√ Cara Menambahkan Tanda Centang di Judul Blog

Menambahkan tanda centang di judul blog adalah salah satu tren bloger Indonesia untuk membuat judul artikel tampak unik. Jika kamu juga mau melakukannya, simak yuk cara membuat tanda centang di postingan blog!

Tanda centang (√) atau check mark / tick mark adalah tanda universal yang biasanya dipakai untuk menggambarkan konsep setuju, iya, selesai, menandai, atau terverifikasi.

Penggunaannya pun tidak hanya sebatas pada program office saja, tapi juga di banyak aplikasi lain seperti WhatsApp atau Facebook.

Tidak ketinggalan, kini cukup banyak bloger Indonesia yang menggunakan tanda centang ini pada judul postingan blog mereka. Tujuannya jelas, membuat tampilan judul mereka lebih unik dibanding kompetitor lainnya di hasil pencarian Google.

Lalu bgaimna cara membuat tanda centang di judul postingan blog? Simak caranya di sini yuk!

Cara Membuat Tanda Centang di Judul Pos Blog

Untuk menambahkan tanda centang (check mark) pada judul blog, kita bisa menyalinnya atau menggunakan keyboard shortcut. Misalnya saja pada postingan ini, saya memberi tanda centang (√) hanya dengan menekan tombol Alt dan angka NumPad 215 (Alt + 215).

Sayangnya cara ini akan sedikit merepotkan jika kita ingin menambahkan tanda centang pada semua postingan kita. Tapi tenang! ada cara cepat agar semua judul artikel diawali oleh tanda centang tanpa perlu melakukannya satu-persatu.

Namun perlu kamu ketahui bahwa dengan cara otomatis ini, hanya postingan baru saja yang akan terlihat memiliki tanda centang. Untuk postingan lama harus menunggu dulu sampai bot mesin pencari men-crawl ulang konten kita. Jika kamu tidak sabar, kamu bisa meminta Google untuk mengindeks ulang artikel yang sudah kamu posting.

Cara Menambahkan Tanda Centang di Judul Blogger Secara Otomatis

  • Login ke dasbor Blogger
  • Masuk ke menu TEMA » EDIT HTML
  • Cari tag <data:blog.pageName/>
  • Masukan tanda centang/checklist (√) sebelum tag tersebut dengan kode &#8730; sehingga kode tersebut menjadi &#8730; <data:blog.pageName/>
  • Simpan
Cara menambahkan tanda centang (√) di judul Blogger secara otomatis
Cara menambahkan tanda centang (√) di judul Blogger secara otomatis

Sebagai catatan, biasanya akan ada banyak tag <data:blog.pageName/> pada template Blogger yang kamu pakai. Ada kemungkinan kamu harus menambahkan tanda centang di setiap tag tersebut agar judul blog tetap tampil konsisten.

Cara Menambahkan Tanda Centang di Judul WordPress Secara Otomatis

Khusus pengguna WordPress self-hosted, kamu bisa menambahkan tanda ceklis di judul blog dengan bantuan plugin Yoast SEO. Caranya?

  • Login ke dasbor WordPress
  • Masuk ke menu YOAST » SEARCH APPEARANCE
  • Pilih tab CONTENT TYPES
  • Cari opsi SEO TITLE
  • Salin tanda centang (√) sebelum judul (Title)
  • Simpan
Cara menambahkan tanda centang (√) di judul WordPress secara otomatis
Cara menambahkan tanda centang (√) di judul WordPress secara otomatis

Apa Manfaat Menambahkan Tanda Centang di Judul?

Saya tidak menemukan banyak referensi resmi dari Google mengenai hal ini. Satu hal yang pasti, menggunakan tanda centang pada judul akan membuatnya tampak menonjol dibanding judul lain yang tidak menggunakannya.

Keunikan inilah yang nantinya bisa menjadi poin plus pada artikel yang kita buat, apalagi jika tidak ada kompetitor lain yang menggunakan trik ini. Jujur saja, kita pun pasti penasaran kan ketika melihat ada judul artikel yang memiliki tanda centang?

Dengan menampilkan sesuatu yang unik, kita bisa mendapat banyak manfaat seperti,

  • Meningkatkan click rate – Judul yang unik memiliki daya tarik tersendiri yang bisa membuat orang lebih tertarik untuk mengklik sebuah artikel. Semakin unik, semakin besar pula peluang artikel kita untuk dilirik pengunjung.
  • Meningkatkan jumlah pengunjung – Semakin banyak orang yang tertarik dengan judul unik yang kita buat, semakin banyak juga pengunjung yang kita dapat.
  • Meningkatkan penghasilan – Jika kamu sudah memasang iklan, ada potensi pemasukan yang lebih besar seiring membesarnya trafik blog kita.

Meski bisa membuat judul artikel tampak unik, ada satu catatan yang harus kamu ketahui sebelum menggunakan tanda centang pada judul postingan blog. Menurut Webmaster Trends Analyst Google, John Mueller, penggunaan tanda centang bisa membuat artikel tampak seperti spam.

Sayangnya tidak ada indikasi Google mencantumkan hal ini sebagai salah satu hal yang harus dihindari. Namun jika bisa, gunakan trik ini sebijak mungkin. Pastikan juga konten kamu memang berkualitas agar tidak tampak spammy bagi pengunjung.


Pos Terkait:

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.