86 Fakta Unik dan Menarik Seputar Twitter yang Mungkin Belum Kamu Ketahui

Tahukan kamu siapa yang menulis tweet pertama di Twitter? Bagaimana kalau akun dengan follower terbanyak? Tahukah juga kalau ada rekor dunia yang berhubungan dengan Twitter? Berikut adalah fakta menarik tentang Twitter yang berhasil kami kumpulkan dari berbagai macam sumber.

1. Proses terciptanya Twitter terjadi di Odeo, sebuah perusahaan di bidang podcasting yang nyaris jatuh karena kemunculan iTunes. Saat itu mereka membutuhkan sebuah inovasi untuk meningkatkan daya saing mereka dan menyenangkan hati para investor. Setelah melakukan brainstorming, muncullah ide pembuatan Twitter.

2. Sebelum bernama Twitter, mereka menamai aplikasi ini twttr karena terinspirasi dari permainan kata pada Flickr dan karena sistem kode singkat SMS Amerika yang terdiri dari 5 karakter.

3. Keunikan twitter adalah adanya batasan 140 karakter untuk bisa membuat sebuah tweet.

4. Kenapa 140? Karena Twttr dibuat agar bisa dikirim melalui SMS. Di Amerika sendiri SMS memiliki batasan 160 karakter. Namun Twttr mengalokasikan 20 karakter untuk penggunaan username dan simbol ‘@’ di depannya.

5. Homepage Twitter pertama kali beralamat di twttr.com yang masih bisa kamu akses sampai sekarang meskipun kamu akan diarahkan ke twitter.com.

website-homepage-pertama-twitter-di-twttr-com

6. Mantan CEO Twitter, Evan Williams, membantu persalinan dua platform blogging Blogger dan Medium.

7. Twitter hampir dinamai Twitch atau Jitter.

8. Akun Twitter tertua adalah 14 akun yang diaktifkan pada 21 Maret 2006 yang semuanya milik karyawan Twitter saat itu.

9. Tweet pertama Twitter berasal dari co-founder Twitter bernama Jack Dorsey yang unggul satu menit dari rekannya Biz Stone.

10. Ketika pertama kali diluncurkan, Twitter akan secara otomatis mengirim pesan “Just setting up my twttr” seperti yang kamu lihat pada tweet di atas.

11. Jack Dorsey menyukai nama Twitter karena dalam bahasa Inggris artinya “A short inconsequential burst of information, chirps from birds“, benar-benar sesuai dengan prinsip kerja Twitter.

12. Dick Costolo, CEO Twitter periode 2010-2015, pernah menolak beberapa tawaran pekerjaan untuk menekuni komedi improvisasi.

Sumber: Dick Costolo | via SuccessStory

13. Sampai saat tulisan ini dibuat, Katy Perry – @katyperry menjadi pemilik akun twitter dengan follower terbanyak sebesar hampir 95,5 juta diikuti oleh Justin Bieber – @justinbieber sebanyak 91,4 juta follower[1].

14. Meskipun dimiliki Twitter, justru Youtube-lah yang menjadi brand dengan follower terbanyak dengan 66,3 juta follower[1].

15. Barack Obama – @BarackObama, presiden kulit hitam pertama asal Amerika Serikat, menjadi politisi dengan jumlah follower terbanyak melebihi artis seperti Lady Gaga dan Rihanna sebanyak 83,6 juta lebih follower[1].

16. Emoji ‘Tears of Joy’ adalah emoticon paling banyak digunakan di Twitter dengan 14,5 juta tweets.

17. Jumlah tweet terbanyak sampai saat ini dipegang oleh akun @VENETHIS dengan 37,8 juta tweets, unggul jauh dari pesaing terdekatnya yang baru memiliki 7 juta tweets[1]. Meskipun begitu ada banyak kontroversi karena sepertinya akun ini memilih untuk mengejar kuantitas karena banyaknya tweet aneh.

18. Mix Masta King – @MixMastaKing memfollow lebih dari 3,1 juta akun, jauh di atas saingannya @ArabicBest yang baru memfollow sebanyak 2,3 juta akun[1].

19. Dari Indonesia, Agnez Mo – @agnezmo adalah orang Indonesia dengan follower terbanyak sebesar 16,2 juta.

20. Dengan menggunakan data dari tahun 2015, 139 dari 167 atau 83% pemimpin dunia memiliki akun Twitter.

21. Jumlah follower pesepakbola Cristiano Ronaldo – @cristiano (49,705,783)[1] lebih banyak dibandingkan penduduk Spanyol, negara di mana ia bermain sekarang (46,070,146)[2].

22. 7 dari 10 pemilik follower terbanyak saat ini adalah penyanyi yang bila jumlah followernya digabung akan lebih banyak (461,557,668)[1] daripada penduduk Amerika Utara (363,224,006)[2].

23. Kucing milik Jason Scott – @sockington mungkin menjadi hewan terpopuler dengan 1,4 juta follower.

24. Butuh waktu 3 tahun, 2 bulan, dan 1 hari dari tweet pertama hingga tweet ke satu milyar.

25. Berdasarkan data tahun 2013, Amerika Serikat adalah negara dengan pengguna Twitter terbanyak.

Infographic: Twitter's Top 5 Markets Account for 50% of Active Users | Statista
You will find more statistics at Statista

26. Kamu hanya bisa mengirim sebanyak 2,400 tweets per harinya. Jumlah tersebut sudah termasuk retweets.

27. Kamu hanya bisa mengganti alamat email yang kamu gunakan pada akun Twitter sebanyak empat kali dalam waktu satu jam.

28. Batas maksimal untuk memfollow akun Twitter dalam satu hari adalah 1,000 kali. Namun bisa kamu telah memfollow 5,000 akun, ada ketentuan khusus yang harus kamu penuhi sebelum kamu bisa memfollow akun lainnya.

29. Direct Messages yang bisa kamu kirim dalam sehari adalah 1,000.

30. Logo burung Twitter versi awal adalah buatan Simon Oxley, desain grafis asal Inggirs yang menjual desain burungnya seharga $10-15 melalui situs iStock.

versi-awal-twitter-bird

Image credit: Simon Oxley via Dribble

31. Sayangnya logo tersebut tidak digunakan lagi sejak 2009 karena gambar dari iStock tidak diperkenankan untuk menjadi logo sebuah Perusahaan.

32. Selain Twitter Bird, Simon juga mengkreasikan Failbot, robot yang akan muncul ketika Twitter bermasalah.

failbot-twitter

33. Nama resmi burung yang menjadi logo Twitter adalah Larry yang terinspirasi dari nama legenda NBA, Larry Bird.

34. Kenapa Larry? Selain karena sama-sama berasosiasi dengan kata ‘Bird’, mungkin juga karena co-founder Biz Stone besar di Massachusets, Boston, tempat Larry Bird bermain untuk Boston Celtics.

Sumber: Why Is Twitter’s Logo Named After Larry Bird? | via Mashable

35. Doug Bowman, mantan direktor kreatif Twitter menyatakan gambar logo Larry mengambil referensi dari burung Hummingbird meskipun hasil jadinya lebih mirip burung Mountain Bluebird.

Sumber: Who Made That Twitter Bird? | via NYTimes

36. Nama ikan paus yang sering dijadikan latar belakang Twitter ketika situs tersebut down adalah Fail Whale yang sayangnya sudah tidak digunakan lagi sejak 2013.

twitter-fail-whale-lifting-a-dreamer-yiying-lu

37. Fail Whale adalah karangan Yiying Lu, seorang desainer asal China. Yiying Lu sendiri menamai karyanya “Lifting a Dreamer”.

38. Fail Whale sendiri dipercaya dipopulerkan oleh Nick Quaranto, meskipun Nick sendiri mereferensikan Jen Simmons yang menyebut nama ini sebelumnya.

Sumber: The Story of Twitter’s Fail Whale | via TheAtlantic

39. Darimana Twitter mendapatkan pemasukan? Secara umum ada 3 cara, Promoted Tweets, Promoted Trends, dan Promoted Account.

40. Samsung pernah menggunakan promoted tweet untuk membajak momen peluncuran produk iPhone.

41. Hashtag bukanlah fitur asli Twitter. Hashtag diusulkan oleh Chris Messina – @chrismessinapada tahun 2007.

42. Dalam statusnya, Evan William menyebutkan kalau ia membeli nama domain twitter.com seharga $7,500.

43. Sampai saat ini, Twitter sudah melakukan merger dan mengakuisisi lebih dari 50 perusahaan dengan Yes, Inc menjadi pembelian terbaru pada 1 Desember 2016.

44. Akuisisi terbesar yang dilakukan oleh Twitter adalah pembelian TellApart seharga $479 juta.

45. Pernahkah kamu mendengar cashtags? Sama dengan hashtags namun dengan tanda ‘$’ seperti contoh $GE. Cashtag sendiri banyak digunakan tweeter Wall Street dan mereka yang tertarik mengikuti berita seputar saham.

46. Caitlyn Jenner – @Caitlyn_Jenner adalah pemegang rekor dunia resmi Guiness sebagai pemilik waktu tercepat untuk meraih satu juta follower Twitter. Caitlyn meraihnya hanya dalam waktu 4 jam dan 3 menit saja pada 1 Juni 2015.

47. Layanan ‘Verified Account‘ diluncurkan setelah mantan manager St. Louis Cardinal, Tony Las Russa, mengkomplain twitter karena adanya seorang user yang mengaku sebagai dirinya.

48. Verified User pada Twitter didominasi oleh kalangan jurnalis.

persentase-akun-terverifikasi-twitter

Image credit: Haje Jan Kamps via Medium

49. Pada 2014 Twitter melaporkan bahwa 8,5% pengguna aktif bulanannya adalah bot. Kamu sendiri bisa memeriksa akun kamu sendiri melalui layanan online seperti TwitterAudit.

50. t.co adalah domain untuk layanan URL shortener milik Twitter yang digunakan untuk memendekan semua URL pada Twitter dan tidak bisa digunakan secara umum.

51. Rekor retweet terbanyak dimiliki oleh Ellen DeGeneres @TheEllenShow ketika foto yang diupload dari acara Academy Awards 2014 diretweet oleh lebih dari 3 juta user.

52. Rekor retweet yang dikalahkan oleh Ellen adalah tweet dari Presiden Barack Obama ketika ia terpilih untuk kedua kalinya.

53. Samsung mendonasikan 3 juta dollar untuk menghargai rekor retweet selfie Ellen. Donasi tersebut dilakukan karena Ellen menggunakan Samsung Galaxy Note pada acara tersebut.

54. Pada 2016, Twitter memperkenalkan promoted sticker dengan Pepsi sebagai partner pertamanya.

55. Tweet pertama dari luar angkasa dilakukan oleh TJ Creamer – @Astro_TJ ketika ia berada di stasiun luar angkasa ISS pada tahun 2010.

56. Akun @sweden diberikan secara bergilir setiap harinya kepada warga Swedia secara acak. Hal ini dilakukan untuk menunjukan keragaman negara ini melalui perspektif warganya.

57. Twitter termasuk salah satu layanan yang diblokir di Cina selain Facebook dan Google.

58. Selain di Cina, Twitter juga diblokir di Korea Utara dan Iran.

59. Berdasarkan riset SocialBakers pada 2013, BCA melalui layanan HaloBCA menjadi brand dengan respond terbaik di Twitter dengan response rate sebesar 95,06% dan response time sebesar 3 menit.

60. Ketika dibeli oleh Twitter, Vine bahkan belum dirilis ke publik.

Sumber: Twitter Buys Vine, a Video Clip COmpany That Never Launch | Via AllThingSD

61. Pada April 2013, ada penyusup yang membajak akun Associate Press@AP dan menulis berita palsu tentang bom yang meledak di Gedung Putih dan mencederai Presiden Barack Obama. Efeknya sangat masif dan menyebabkan pasar saham Wall Street kacau.

62. Logo Vine mengilustrasikan huruf ‘V’ dan ‘I’ seperti tanaman merambat yang menjalar pada sebuah pohon.

vine-logo

63. Bila kamu membalik logo Vine, kamu bisa melihat angka 6 yang merujuk kepada 6 detik waktu maksimum sebuah video di Vine.

64. Setelah diteliti, Vine ternyata bisa memuat video dengan durasi 6,5 detik.

65. Will Smidlein pernah menemukan celah pada Vine sehingga ia bisa mengunggah video Rick Astley dengan durasi 3 menit 33 detik.

66. Presiden Venezuela, Hugo Chavez, menghadiahkan rumah baru kepada Natalia Valdivieso (19) karena menjadi followersnya yang ke 3 juta meskipun langkah ini ternyata mengundang banyak kritik.

67. Pada hasil studi terhadap semua akun Twitter atlet yang berlaga di Olimpiade Rio 2016, rata-rata peraih medali emas mendapatkan tambahan 9,196 follower, 3,593 untuk peraih medali perak, dan 6,230 untuk peraih medali perunggu. Peningkatan terbesar didapat Laura Trott / Laura Kenny – @LauraTrott31 dengan penambahan 83,337 follower setelah mendapatkan emas di cabang balap sepeda.

Sumber: How Many New Twitter Followers is a Gold Medal Worth | Via Alphr

68. Twitter memiliki akun Youtube yang dibuat 3 hari setelah Twitter diluncurkan.

69. Twitter memiliki akun resmi @twitter yang dibuat hampir satu tahun setelah Twitter berdiri.

70. Bila kamu memasukan Twiter.com (perhatikan satu huruf T yang hilang) maka kamu akan tetap masuk ke dalam situs resmi Twitter.

71. Komedian Conan O’Brien hanya memfollow satu orang saja, yaitu Sarah Killen – @LovelyButton, seorang fans yang dia pilih secara acak.

72. Meskipun bersaing di bidang yang sama, Twitter dan Facebook masing-masing memiliki akun resmi di layanan rival mereka.

73. @POTUS adalah akun Twitter resmi milik President of the United States yang akan diberikan kepada setiap presiden Amerika terpilih.

74. @FLOTUS adalah akun Twitter resmi milik First Lady of the United States yang akan diberikan kepada setiap istri presiden Amerika terpilih.

75. Setiap kali Presiden baru terpilih, tweet dari akun @POTUS dan @FLOTUS sebelumnya akan diarsipkan dan dipindahkan pada akun baru sesuai urutan presiden tersebut, seperti tweet milik mantan presiden Barack Obama yang dapat kamu lihat pada akun @POTUS44.

76. Jam terkenal Big Ben di Inggris memiliki akun Twitternya sendiri, @big_ben_clock, yang setiap jamnya akan mentweet kata Bong dengan jumlah yang sama dengan waktu yang ada saat itu.

77. Akun @everyword menulis semua kata dalam bahasa Inggris mulai dari tahun 2007 hingga selesai pada tahun 2014.

78. Akun @RealTimeWWII membuat tweet mengenai peristiwa yang terjadi ketika perang dunia kedua sesuai dengan urutan tanggalnya.

79. Aston Kutcher adalah orang pertama yang memiliki 1 juta follower. Momennya sendiri sangat seru karena Aston Kutcher terlibat dalam perlombaan dengan akun milik CNN dan kejadian itu disiarkan secara live.

Sumber: Ashton Outmaneuvers CNN to 1 Million on Twitter | via CNet

80. Hanya di Jepang, popularitas Twitter bisa mengungguli Facebook.

tren-sosial-media-di-jepang

Image credit: HumbleBunny

81. Ilmuwan mencoba untuk memonitor gempa bumi melalui Twitter. Ini karena tidak semua area memiliki alat pendeteksi gempa dan Twitter tersebar lebih luas serta memiliki data real-time.

82. Hati-hati, studi menyatakan bahwa Twitter dapat menyebabkan kecanduan. Beberapa bahkan menyatakan lebih sulit untuk berhenti dari Twitter dibandingkan obat-obatan terlarang.

83. Ada rencana untuk membuat acara televisi berdasarkan kisah sejarah berdirinya Twitter yang diadopsi dari buku karangan Nick Bilton, Hatching Twitter: A True Story of Money, Power, Friendship, and Betrayal.

84. FBI memiliki kamus slang twitternya sendiri.

85. James Cameron yang terkenal sebagai director Titanic pernah mengklaim mengirim tweet dari tempat terdalam di dunia, Mariana Trench. Meskipun sebenarnya ia hanya memberi sinyal ke kapal di atasnya untuk mengirimkan tweet ketika kapal selam buatannya menyentuh dasar palung.

86. Artikel pada situs Gigaom, Silicon Valley’s All Twttr, dipercaya sebagai artikel pertama yang membuat review tentang Twttr. Hal ini terjadi setelah co-founder Noah Glass memberitahukan Om Malik, pemilik Gigaom, mengenai kreasi timnya tersebut.

Apakah ada fakta unik lainnya yang belum ada di sini? Jangan segan untuk berbagi di laman komentar di bawah ini.

[1]: Twitter Statistics | via TwitterCounter

[2]: Population by Country | via Worldometers

Posted in Sosial Media.

Tulis komentar kamu di sini...

Be the First to Comment!

Notify of
avatar
wpDiscuz