Sensor Kata-Kata Kasar dan Vulgar pada Komentar WordPress dengan WP Content Filter

Dengan plugin WP Content Filter, kamu dapat menyaring dan memblok keyword tertentu pada pos, laman, atau komentar. Hal ini sangat berguna bila kamu juga ingin mensensor kata-kata kasar, vulgar, dan kata-kata lain yang tidak pantas pada komentar WordPress.

Baru-baru ini ada pembaca bisablog yang bertanya tentang fitur comment moderation dan comment blacklist pada WordPress. Bagaimana cara menggunakan keduanya untuk menyaring kata-kata kasar dan vulgar yang muncul pada komentar. Hal yang menarik sekaligus memicu rasa penasaran saya. Apakah ada cara agar saya bisa menyaring kata-kata tersebut secara otomatis?

Semua blogger pasti senang bila ada pembaca yang memberikan komentar pada artikel yang mereka buat. Komentar, baik dan buruk, adalah tanda bahwa pembaca menaruh perhatian pada konten yang kamu buat.

Lho, kok’ yang buruk termasuk juga sih?

Tergantung komentar buruk yang seperti apa dulu yah! Kalau komentarnya berisi saran atau kritik yang membangun dan memang relevan dengan konten yang kamu buat, apa kamu masih menganggapnya komen buruk?

Meskipun begitu, mengaktifkan komentar pada situs WordPress tentu memiliki beberapa masalah, terutama dengan komen spam dan troll. Saya mungkin tidak akan membahas banyak mengenai komen spam, namun komen yang ditinggalkan oleh troll umumnya dilakukan untuk memancing perdebatan yang kadang isinya bahkan tidak relevan dengan konten yang ada. Dan yang paling parah, kadang komen-komen tersebut diisi dengan kata-kata yang tidak pantas.

Ada beberapa masalah yang dapat timbul dengan adanya kata-kata kasar dan tidak senonoh pada situs kamu, seperti:

  • Membuat situs menjadi tidak nyaman digunakan berdiskusi (meskipun ada juga yang membiarkannya karena komentar panas membuat trafik meningkat).
  • Membuat situs nampak buruk di mata pengiklan. AdSense bahkan memiliki kebijakan untuk penggunaan kata-kata vulgar pada situs yang ingin menggunakan layanan mereka[1].
  • Menurunkan nilai SEO[2].

Lalu, bagaimana solusinya?

Bila kamu ingin diskusi terus berjalan minus kata-kata vulgar dan tidak senonoh, salah satu pilihannya adalah mensensor kata-kata tersebut.

Sensor kata-kata kasar dan vulgar dengan plugin WP Content Filter

Memoderasi komen dapat dilakukan untuk menyaring kata-kata yang tidak kamu inginkan. Comment Moderation dan Comment Blacklist dapat membantu kamu untuk memilah-milih komen mana yang ingin kamu tampilkan.

Namun dengan plugin WP Content Filter, kamu dapat menampilkan semua komen dengan menyaring kata-kata di dalamnya terlebih dahulu secara otomatis. Dengan plugin ini, kata yang ingin kamu blok bisa diganti dengan karakter lain pilihan kamu. Misalnya, kata ‘vulgar‘ dapat disensor menjadi ‘******’, ‘v*****’, atau ‘v****r‘.

Plugin ini tidak akan mengubah isi konten asli, jadi bila kamu menghapus plugin ini, konten kamu akan kembali seperti semula.

Sebenarnya ada banyak plugin dengan fungsi yang sama seperti Word Filter Plus, WebPurify Profanity Filter, atau Bleep Filter. Namun kebanyakan sudah lama tidak diupdate meskipun memiliki rating yang cukup baik. Jadi meskipun baru memiliki 2,000 instalasi aktif, namun karena terupdate dengan baik dan memiliki rating yang bagus, saya sangat menyarankan plugin ini untuk memfilter keyword pada situs WordPress.

Setelah memasang dan mengaktifkan plugin WP Content Filter, masuk ke menu Settings » WP Content Filter untuk melakukan pengaturan.

Menu pengaturan plugin WP Content Filter untuk mensensor kata-kata yang tidak diinginkan pada WordPress

Menu WP Content Filter cukup mudah digunakan dan rasanya tidak perlu dijelaskan secara mendalam. Beberapa fitur penting yang ada pada plugin ini antara lain,

  1. Exclude pages di mana kamu bisa mengatur laman mana saja yang ingin kamu abaikan.
  2. Strict filtering di mana hanya keyword yang sesuai saja yang akan disensor, bukan kata yang mengandung keyword tersebut. Seperti contoh keyword ‘press’ tidak akan mensensor kata ‘wordpress’ bila fitur ini diaktifkan.
  3. Filter main content di mana kamu bisa memilih apakah pos, laman, komen, atau tag yang harus disensor.
  4. Case matching di mana pencarian dilakukan dengan memperhatikan penggunaan huruf besar dan kecil.
  5. Database options di mana semua perubahan yang dilakukan plugin ini akan tersimpan secara permanen pada database WordPress.

Satu fitur yang tidak kalah menarik adalah kemampuan plugin ini untuk menyaring kata-kata tertentu pada situs berbentuk forum yang dibuat menggunakan bbPress atau BuddyPress. Hal ini cukup penting mengingat biasanya di forumlah kata-kata kasar dan vulgar lebih berpotensi muncul.

Posted in Wordpress.

Tulis komentar kamu di sini...

Be the First to Comment!

Notify of
avatar
wpDiscuz