Tidak Semua Orang Bisa Menulis Blog. Inilah 5 Tips Menulis Blog Bagi Pemula

Banyak orang yang meragukan bahwa hobi menulis blog bisa menjadi sebuah hal yang sangat berarti. Mereka mengira blogger bukanlah sebuah pekerjaan nyata, tapi hanya sebatas selingan mengisi waktu saja. Bahkan, mereka menyebut semua orang bisa menjadi seorang blogger.

Padahal, menjadi seorang blogger tidak semudah yang dibayangkan. Ketika mereka sudah duduk di depan komputer dan berusaha untuk memulai membuat blog, mereka baru akan menyadari bahwa menjadi seorang blogger tidaklah semudah yang dikira.

Karenanya, penting untuk tidak menganggap remeh pekerjaan sebagai seorang blogger. Mereka yang baru memulai mencoba untuk menjadi blogger, kerap kali melakukan beberapa kesalahan dasar saat membuat blog.

Hal ini wajar karena tidak banyak orang yang mengerti untuk membuat blog yang berkualitas dan juga baik.

Untuk para blogger pemula, berikut adalah beberapa kesalahan umum yang sering dilakukan blogger. Sehingga kita membuat blog, kita tidak melakukan kesalahan yang sama.

Tips Menulis untuk Pemula

1.      Menulis Terlalu Kaku

Memang, tulisan memang haruslah informatif. Tapi, bukan berarti bahwa tulisan haruslah kaku. Informasi yang dituangkan di dalam tulisan haruslah bisa mengalir layaknya kita sedang berbicara dengan seseorang.

Kita tidak mungkin ingin berbicara dengan kaku saat berhadapan dengan orang lain, bukan? Karenanya, kita juga harus menulis dengan komunikatif, seakan-akan sedang berbicara dengan para pembaca kita.  Gunakan sapaan yang akrab dan sesuai dengan tema dari blog.

Hal ini akan membuat banyak orang merasa dekat dengan konten blog, dan akan menjadi pengunjung setia.

2.      Tunjukkan Kepribadian dan Karakter

Banyak orang yang merasa bahwa pembaca ingin mendengar cerita. Padahal, mereka bukan hanya ingin mendengar cerita. Tapi juga seputar hal-hal lain yang bisa dipelajari dari pengalaman yang kita ceritakan.

Ada bedanya ketika kita membaca sesuatu dan menceritakan nilai dari pengalaman. Jangan hanya menceritakan sebuah kejadian secara kronologis, tapi tidak memberikan apapun kepada para pembaca. Pembaca blog akan merasa kita sebagai blogger yang arogan.

3.      Ulangi Argumen

Saat kita membuat tulisan di blog, kita tentu ingin memberikan sebuah argumen kepada para pembaca. Apakah itu opini, ataupun hal lainnya yang kita ingin sampaikan kepada para pembaca.

Ketika menuliskannya di blog, pastikan bahwa argumen tersebut kita tuliskan beberapa kali. Dengan mengulang argumen, pembaca akan lebih mudah untuk mendapatkan inti dan poin dari apa yang sebenarnya ingin kemukakan lewat tulisan yang ada.

4.      Gunakan Judul yang Spesifik

Menulis hal dengan lengkap dan detail sangatlah penting untuk pembaca. Dengan begitu, pembaca akan lebih mudah untuk memahami tulisan.

Tapi, bukan berarti kita bisa menuliskan banyak hal secara sekaligus dalam satu tulisan. Hal ini akan membuat pembaca kesulitan memahami isi konten blog. Mereka akan susah untuk fokus akan ide, opini, atau argumen yang ada.

Karenanya, kita harus membuat tulisan yang sesuai topik dan tidak terlalu lebar dalam pembahasannya. Gunakan judul yang spesifik. Sehingga pembaca akan tahu apa informasi yang akan mereka dapatkan ketika mereka membaca tulisan kita.

Hal ini juga sangat berpengaruh terhadap SEO, menjadikan banyak orang mengunjungi blog kita.

5.      Berikan Referensi

Jika kita menuliskan hal yang memang tidak kita kuasai secara langsung, jangan sampai kita sok tahu dan memberikan beragam hal tanpa data yang jelas. Akan lebih baik jika kita memberikan referensi tulisan kepada para pakar yang memiliki ide tersebut.

Dengan tidak memberikan referensi, maka kita akan masuk ke dalam jurang plagiarisme. Hal ini sangatlah memalukan bagi seorang penulis. Dengan memberikan referensi dan menyebutkan sumber, tulisan kita akan menjadi lebih kredibel dan akan lebih valid kebenarannya. Sehingga akan semakin banyak pembaca yang ingin membaca blog kita.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Close Menu