Menggunakan RSS Feed adalah salah satu cara yang bisa dilakukan pembaca untuk mendapat berita-berita terbaru dari situs kesayangan mereka. Meski dibuat secara otomatis, banyak blogger yang lebih memilih untuk menghilangkan fitur yang satu ini. Bila kamu juga berpikir untuk menonaktifkan RSS Feed pada WordPress, tutorial ini mungkin bisa sangat membantu.

Really Simple Syndication (RSS) atau bisa juga disebut Rich Site Summary adalah sebuah metode yang memungkinkan kamu untuk mendapat berita dan info terbaru dari situs-situs yang kamu ikuti. Untuk menggunakannya kamu dapat menggunakan aplikasi feed reader seperti Feedly, The Old Reader, ataupun InoReader.

Bila kamu menggunakan WordPress, RSS Feed akan dibuat secara otomatis dan dapat kamu lihat pada link-link berikut:

http://example.com/?feed=rss
http://example.com/?feed=rss2
http://example.com/?feed=rdf
http://example.com/?feed=atom

Selain update pos, RSS Feed juga akan membuat feed untuk kategori, tag, komen, dll.

Meskipun mempermudah blogger untuk mengirimkan update kepada pembaca, cukup banyak juga yang menganggap RSS sebagai metode yang kurang efektif dalam menyebarluaskan info dari situs kamu kepada pembaca. Selain itu kamu mungkin tidak membutuhkan RSS Feeds bila kamu memiliki web statis.

Menonaktifkan RSS Feed pada WordPress

Ada dua cara berbeda untuk menonaktifkan RSS feed pada WordPress. Kamu bisa menggunakan plugin atau melakukannya secara manual dengan menambahkan kode sendiri.

1. Menonaktifkan RSS Feed dengan Plugin

Cara pertama untuk menonaktifkan RSS feed pada WordPress adalah dengan menggunakan plugin gratis seperti Disable Feed. Cara ini sangat cocok untuk bloger yang tidak ingin pusing karena kamu hanya perlu memasangnya dan plugin ini akan secara otomatis menonaktifkan RSS / Atom / RDF Feeds.

Satu-satunya menu pengaturan yang tersedia bisa kamu lihat pada menu Settings » Reading.

Menonaktifkan RSS feed dengan plugin Disable Feed

Untuk pilihan default ‘Redirect feed request to corresponding HTML content’, pembaca yang ingin mengakses RSS Feed situs kamu akan diarahkan langsung ke situs kamu. Misalnya bila ada user yang ingin mengakses feed kategori akan dialihkan ke laman kategori situs kamu, dst.

Sebaliknya untuk opsi ‘Issue a Page Not Found (404) error for feed request’ akan mengalihkan user ke laman error 404.

Satu opsi lainnya adalah ‘Do not disable the global post feed and global comment feed’ untuk kamu yang tetap ingin menonaktifkan semua feed selain feed pos dan feed komen saja.

Dan selain pada blog biasa, plugin ini juga bisa menonaktifkan RSS Feed pada web berbentuk forum yang menggunakan BuddyPress dan bbPress.

2. Menonaktifkan RSS Feed dengan Kode

Metode kedua untuk menonaktifkan RSS feed WordPress adalah dengan menambahkan beberapa baris kode pada file functions.php.

Tapi ingat! Mengedit file tema WordPress seperti functions.php bisa merusak situs jika tidak dilakukan dengan benar. Jadi jangan lupa untuk melakukan backup terlebih dahulu atau gunakan plugin code snippet agar perubahan yang kamu lakukan tidak mempengaruhi file asli.

Untuk mematikan fitur RSS Feed pada website WordPress, cukup tambahkan kode berikut ke dalam file functions.php.

function bb_disable_feed() {
 wp_die( __( 'No feed available, please visit the <a href="'. esc_url( home_url( '/' ) ) .'">homepage</a>!' ) );
}
add_action('do_feed', 'bb_disable_feed', 1);
add_action('do_feed_rdf', 'bb_disable_feed', 1);
add_action('do_feed_rss', 'bb_disable_feed', 1);
add_action('do_feed_rss2', 'bb_disable_feed', 1);
add_action('do_feed_atom', 'bb_disable_feed', 1);
add_action('do_feed_rss2_comments', 'bb_disable_feed', 1);
add_action('do_feed_atom_comments', 'bb_disable_feed', 1);

Sekarang jika seseorang mengunjungi RSS feed di situs kamu maka mereka akan melihat pesan yang ada pada kode di atas.

Untuk mengganti pesan tersebut dengan pesan kamu sendiri, cukup ubah kode pada baris kedua.

Leave a Reply

Close Menu