Bagaimana Cara Jual Barang di BukaLapak.com

Menjual barang adalah salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan keuntungan. Dan saat ini, menjual barang menjadi jauh lebih mudah karena ada begitu banyak situs online marketplace yang bisa kamu manfaatkan. Pada artikel kali ini, kita akan melihat bagaimana cara jual barang di BukaLapak, salah satu situs jual beli online terbesar di Indonesia.

Seiring pesatnya perkembangan teknologi, melakukan transaksi online menjadi semakin mudah karena saat ini banyak toko yang terhubung dengan pelanggannya melalui internet. Cukup browsing, beli, bayar, dan kamu sudah bisa memiliki barang yang kamu inginkan.

Namun membuat situs untuk berjualan online bukanlah hal yang mudah. Bagaimana kalau kamu cuma ingin menjual satu barang saja? Bagaimana kalau kamu hanya ingin menjual barang bekas? Membuat website e-commerce kamu sendiri tentu akan menyita banyak waktu dan tenaga. Hasilnya pun belum tentu sebanding dengan keuntungannya.

Salah satu cara untuk mengatasi hal ini adalah dengan menggunakan online marketplace yang saat ini sudah banyak bermunculan di Indonesia. Lazada, Tokopedia, hingga BukaLapak yang akan kita bahas di sini, adalah sebagian contoh situs jual beli yang bisa kamu manfaatkan.

Tapi, Kenapa harus BukaLapak?

Selain karena kamu tidak perlu repot untuk membuat situs kamu sendiri, BukaLapak memiliki market yang besar sehingga barang yang ditawarkan memiliki calon pembeli yang banyak.

Dengan menjual barang melalui BukaLapak kamu juga bisa terhindar dari penipuan, baik oleh pembeli maupun penjual. Ini karena BukaLapak bertindak sebagai tangan ketiga yang menjamin transaksi yang dilakukan oleh penjual dan pembeli. Jadi, kamu tidak perlu khawatir uang/barang kamu hilang.

Dan berbicara masalah prestasi, BukaLapak.com yang dipelopori oleh Ahmad Zacky ini sudah mendapatkan cukup banyak penghargaan. Yang terbaru, pada 8 maret lalu, BukaLapak meraih penghargaan Popularity Award of iEMA 2016 dan terpilih sebagai The Absolute Winner iEMA 2016.

Selain hal-hal yang sudah saya sebutkan di atas, masih ada keuntungan lain bila kamu jualan online di Bukalapak.com

  1. Notifikasi SMS setiap ada pesanan – Untuk setiap pesanan baru yang muncul, akan ada notifikasi melalui dashboard akun kamu atau melalui SMS. Notifikasi juga akan muncul bila pembeli sudah membayar barang yang mereka pesan. Dengan begitu, proses transaksi menjadi mudah karena kamu tidak perlu melakukan tawar-menawar. Selain itu, dengan adanya notifikasi melalui SMS, kamu tidak harus selalu berada di depan komputer untuk mengawasi Lapak kamu setiap saat.
  2. Feedback positif setiap transaksi sukses – Pelapak yang sukses bergantung pada reputasi yang mereka miliki. Dengan BukaLapak, kamu bisa meningkatkan reputasi ini dengan mengumpulkan sebanyak mungkin feedback positif dari pembeli. Feedback positif secara otomatis akan didapat untuk setiap transaksi sukses walaupun pembeli tidak memberikan feedback saat transaksi. Dengan begitu kamu tidak perlu lagi meminta pembeli memberikan feedback atau rekomendasi.
  3. Kepastian menerima uang pembayaran – Kamu bisa langsung menerima uang pembayaran setelah pembeli memberi konfirmasi telah menerima barang. Namun bila pembeli belum juga memberi konfirmasi,  dana akan secara otomatis dibayarkan bila telah melewati 2×24 jam.
  4. Prioritas di mesin pencarian – Setiap halaman barang yang kamu jual melalui BukaLapak telah melalui proses SEO (Search Engine Optimization) agar tampil di urutan teratas pada hasil pencarian oleh Google, Yahoo, atau Bing. Jadi tidak hanya mendapatkan trafik dari BukaLapak, barang kamu juga bisa dilihat oleh setiap orang yang mengakses melalui mesin pencari.
  5. Perhitungan ongkos kirim otomatis – Kamu tidak perlu repot menghitung ongkos kirim karena sistem akan secara otomatis menghitung ongkos kirim yang harus dibayar oleh pembeli. Perhitungan ongkos kirim menggunakan data dari JNE Regular yang akan secara otomatis ditambahkan ke total pembayaran pembeli. Jadi, tidak perlu lagi repot-repot cek harga ongkir.
  6. Edukasi kewirausahaan online – BukaLapak terus membangun semangat kewirausahaan kepada pelapak dan pembeli dengan memberikan tips dan trik jualan online serta memberikan inspirasi melalui kisah sukses para pelapak di BukaLapak.com.

Berjualan di BukaLapak.com

1. Membuat akun BukaLapak

Untuk mulai menjual barang di BukaLapak.com, kamu harus terlebih dahulu terdaftar dan memiliki akun. Caranya? klik tombol Daftar pada sudut kanan atas situs BukaLapak.

Daftar BukaLapak.com

Setelah itu, isi data-data kamu seperti Nama, Email, Username dan Password. Selain dengan mengisi form, kamu juga bisa mendaftar di BukaLapak dengan menggunakan akun Facebook atau akun Google.

Isi data untuk mendaftar pada bukaLapak.com atau gabung dengan menggunakan akun Facebok atau Google

Isi data di atas untuk membuat akun di BukaLapak.com atau daftar dengan menggunakan akun Facebook atau Google kamu.

Bila kamu sudah selesai, BukaLapak akan mengirimkan email yang harus kamu konfirmasi. Klik tautan Konfirmasi Email dan akun BukaLapak kamu sudah selesai dibuat.

Konfrmasi email untuk membuat akun di BukaLapak

2. Persiapan sebelum menjual barang di BukaLapak.com

Sebelum mulai menjual barang di BukaLapak, kamu akan diminta untuk mengisi alamat dan nomor telepon terlebih dahulu. Untuk mengisi data-data tersebut, masuk ke menu myLapak » Pengaturan dan isi data alamat dan nomor telepon pada tab Akun dan Alamat.

Isi nomor telepon dalan alamat jelas sebelum menjual barang di bukalapak.com

Setelah selesai, jangan lupa juga untuk mengisi data pada tab Lapak untuk menghias Lapak kamu dengan foto header yang menarik. Berikan juga deskripsi jelas lapak yang kamu buat.

Bila kamu sudah selesai, saatnya menjual barang di BukaLapak.com

3. Cara jual barang di BukaLapak

Sebelum kamu menjual barang di Bukalapak, kamu harus terlebih dahulu memeriksa apakah barang tersebut dapat kamu jual melalui BukaLapak. BukaLapak sendiri memiliki beberapa ketentuan dan membuat daftar barang terlarang yang tidak bisa sembarangan kamu perjualbelikan di situs tersebut.

Daftar barang-barang yang tidak bisa kamu jual melalui BukaLapak antara lain:

  • Obat-obatan terlarang seperti narkotika atau obat yang tidak terdaftar pada Dinas Kesehatan atau BPOM.
  • Pornografi, sex toys, alat untuk memperbesar organ vital pria, maupun barang asusila lainnya.
  • E-Book, CD, DVD, dan Software bajakan.
  • Segala jenis binatang atau hewan peliharaan.
  • Otomotif (Mobil dan Motor) terkecuali ada kerja sama resmi dengan pihak Bukalapak.
  • Properti (Rumah, Tanah, dan lain-lain).

Untuk barang-barang lainnya, kamu bisa memeriksanya di daftar barang terlarang yang dikeluarkan oleh BukaLapak.

Untuk menjual barang, klik tombol Jual Barang yang berbentuk ikon kamera.

Cara jual barang di bukalapak.com

Setalah masuk, kamu akan mendapatkan dua pilihan untuk memasukan data barang yang akan kamu jual. Apakah kamu ingin menginput data satu persatu atau banyak sekaligus. Perbedaannya hanya terletak pada format yang kamu gunakan.

Bila kamu menjual banyak barang sekaligus, kamu akan diminta untuk mengisi data dalam format CSV yang bisa kamu edit menggunakan software seperti Microsoft Excel.

Sekarang kita isi data-data barang yang akan kamu jual melalui BukaLapak.

  • Nama Barang – Kamu bisa mengubah nama barang bila masih berada dalam rentang waktu 1×24 jam, tidak dalam keranjang belanja dan belum pernah mengalami transaksi.
  • SKU (Stock Keeping Unit) – Nomor unik yang bisa kamu berikan pada masing-masing produk agar kamu bisa pantau penjualannya.
  • Kondisi – Baru atau bekas.
  • Perkiraan Berat – Masukan perkiraan berat barang dalam gram. Bila hitungan berat volumetrik lebih berat dari berat aktual, maka biaya kirim akan dihitung berdasarkan hitungan berat volumetrik yang bisa kamu hitung dengan rumus (P×L×T) ÷ (6000) × 1 kg.
  • Stok – Minimal ada 1 buah.
  • Harga Satuan – Harga barang yang kamu jual. Kamu juga bisa menentukan harga bagi mereka yang ingin membeli secara grosir dengan mencantumkan pula jumlah minimum pembeliannya.
  • Gambar – Usahakan untuk mengunggah lebih dari satu gambar dan menggunakan gambar yang jelas. Pada BukaLapak jug terdapat opsi untuk mengimport gambar dari Instagram atau Facebook sehingga kamu tidak perlu bolak-balik mengunggah foto yang udah kamu posting pada akun sosmed tersebut.
  • Deskripsi – Berikan deskripsi barang yang menarik mengenai barang yang kamu jual.
  • Label – Gunakan label untuk mengkategorikan barang yang kamu jual agar pembeli dapat dengan mudah melihat barang sejenis yang ada pada lapak kamu.
  • Tag – Gunakan tag yang ada pada BukaLapak untuk memunculkan produk kamu pada laman tag BukaLapak.
  • Gratis Biaya Kirim – Bila kamu menggratiskan biaya kirim, centang opsi ini dan pilih daerah yang kamu tentukan.
  • Promoted Push – Dengan fitur ni, produk kamu akan memiliki prioritas tertinggi dan muncul pada hasil pencarian teratas pada kategori produk kamu.

Setelah kamu mengisi semuanya, simpan data tersebut dan pantau terus lapak kamu.

4. Memantau transaksi

Untuk memantau setiap transaksi pada akun kamu, pilih menu myLapak » Pengaturan » Transaksi. Tidak hanya  penjualan, kamu juga bisa memantau tagihan, pembelian, dan komplain/retur. Setiap transaksi memiliki 5 status seperti berikut:

Status transaksi Bukalapak

Warna pada Icon status menunjukan status yang sedang aktif atau telah berlalu.

5. Melakukan pengemasan dan mengirimkan barang

Bila ada yang membeli produk kamu, maka akan ada notifikasi melalui dashboard akun Bukalapak, SMS, atau email. Bila status transaksi berubah menjadi ‘dibayar’, maka kamu harus melakukan pengemasan dan segera mengirim barang yang dimaksud.

Ingat untuk selalu mengemas produk kamu dengan baik dan kirim menggunakan jasa ekspedisi yang telah dipilih oleh pembeli.

Setelah kamu mengirimkan produk kamu, ubah status transaksi menjadi ‘Dikirim’ pada laman Transaksi. Lengkapi juga nomor resi dan nama Jasa Pengiriman pada pop up Konfirmasi Pengiriman Barang.

6. Mendapatkan pembayaran

Bukalapak otomatis mentransfer uang hasil penjualan ke saldo BukaDompet pelapak setelah pembeli memberi konfirmasi terima barang.

Jika setelah 2 hari barang diterima (menurut resi pengiriman) belum ada konfirmasi dari pembeli melalui konfirmasi terima barang, maka transaksi dianggap selesai dan pelapak menerima uang dan feedback secara otomatis.

Pelapak dapat melakukan pencairan uang melalui halaman BukaDompet.

7. Tingkatkan reputasi kamu

Reputasi adalah salah satu elemen penting dalam transaksi jual beli online. Memiliki reputasi yang baik akan membuat lapak kamu lebih dipercaya oleh pembeli dan tentu saja potensi keuntungan yang lebih besar.

Pada BukaLapak, ada emblem khusus yang diberikan sesuai dengan reputasi jualan kamu di BukaLapak. Setiap emblem memiliki tingkatan sesuai dengan jumlah feedback positif yang kamu dapatkan dari pembeli. Semakin banyak feedback positif yang diberikan, semakin tinggi pula reputasi kamu.

Bergabung di komunitas BukaLapak

Setelah selesai berjualan, jangan lupa juga untuk bergabung dengan komunitas BukaLapak agar kamu bisa saling berdiskusi, bertukar pikiran, berbagi pengalaman, serta belajar mengenai tips dan trik jual beli online di Bukalapak.

Tidak hanya itu, kamu juga bisa memperoleh informasi terkini terkait Bukalapak, menambah jaringan pertemanan komunitas se-Indonesia, mempererat silaturahmi, hingga menambah rekanan bisnis potensial.

Penutup

Jual beli barang secara online sangat mudah untuk dilakukan karena ada banyak online marketstore yang mampu menyediakan platform bagi penjual ataupun pembeli seperti BukaLapak.

Registrasi yang mudah dan fitur yang berlimpah membuat BukaLapak menjadi pilihan utama bagi beberapa buyer dan seller.

Untuk kamu yang masih ragu menggunakan BukaLapak dan mulai berjualan online, kenapa tidak membaca kisah sukses para pelapak di BukaLapak? Siapa tahu kisah mereka bisa menjadi inspirasi bagi kamu.

Jadi, tunggu apa lagi!

Image credit: bukalapak.com

Posted in Internet Marketing.

4 Comments

    • Hi mba’ Dewi

      Klo mau mulai bisnis online, saya sarankan punya rekening pribadi karena transaksi jadi lebih mudah.

      Di Bukalapak sendiri ada fitur BukaDompet yang bisa diisi saldo untuk transaksi, transfernya bisa dari Indomart/Alfamart. Uang hasil penjualan kita juga bisa disimpan di BukaDompet.

      Cuma untuk pencarian saldo tetap harus punya rekening. Kalau memang belum punya, bisa pakai rekening orangtua, saudara, atau orang lain yang mba’ percaya (Sumber).

    • Untuk bisa berjualan di bukalapak.com, pastikan kamu sudah mengisi dan memverifikasi alamat email dan nomor telepon terlebih dahulu. Caranya bisa liat di atas.

      Kalau memang masih bermasalah, tim support bukalapak siap 24 jam kok’.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *