Agar Tumbuh Besar, Inilah 5 Langkah Merintis Usaha

Memiliki sebuah bisnis atau usaha sendiri merupakan salah satu impian semua orang, apalagi di zaman sekarang sudah banyak pebisnis muda yang sukses dalam kariernya. Rasanya ingin sekali mengikuti jejak mereka dan mulai membangun bisnis sendiri. Tetapi, untuk memulai bisnis harus mempersiapkan banyak hal terlebih dahulu agar bisnis atau usaha yang dibangun bisa bertahan lama dan terus berkembang. Lalu bagaimana dengan pemula yang belum mengerti tentang bagaimana mengelola bisnis?

Nah, pada pembahasan kali ini akan dijelaskan mengenai langkah-langkah yang harus dilakukan untuk memulai dan merintis usaha. Jadi, sebagai pemula Anda tidak perlu khawatir karena semua bisa dimulai dari nol dan dipelajari pelan-pelan. Membangun itu sendiri juga membutuhkan waktu dan maintenance yang nyata.

Langkah Merintis Usaha

Langkah merintis usaha sampingan agar tumbuh besar
5 Langkah merintis usaha sampingan

Tidak perlu takut untuk memulai atau merintis usaha sampingan sendiri, semua bisa dipelajari dan dengan pelan-pelan bisa membesarkan usaha tersebut. Berikut ini langkah-langkah yang perlu dilakukan bagi pemula yang ingin merintis bisnis, antara lain:

1. Tentukan Ide Bisnis Atau Usaha

Membangun bisnis tidak bisa hanya sehari dua hari langsung melejit dan menghasilkan omzet yang besar. Membangun sebuah bisnis atau usaha membutuhkan waktu dan passion agar terus berkembang dan memiliki grafik keuntungan yang meningkat setiap bulan atau setiap tahunnya. Untuk merintis bisnis yang dapat bertahan dalam waktu yang lama, pastikan Anda memilih peluang usaha dari sekian banyak ide yang sesuai dengan passion.

Passion sangat dibutuhkan dalam berbisnis karena bisnis akan dilakukan terus-menerus. Selain passion, perlu juga memperhatikan produk dan pasar sehingga ada gambaran mengenai apa yang diinginkan atau dibutuhkan oleh pasar. Hal ini juga menjadi penentu kesuksesan bisnis yang Anda rintis. 

2. Buatlah Visi dan Misi Bisnis yang Jelas

Dalam membangun sebuah usaha, penting sekali untuk membuat visi dan misi atau tujuan atau alasan mengapa bisnis tersebut dibangun. Hal ini dapat membantu Anda untuk tetap konsisten dalam mengembangkan bisnis karena adanya tujuan atau alasan yang jelas yang melatarbelakangi dibangunnya bisnis tersebut. Selain itu, adanya visi dan misi atau tujuan bisnis akan menghindari bisnis dari kehancuran di tengah jalan.

3. Just Do It, Lakukan Bukti Nyata

Maksud dari kata ‘Just Do It’ adalah bukti nyata yang harus dilakukan setelah selesai membuat rencana bisnis yang Anda pikirkan selama ini. Sebuah bisnis yang bagus tidak akan menjadi bisnis besar jika tidak segera dilakukan. Jadi, setelah benar-benar yakin akan tema bisnis, produk/jasa dan target pasar yang direncanakan, maka segara lah bertindak dan ciptakan bukti nyata usaha yang Anda inginkan. Berani memulai bisnis adalah salah satu langkah besar dalam kesuksesan Anda, sisanya hanya perlu konsisten, tidak mudah goyah dan terus berusaha mengembangkan bisnis atau usaha yang dijalankan.

4. Terus Berproses dan Belajar

Memiliki bisnis yang besar atau sudah berkembang atau minimal sudah dikenal oleh masyarakat merupakan bonus dari kerja keras Anda selama ini dalam membangun bisnis. Namun, Anda tidak boleh cepat puas dan hanya bersantai menikmati keuntungan yang telah didapatkan. Ingatlah bahwa bisnis atau usaha yang bagus harus terus bertumbuh dan berkembang serta mampu bertahan dalam jangka waktu yang lama.

Jangan sampai Anda terlena dan mulai malas untuk berproses atau belajar mengamati sekitar. Anda tetap harus belajar dari pengalaman, terus melakukan pengamatan dan mengelola data atau grafik data dari tools analytic. Dengan begitu, bisa mengetahui apa saja produk/jasa yang disukai oleh pelanggan selama ini, apa kelebihan dan kekurangan dalam pelayanan bisnis Anda dan lain sebagainya. Hal ini bisa membantu Anda untuk membuat rencana ke depan dalam jangka pendek maupun jangka panjang.

5. Konsisten dan Support

Memiliki bisnis atau usaha yang dijalankan sendiri dari nol bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan. Namun, semua itu tidak akan terasa berat jika Anda memiliki dukungan atau support dari orang-orang terdekat yang selalu membantu atau menyemangati. Dengan adanya support tersebut, Anda harus lebih semangat dan tetap konsisten dalam membangun dan mengembangkan usaha yang sudah Anda jalankan selama ini.

Tantang diri Anda sendiri untuk mencapai target-target tertentu agar bisnis atau usaha yang dijalankan lebih terarah dan memiliki tujuan yang jelas dan pasti. Dengan begitu, kegiatan bisnis akan terasa lebih seru dan menyenangkan.  

Bisnis merupakan kegiatan usaha yang dibangun dan dikembangkan serta dijalankan dalam jangka waktu yang lama. Membangun bisnis memang tidak mudah dan tidak bisa dalam sekejab langsung jadi bisnis besar.

Pos Terkait:

4 thoughts on “Agar Tumbuh Besar, Inilah 5 Langkah Merintis Usaha”

  1. Point “JUST DO IT” harus diulang, xixixiix.
    Karena ssering banyak teman yang mau bisnis ini, itu endingnya ga jadi karena ga ada excekusi, xixiixixi

    1. Iyes, banyak yang belum apa-apa dah gagal karena gak mau nyoba dulu, makanya saya juga seneng sama slogan “Just Do It”

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to Top