Buat Blog Blogspot Kamu Unik dengan Mengganti Favicon Blogger

Untuk membuat blog yang kamu buat di Blogger tampak menarik, kamu harus bisa tampil berbeda dari semua blog Blogger yang ada. Salah satu cara yang bisa kamu lakukan adalah dengan mengganti gambar favicon default yang digunakan oleh semua akun Blogger.

Kalau kamu melihat tab browser kamu saat ini, akan ada nama blog ini dan sebuah gambar di sampingnya. Gambar itulah yang dinamakan favicon.

Setiap blog memiliki desain faviconnya masing-masing, meskipun ada juga yang tidak menggunakannya. Namun untuk blog yang kamu buat di Blogger, maka sudah pasti blog kamu akan memiliki ikon default berupa logo huruf ‘B’ khas Blogger berwarna oranye.

Untuk membuat blog Blogger kamu tampil beda, kamu bisa mengubah ikon ini dengan beberapa langkah mudah.

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah mencari gambar ikon yang akan kamu gunakan. Kalau kamu bisa membuatnya sendiri tentu akan sangat bagus, namun kalau tidak, kamu bisa mencari gambar utuk favicon di situs-situs ini;

Karena keterbatasan ukuran dimensi gambar yang bisa dimuat oleh favicon, saya lebih senang menggunakan ikon dan bukan gambar untuk favicon karena ikon akan tampak lebih baik dalam ukuran yang lebih kecil dibandingkan gambar kompleks.

Kamu memiliki opsi untuk mengunduh gambar dalam berbagai macam format. Kalau kamu ingin bisa langsung menggunakan ikon tersebut atau ingin mengeditnya dalam aplikasi edit foto seperti Photoshop, kamu bisa menggunakan ekstensi ICO atau PNG.

Kalau kamu lebih memilih untuk membuat favicon kamu sendiri, kamu bisa menggunakan situs ini:

Selanjutnya, kita akan memasukan ikon yang sudah kita siapkan untuk menjadi favicon baru kita.

Masuk ke dalam dashboad Blogger dan masuk ke dalam menu Tata Letak. Pada gadget Favicon di sebelah kiri atas tampilan template kamu, pilih edit. Pada kotak PopUp yang muncul, tekan tombol Choose File dan pilih gambar favicon kamu kemudian simpan.

Sedikit catatan, pastikan ukuran gambar yang kamu gunakan berbentuk persegi agar gambar bisa tampil optimal. Dan jangan menggunakan gambar yang berukuran lebih dari 100KB.

ganti-favicon-tata-letak-blogger

Setelah kamu selesai, klik tombol Simpan Setelan.

Kalau kamu lihat blog kamu sekarang, maka favicon default Blogger akan menjadi favicon baru yang kamu masukkan. Sangat mudah bukan?

Tulis pertanyaan dan saran pada kolom komentar di bawah ini. Kalau pos ini membantu kamu, jangan segan untuk berbagi dengan yang lain ya.

Posted in Blogger.

Tulis komentar kamu di sini...

Be the First to Comment!

Notify of
avatar
wpDiscuz