamu lihat di dua artikel berikut ini:

  1. Cara menggunakan custom domain di Blogger (Blogspot)
  2. Cara membuat website murah dengan nama domain sendiri

7. Mudah Diintegrasikan dengan Google Adsense

Bagi kamu yang berniat untuk ‘menguangkan’ blog kamu, salah satu caranya adalah dengan Google Adsense. Baik Blogger dan Adsense sama-sama dimiliki oleh Google, jadi jangan heran kalau integrasi Adsense di Blogger menjadi sangat mudah selama kamu sudah memenuhi syarat untuk mengajukan blog Blogger kamu menjadi partner Adsense.

Penutup

Sudah paham kan kenapa saya merekomendasikan Blogger untuk kamu yang ingin mulai ngeblog? Selain gratis dan menawarkan blog dengan kemampuan yang mumpuni, blog Blogger juga mudah dipelajari dan tidak perlu dimaintenance secara aktif.

Kalau ingin tampil beda, blog Blogger kamu juga bisa dipasangkan domain kustom dengan mudah tanpa harus membayar atau mengupgrade akun Blogger terlebih dahulu.

Jadi kurang apa lagi? kalau mau nyoba ngeblog, langsung aja bikin blog di Blogger pakai akun Google kamu. Buat blog gratis di Blogspot nggak sampai 1 menit kok!


Pos Terkait:

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.