Plugin ‘Pos Terkait’ (Related Post) Terbaik untuk WordPress

Pos terkait atau related posts, adalah sekumpulan link menuju beberapa artikel pada blog kamu yang biasanya berada pada tag atau kategori yang sama. Dengan adanya pos terkait, pembaca akan dapat dengan mudah menemukan artikel lain yang sejenis yang tentunya akan berdampak baik pada SEO blog kamu.

Kenapa related posts plugin bisa mempengaruhi SEO?

Ketika ada pembaca yang tertarik dengan isi artikel yang kamu buat, ada kecenderungan untuk mencari konten lain yang memiliki ‘tema’ yang sama dengan artikel tersebut.

Dengan menyediakan pos terkait, pengunjung akan dengan mudah menemukannya ketika mereka selesai membaca sehingga mereka akan tetap berada pada blog kamu dan membaca artikel lainnya.

Dengan menjaga agar pengunjung tetap berada pada blog kamu, maka nilai bounce rate yang mempengaruhi SEO juga akan menurun.

Apakah ini artinya bagus? Tentu saja.

Selain membuat pembaca betah berlama-lama, menyediakan pos terkait juga memberikan kamu kesempatan untuk mempromosikan konten lainnya yang kurang populer. Pada beberapa plugin, kamu bisa memasukan secara manual pos-pos relevan yang ingin kamu munculkan. Dengan begitu pos lainnya punya kesempatan untuk naik peringkat melalui artikel lain yang lebih ngetop.

Pada WordPress, menambahkan pos terkait pada setiap postingan dapat dilakukan dengan mudah menggunakan plugin. Berikut adalah beberapa plugin populer yang bisa kamu gunakan untuk menampilkan pos terkait.

Yet Another Related Posts Plugin (YARPP)

Membicarakan plugin pos terkait tentu tidak bisa dilepaskan dari plugin yang satu ini. YARPP adalah salah satu plugin terpopuler yang digunakan oleh hampir 4 juta user.

Dengan plugin ini, kamu dapat dengan mudah menambahkan pos terkait dalam bentuk teks, menggunakan thumbnail, ataupun versi kamu sendiri (asal kamu bisa PHP).

Kamu juga bisa memilih untuk meletakannya di bawah pos kamu atau pada sidebar.

YARPP memiliki algoritma tersendiri yang akan menilai tag, kategori, judul, hingga isi konten sehingga mereka bisa menampilkan artikel yang memiliki tingkat kemiripan tertinggi dibandingkan plugin lainnya.

Namun sayangnya, penggunaan algoritma ini memakan banyak resource yang akan sangat terasa bisa kamu memiliki situs yang memiliki banyak artikel. Namun dengan mengupgrade ke pro, proses ini akan dibebankan ke server YARPP sehingga kamu tidak perlu khawatir plugin ini akan memberatkan kinerja situs WordPress kamu.

Dengan menggunakan YARPP Pro, kamu juga bisa menampilkan pos terkait berbayar yang bisa mendatangkan kamu pundi-pundi uang.

UPDATE: YARPP Pro akan segera ditiadakan dan hanya akan disupport sampai 31 Januari 2017. Namun kamu tetap bisa menggunakan plugin YARPP basic untuk memunculkan pos terkait.

Contextual Related Posts

Seperti namanya, plugin ini akan secara kontekstual (melihat isi konten) mencari artikel lain yang mirip dengan artikel yang sedang dibaca tanpa melihat tag atau kategori pos tersebut.

Pos terkait dapat dilihat dalam bentuk thumbnail atau teks saja. Untuk tampilan dengan menggunakan thumbnail, plugin ini akan mencari gambar yang ada pada pos untuk dijadikan thumbnail bila kamu tidak menggunakan featured image atau thumbnail khusus untuk pos tersebut. Selain itu kamu bisa menambahkan potongan isi konten pada thumbnail dan mengatur seberapa panjang potongan konten tersebut.

Namun sayangnya, sama seperti YARPP, plugin ini juga akan menggunakan banyak resource yang bisa memberatkan situs kamu bila kamu memiliki banyak artikel.

Yuzo Related Posts

Salah satu kelebihan plugin ini adalah adanya built-in cache yang membuatnya menjadi salah satu plugin tercepat dalam menampilkan pos terkait.

Kelebihan lainnya adalah adanya opsi untuk memasukan pos terkait secara manual sehingga kita bisa mempromosikan konten yang kita inginkan dengan plugin ini.

Plugin ini dapat menampilkan pos terkait dalam bentuk teks atau dengan thumbnail yang dapat kamu munculkan pada bagian bawah pos atau pada sidebar dengan menggunakan widget. Selain itu, kamu bisa dengan mudah mengubah tampilan pos terkait seperti tampilan teks, ukuran thumbnail, warna background, hingga menampilkan pos terkait secara vertikal atau horizontal.

Yuzo Related Posts juga menyediakan counter yang akan menampilkan jumlah kunjungan pada pos tersebu untuk meliha seberapa populer artikel yang ada pada blog kamu.

Jetpack

Kamu mungkin sudah sangat familiar dengan plugin yang satu ini. Sama-sama dibuat oleh Automattic yang juga berada di balik pembuatan WordPress, plugin ini memiliki banyak modul dengan berbagai macam fungsi yang bisa kamu manfaatkan, salah satunya adalah untuk menampilkan pos terkait pada artikel kamu.

Untuk menggunakan fitur ini, masuk ke menu Jetpack melalui dashboard WordPress dan aktifkan dengan menekan tombol Activate pada modul Related Posts. Kalau kamu memiliki lebih dari 10 pos, Jetpack akan mampu menganalisa dan menampilkan setidaknya tiga pos yang relevan dengan melihat tag, kategori, dan konten artikel yang sedang dibaca. Kamu juga bisa menyaring kategori dan tag apa saja yang bisa kamu masukan dalam pos terkait.

Untuk kustomisasi, tidak banyak yang bisa kamu lakukan melalui menu Jetpack, tapi kamu bisa melakukan banyak hal dengan menggunakan editor plugin, seperti pada tutorial yang bisa kamu lihat pada website resmi mereka.

Dan tidak seperti YARPP dan Contextual Related Posts, Jetpack akan melakukan semua analisa dan pemrosesan data pada server mereka, sehingga tidak ada beban tambahan pada blog kamu.

WordPress Related Posts

Dengan plugin ini, kamu bisa dengan cepat dan mudah menambahkan pos terkait pada bagian bawah konten kamu. Tidak hanya dari situs kamu saja, plugin ini juga menyediakan artikel terkait dari jaringan Sovrn yang bisa dipilih untuk ditampilkan pada pos kamu.

Plugin ini dilengkapi dengan built-in caching yang membuatnya cepat untuk diakses. Selain itu plugin ini sangat responsif sehingga akan tampak bagus pada perangkat apapun.

Dan untuk kamu yang ingin melakukan kustomisasi, ada banyak hal yang bisa kamu lakukan:

  • Mangubah style dan ukuran thumbnail,
  • Mengatur jumlah pos yang ditampilkan,
  • Menampilkan kutipan pos, tanggal, dan jumlah komentar,
  • Mengatur gambar default bila tidak ada gambar pada pos.

Inline Related Posts

Ini mungkin plugin yang paling beda dibandingkan dengan plugin lainnya dalam daftar ini. Karena tidak seperti plugin lainnya yang muncul di bawah konten, plugin ini akan muncul di dalam artikel blog.

Plugin ini sendiri terinspirasi dari banyaknya konten tambahan yang terletak di bawah konten seperti author box, CTA, tombol sosmed, dan kolom komentar, jadi kenapa tidak memindahkan pos terkait di dalam artikel itu sendiri?

IntellyWp selaku pengembang plugin mengklaim kalau penggunaan pos terkait di dalam artikel akan lebih banyak diklik oleh pembaca dan meningkatkan page view hingga 99%.

Kekurangan dari plugin ini adalah hanya bisa ditampilkan di dalam artikel, jadi kalau kamu ingin ada pos terkait di bawah konten maka kamu harus memasang plugin yang lainnya. Hal ini sangat tidak direkomendasikan karena akan membuat situs/blog kamu menjadi lambat.

Plugin apa yang harus saya gunakan?

Kalau kamu sudah memiliki JetPack, tidak ada salahnya menggunakan fitur bawaan dari plugin tersebut karena hasilnya lumayan bagus meskipun menu kustomisasinya sangat terbatas.

Saya sendiri sempat menggunakan Yuzo Related Posts sebelum akhirnya menggunakan YARPP pada situs ini karena lebih bisa diutak-atik tampilannya selain pengaturannya yang sangat mudah dan user-friendly.

Apakah kamu memiliki plugin favoritmu sendiri? jangan segan untuk berbagi dengan yang lain di kolom komentar yah!

Posted in Wordpress.

Tulis komentar kamu di sini...

Be the First to Comment!

Notify of
avatar
wpDiscuz