Wordpress

19 Plugin Terbaik Pilihan Bisablog.com di Tahun 2019 (Part 2)

Pinterest LinkedIn Tumblr

Banyaknya pilihan plugin seringkali membuat kita bingung untuk memilih mana yang terbaik. Sebagai inspirasi, simak yuk 19 plugin terbaik yang sering saya gunakan sampai tahun 2019 ini.

Melanjutkan daftar plugin terbaik pilihan bisablog bagian pertama, berikut ini adalah daftar plugin terbaik selanjutnya.

Daftar Plugin Terbaik Pilihan Bisablog

11. reSmush.it Image Optimizer

Download reSmush.it Image Optimizer

Gambar adalah salah satu elemen web yang seringkali berukuran besar dan menjadi salah satu penyebab web kita lambat. Karena itulah tingkat kompresi gambar adalah salah satu hal yang harus diperhatikan jika kita ingin situs kita lebih cepat saat diakses pengunjung. Dengan melakukan kompresi, ukuran gambar bisa diperkecil tanpa harus mengubah resolusinya.

Kompresi gambar bisa dilakukan dengan berbagai cara. Cara yang paling mudah adalah memasang plugin kompresi gambar dan biarkan plugin ini bekerja setiap kali gambar diupload ke situs kita.

Plugin pilihan saya kali ini adalah reSmush.it Image Optimizer. Tidak seperti plugin lainnya, tidak ada kuota ataupun limit gambar yang bisa kita kompresi. Kompresi dapat dilakukan secara otomatis saat gambar diupload dalam format JPG, PNG, atau GIF. Pengaturan tingkat kompresi juga dapat kita atur secara manual untuk mendapatkan hasil terbaik.

Salah satu kekurangannya ada pada cara kerjanya yang mengkopi gambar asli dan menyimpan gambar hasil kompresi secara terpisah. Hal ini bisa membuat penggunaan disk space menjadi lebih besar apalagi jika ada banyak gambar di situs kita. Namun di sisi lain hal ini akan sangat berguna jika sewaktu-waktu kita ingin menggunakan gambar asli sebelum dikompresi.

Alternatif: Smush Image Compression and Optimization, EWWW Image Optimizer, ShortPixel Image Optimizer, dan Compress JPEG & PNG Images with TinyPNG adalah beberapa plugin populr yang bisa kamu gunakan sebagai alternatif.

12. Similar Posts

Download Similar Posts

Dengan adanya pos terkait (related posts), pembaca dapat melihat artikel lain di blog kita yang memiliki bahasan yang sama dengan artikel yang sedang dibaca. Cara ini sering digunakan untuk membuat pengunjung betah berada di situs kita. Tidak hanya itu, adanya related posts juga bisa mengurangi tingkat bounce rate yang ujung-ujungnya baik untuk SEO blog kamu.

Untuk saat ini saya menggunakan plugin Similar Posts buatan Shareaholic. Selain memiliki menu tampilan yang cukup lengkap, format output yang dihasilkan cukup banyak dan bisa disesuaikan dengan kebutuhan kita.

Alternatif: Salah satu plugin related posts terbaik yang cukup populer adalah YARPP. Selain itu masih ada Inline Related Posts yang akan menampilkan pos terkait di tengah konten dan Bibblio yang bisa memunculkan pos terkait dengan tampilan yang sangat menarik.

13. SUCURI Security

Download Sucuri Security

Sebelum menggunakan plugin keamanan, saya memberi proteksi pada situs WordPress yang saya miliki dengan cara manual seperti mengamankan laman login atau memakai kode htaccess. Namun perilaku website yang cukup aneh pada suatu ketika membuat saya berpikir tindakan ini saja masih belum cukup. Sejak itulah saya mulai menggunakan plugin keamanan.

Plugin yang saya pilih adalah Sucuri yang memang cukup populer untuk masalah keamanan WordPress. Dengan semua fitur yang dimilikinya, cukup heran juga kalau kita bisa memakainya secara cuma-cuma.

Alternatif: Selain Sucuri saya juga menggunakan Cerber Security dan hasilnya cukup memuaskan sejauh ini. Untuk kamu yang ingin mencari alternatif yang lebih populer bisa mencoba Wordfence Security atau All In One WP Security & Firewall.

14. TablePress

Download TablePress

Tabel adalah cara menampilkan data dalam bentuk kolom dan baris. Pada beberapa kasus, data dalam bentuk tabel akan lebih cepat dan mudah dibaca dibanding data dalam bentuk paragraf biasa.

Meski kita bisa melakukannya secara manual, dengan tools online, atau dengan fitur yang ada di Gutenberg, saya masih membuat tabel dengan TablePress. Selain mudah, menu kustomisasi TablePress juga cukup lengkap untuk membuat tabel apapun yang kita inginkan.

Alternatif: Sulit untuk mencari alternatif lain yang lebih baik dari TablePress. Dari pertama akali saya memakainya saya tidak pernah lagi pindah ke plugin lain. Namun berdasarkan jumlah instalasi aktif, kamu juga bisa mempertimbangkan Easy Table atau Data Tables Generator by Supsystic.

15. Thirsty Affiliates

Download Thirsty Affiliates

Link cloaking adalah salah satu jurus andalan yang perlu kamu tahu jika kamu ikutan affiliate marketing. Dengan link cloaking kita bisa membuat link afiliasi tampak lebih enak dilihat. Tidak hanya itu, plugin link cloaking juga bisa melacak jumlah klik link tersebut agar kita bisa mengetahui nilai konversi link yang kita tanam.

Untuk melakukan link cloaking di WordPress, saya memakai plugin Thirsty Affiliates. Beberapa fitur plugin ini antara lain kemudahan untuk menulis link di pos atau laman, statistik klik harian, menambahkan prefix, memberi opsi nofollow, membuka link di tab baru, menambahkan gambar atau banner afiliasi, dll.

Alternatif: Plugin link cloaker lain yang populer bagi affiliate marketer adalah Shortlinks by Pretty Link. Secara umum fitur-fiturnya mirip dengan Thirsty Affiliates, jadi tidak masalah plugin mana yang kamu pilih.

16. UpdraftPlus – Backup/Restore

Download UpdraftPlus – Backup/Restore

Meski kebanyakan hosting sudah menyediakan fitur backup gratis secara berkala, saya masih lebih memilih backup WordPress dengan plugin. Dan pilihan plugin backup WordPress terbaik menurut saya adalah UpdraftPlus. Selain mempermudah backup dilakukan dari dasbor Admin, plugin ini juga bisa kita gunakan untuk membackup database dan file WordPress ke remote storage seperti DropBox atau Google Drive.

Alternatif: Jujur saja saya tidak mencoba terlalu banyak plugin backup karena saya sudah terlanjur jatuh hati dengan fitur-fitur UpdraftPlus. Tapi jika kamu ingin mencari alternatif, BackWPUp, Backup Buddy, Vault Press, atau Duplicator adalah nama-nama yang cukup populer untuk urusan backup & restore.

17. W3 Total Cache

Download W3 Total Cache

Ada banyak proses yang harus dilalui sebelum kita bisa melihat tampilan sebuah website, dan proses ini memakan waktu dan resource yang tidak sedikit. Untuk mengatasi hal ini kita bisa menggunakan plugin caching yang akan menyimpan ‘tampilan jadi’ website kamu sehingga server tidak perlu melewati proses yang sama berulang-ulang.

Untuk caching, saya menggunakan plugin W3 Total Cache yang gratis dan memiliki segudang fitur. Meski begitu pengoperasiannya mungkin akan membuat bingung mengingat ada begitu banyak variabel yang bisa kita atur.

Alternatif: Dulu pilihan plugin caching terpopuler adalah W3 Total Cache atau WP Super Cache. Keduanya selalu rutin diupdate dan memiliki banyak pengguna. Namun sebagai alternatif lain, Cache Enabler dan LiteSpeed Cache juga bisa kamu coba.

18. WP-Optimize

Download WP-Optimize

Database memegang peranan penting karena di siniliah kita menyimpan semua data yang dibutuhkan sebuah website. Semakin sering kamu menggunakan website, semakin banyak pula data yang harus dicatat, dan semakin besar pula ukuran database yang harus disimpan.

Layaknya sebuah rumah yang sudah penuh sesak dengan barang-barang, database juga harus rutin dibersihkan agar lebih ramping dan lebih mudah diakses. Untuk melakukan hal ini kita bisa menggunakan plugin WP-Optimize yang bisa membantu menghapus data-data yang tidak terpakai pada database WordPress dan meningkatkan performanya.

19. Yoast SEO

Download Yoast SEO

SEO adalah amunisi penting yang harus kamu ketahui jika ingin membidik trafik dari organic search. Pengguna WordPress mungkin akan sedikit lebih dimanjakan karena ada banyak tools/plugin yang bisa membantu dalam hal ini.

Plugin SEO terpopuler, yang juga pilihan saya, adalah Yoast SEO. Plugin ini akan secara otomatis memeriksa skor SEO pada keyword yang kita bidik di sebuah artikel sehingga kita tidak perlu repot memeriksanya secara manual. Selain itu plugin ini juga bisa menilai tingkat kemudahan baca (readibility) dengan melihat panjang sebuah kalimat dan pemilihan kata yang kita lakukan. Tidak hanya itu, ada beragam tools menarik seperti pembuatan XML Sitemap, webmaster tools, hinggal file editor yang bisa kita pakai untuk mengedit file htaccess.

Alternatif: Satu alternatif Yoast SEO yang paling populer adalah All in One SEO Pack yang juga memiliki beragam fitur SEO. Namun saya kira SEO Framework dan SEOPress juga menjadi alternatif yang akan saya pertimbangkan.

Penutup

Seperti kamu lihat ada begitu banyak plugin yang bisa kita gunakan pada sebuah website WordPress. Meski begitu setiap plugin yang dibutuhkan pasti berbeda-beda antara satu website dengan website yang lainnya. Namun secara umum plugin yang saya sebutkan di daftar ini bisa digunakan oleh website jenis apa saja. Jadi saya harap daftar plugin ini bisa menjadi inspirasi bagi kamu yang ingin mencari plugin yang tepat untuk website kamu.

Sebagai info tambahan, kamu juga bisa melihat daftar plugin wordpress terpopuler untuk mencari inspirasi tambahan. Jika kamu memiliki plugin favoritmu sendiri, jangan sungkan juga untuk berbagi di kolom komentar di bawah ini.

5 Comments

Write A Comment