[INFOGRAFIK] Bagaimana Kecepatan Website Mempengaruhi Bisnis Kamu

Apa pengaruh kecepatan loading sebuah website terhadap usaha bisnis yang kamu lakukan? Seberapa cepatkah sebuah website agar dianggap cepat? Ini adalah infografik menarik yang membahas bagaimana pengaruh kecepatan akses sebuah website pada bisnis dengan statistik yang menarik.

Hosting Unlimited Indonesia

Dalam dunia bisnis, pelanggan adalah raja. Barangsiapa yang bisa memuaskan sang raja, maka ia akan menerima ganjarannya.

Di tengah boomingnya bisnis online saat ini, semua pemilik toko online berlomba-lomba untuk dapat menarik perhatian sang raja.

Berbagai macam fitur ditambahkan, diskon-diskon menarik diadakan, hingga tampilan website yang selalu dipoles agar selalu tampil menawan.

Namun satu hal yang harus diperhatikan pemilik situs belanja online, semua hal-hal tersebut akan sia-sia bila kamu tidak bisa menyajikannya dengan cepat.

Bayangkan saja kalau kamu memesan makanan di sebuah restoran terkenal. Sampai minuman habis menu utama masih belum juga datang. Seenak apapun makanan yang kamu santap, penyajian yang lambat pasti akan mempengaruhi penilaian kamu terhadap restoran tersebut. Kamu mungkin akan berpikir dua kali untuk kembali ke sana kecuali kamu tidak menemukan hal lainnya di tempat yang lain.

Sampai sini masalahnya, is it worth the wait?

Begitu pula dengan situs belanja online. Bila kamu memiliki konten yang sama dan harga yang cuma beda-beda tipis, kecepatan akses yang kamu punya bisa menjadi pembeda.

Jadi, seberapa pentingkah kecepatan akses sebuah website dalam dunia bisnis?

User-experience yang baik yang didapat dengan memberikan pengunjung akses yang cepat adalah salah satu faktor penting dalam menjalankan bisnis online. Kecepatan akses bahkan menjadi salah satu indikator yang bisa mempengaruhi SEO.

Kalau kamu harus memilih antara situs belanja yang bisa diakses dengan cepat atau yang lambat, mana yang akan kamu pilih?

Bahkan kalaupun saya harus mensurvey ribuan orang, saya cukup yakin kalau sebagian besar pasti memilih untuk mengakses website yang lebih cepat.

Kalau kamu ingin mengetahui angka pasti seberapa besar pengaruh kecepatan akses sebuah website terhadap bisnis online yang kamu jalankan, kamu bisa melihat infografik keren dari WPEngine berikut ini.

infographic-pengaruh-kecepatan-loading-website-terhadap-usaha-bisnis

(Sumber: https://wpengine.com/blog/site-speed-affects-business-infographic/)

TRANSKRIPSI:

Dengan banyaknya situs yang beredar saat ini, pengguna internet tentunya dipusingkan dengan begitu banyaknya konten yang beredar di dunia maya. Hal ini juga berimbas kepada singkatnya waktu yang bisa mereka sisihkan untuk melihat konten yang menarik perhatian mereka.

Untuk itulah sebuah website diharapkan untuk tampil dalam waktu yang cepat.

Seberapa cepat?

Hanya 2-3 detik saja! Bahkan seperempatnya akan meninggalkan situs yang tidak bisa muncul dalam waktu empat detik.

Lalu apa saja pengaruhnya terhadap bisnis yang kamu jalankan? Inilah yang akan terjadi pada setiap detik yang kamu lewatkan.

  • Penurunan tingkat konversi sebesar 7%.
  • Penurunan page-views sebesar 11%.
  • Turunnya kepuasan konsumen hingga 16%.

Untuk kamu yang memiliki situs belanja online. Kecepatan akses website adalah faktor penting yang bisa mempengaruhi kesuksesan usaha kamu. Selain statistik di atas, data yang ada juga menyebutkan bahwa,

  • 70% keranjang belanja (pemesanan) dibatalkan sebelum masuk tahap pembayaran, 46% di antaranya karena lambatnya akses situs belanja tersebut.
  • Delay selama 2 detik akan meningkatkan tingkat pembatalan pemesanan menjadi 87%.
  • 46% pembeli online akan kembali berbelanja di situs belanja yang bisa diakses dengan cepat.
  • 33% pembeli online melalui smartphone menyebutkan kecepatan website sebagai faktor penting pada sebuah situs belanja.

Sangat krusial bukan?

Dan dengan tren penggunaan internet dari smartphone, kecepatan sebuah situs banyak mempengaruhi hal-hal seperti berikut,

  • 47% pengguna internet mobile mengharapkan loading sebuah situs tidak kurang dari 2 detik, meskipun masih ada 64% lainnya yang mengharapkan waktu loading di bawah 4 detik.
  • 74% akan mengabaikan situs kamu bila loading lebih dari 5 detik.
  • 61% pengguna internet mobile akan pergi kalau mereka tidak dapat melihat isi situs kamu dengan segera.
  • 71% mengharapkan kecepatan loading yang sama dengan yang mereka rasakan di desktop PC.

Menarik untuk melihat statistik terakhir di mana 71% penguna mengharapkan kecepatan akses yang sama pada perangkat apapun yang mereka gunakan. Inilah kenapa banyak tutorial yang mengedepankan desain untuk perangkat mobile terlebih dahulu (mobile-first).

Dan untuk kamu yang menggunakan video pada situs kamu, waspada terhadap kecepatan yang bisa ditawarkan oleh penyedia jasa hosting yang kamu gunakan. Data statistik di atas menyatakan bahwa,

  • Tingkat stress naik dari 19% menjadi 34% ketika terjadi buffering atau lag.
  • Delay selama 2 detik pada saat loading Youtube meningkatkan tingkat stress sebesar 3%.
  • Ketika video dimainkan, pause pada saat video dimainkan akan memperbesar tingkat stress sebesar 15%.

Salah satu solusinya adalah dengan menggunakan situs seperti Youtube atau Vimeo untuk mengunggah video dan menggunakan kode untuk menyematkannya dibandingkan menguploadnya langsung pada website kamu.

Dan terakhir, mungkin kamu perhatikan pada pembahasan kita di atas, ketika kita berbicara masalah kecepatan website kita hanya berbicara rentang waktu dalam hitungan detik saja.

Sekilas hal tersebut akan terlihat sangat sepele bukan?

Tapi bayangkan bila statistik di atas diaplikasikan pada situs yang menghasilkan ratusan juta hingga miliaran rupiah setiap bulannya. Tentu nilai konversi 1% saja akan sangat terasa, terutama untuk pemain-pemain besar. Faktanya,

  • Walmart dan Amazon mengalami peningkatan nilai konversi 1% setiap peningkatan kecepatan akses sebesar 100 ms (milisecond).
  • Yahoo mampu meningkatkan trafik hingga 9% untuk setiap pemangkasan waktu 400 ms.
  • Google kehilangan 20% trafik setiap pengurangan waktu 100 ms.

Kalau kamu lihat data di atas, mungkin ada benarnya penyataan ‘every second counts’.

Ya! setiap detik sangat berharga sekali.

Kamu tahu berapa nilai konversi 1% yang dimiliki oleh Amazon?

Pada tahun 2015, Amazon memiliki pemasukan hingga $107,01 milyar. Artinya bila kecepatan akses ke situs belanja Amazon melambat 0,1 detik saja, mereka akan rugi $1,0701 milyar. Jumlah yang sangat fantastis bukan?

Kesimpulan

Kecepatan akses sebuah website layak untuk dijadikan prioritas utama dalam membangun sebuah bisnis online.

Memilih web hosting yang berkualitas dan penanganan situs yang baik akan memungkinkan kamu untuk meningkatkan nilai konversi penjualan.

Namun lebih dari itu, menyediakan website yang cepat juga akan memberikan pengunjung user-experience yang baik sehingga bukan tidak mungkin mereka akan kembali lagi dan menjadi pelanggan setia kamu nantinya.

Untuk mulai mengoptimalkan kecepatan situs kamu, periksa kecepatan website sekarang dan perbaiki semua masalah yang menghambat kinerja situs kamu.

Apakah kamu punya pengalaman tersendiri? Jangan segan untuk berbagi di laman komentar di bawah ini yah!

Posted in Internet Marketing.

Tulis komentar kamu di sini...

Be the First to Comment!

Notify of
avatar
wpDiscuz