17 Fakta Menarik tentang Nama Domain yang Mungkin Belum Kamu Ketahui

Kamu mungkin sudah tahu apa itu nama domain dan mungkin saat ini sudah memiliki nama domain kamu sendiri. Saat melakukan riset untuk artikel “apa itu nama domain?“, saya menemukan banyak fakta menarik seputar nama domain. Mau tahu apa saja?

1. Nama domain yang pertama kali didaftarkan adalah symbolics.com yang didafarkan pada 15 Maret 1985 dan masih aktif sampai sekarang. Kalau kamu membaca FAQ di situs tersebut, kamu akan menemukan alasan kenapa situs ini masih ada sampai sekarang,

To offer curious Internet visitors an interesting way to navigate through historic Internet facts.

Yang artinya kira-kira, “Untuk menawarkan pengunjung internet yang penasaran, sebuah cara yang menarik untuk menelusuri fakta sejarah internet”.

Unik juga kalau membaca taglinenya, It All Started Here. Ya! semua bermula dari situs ini.

2. Nama domain terpendek adalah g.cn yang dimiliki oleh Google untuk mempermudah user dari Cina untuk mengakses situs mereka.

3. Nama domain terpanjang menurut buku rekor Guiness adalah llanfairpwllgwyngyllgogerychwyrndrobwyll-llantysiliogogogoch.com yang dimiliki oleh sebuah desa di Wales. Dan percaya atau tidak, itu adalah nama desa asli di Wales.

4. Nama domain termahal sampai saat ini adalah vacationrentals.com yang dibeli seharga $35 juta Dollar pada tahun 2007 kepada Brian Sharples, pemilik HomeAway.co.uk. Uniknya, Brian membeli nama domain tersebut agar tidak jatuh ke tangan Expedia yang notabene merupakan saingan bisnisnya.

nama-domain-termahal-2016

VacationRentals yang menawarkan properti yang kamu miliki untuk disewakan.

5. Semua nama domain dengan 3 huruf sudah didaftarkan. Jadi kamu hanya bisa membelinya dari orang lain kalau kamu ingin memilikinya.

6. Kamu tidak bisa mendaftarkan nama domain yang hanya mengandung huruf a. Maksudnya kamu tidak bisa lagi mendaftarkan a.com, aa.com, aaa.com, sampai 63 kali a karena semuanya sudah terdaftar.

7. Kamu tidak bisa mendaftarkan nama domain example.com, example.net maupun example.org. Ketiganya disimpan untuk keperluan dokumentasi IANA saja. Selain itu kamu tidak bisa mendaftarkan nama domain localhost.com, invalid.com, dan test.com.

8. Kamu masih bisa mendaftarkan nama domain dengan TLD .su milik Uni Soviet, meskipun negaranya sendiri sudah bubar sejak tahun 1991.

9. Facebook membeli fb.com seharga $8.5 juta pada tahun 2010. Harga ini jauh lebih tinggi dibandingkan ketika membeli facebook.com seharga $200,000 pada tahun 2005 (Sebelumnya mereka bernama TheFacebook).

10. Pendaftaran nama domain gratis sampai tahun 1995 sampai Network Solutions diberi wewenang untuk menarik tarif dari pendaftaran nama domain.

11. TLD termahal yang pernah tercatat adalah .ng yang merupakan kode negara Nigeria sebesar $40,000. TLD ini menjadi sangat terkenal karena banyak kata dalam bahasa Inggris yang bisa diberikan imbuhan ‘-ing’. Namun sejak April 2013 harganya sudah mulai setara dengan TLD lainnya.

12. Semua negara memiliki ccTLDnya sendiri, termasuk Antartika. Seperti ekstensi .id yang dimiliki Indonesia, Antartika juga memiliki ekstensinya sendiri yaitu .aq. Hanya saja untuk mendaftarkan nama domain kamu dengan ekstensi ini, kamu harus beralamat di sana atau memiliki organisasi yang sudah menandatangani perjanjian Antartika.

13. Coca-Cola memborong semua nama domain “ahh”. Jadi kalau kamu mengakses situs ahh.com, ahhh.com, ahhhh.com sampai dengan 62 kali h, kamu akan selalu masuk ke dalam situs resmi Coca-Cola.

coca-cola-homepage

Masuk ke homepage Coca Cola melalui situs ahhhhhhhhhhh.com

14. Mike Mann pernah mendaftarkan 14,962 nama domain hanya dalam waktu 24 jam saja[1]. Jadi kalau kamu bingung kenapa nama domain yang kamu incar tidak tersedia, mungkin dia penyebabnya. Untung saja Mike tidak tinggal di Indonesia.

15. Youtube didaftarkan pada Hari Valentine, 14 Februari 2005. Uniknya, pada saat launching mereka sempat membuat crash situs Utube.com, sebuah situs pipa industri, karena banyaknya traffic yang masuk ke situs mereka.

16. Layanan telekomunikasi Skype memiliki asal usul nama domain yang unik. Skype adalah singkatan dari Sky peer-to-peer dan pada awalnya bernama Skyper. Namun karena sudah ada yang memiliki nama tersebut, maka huruf -r di belakangnya dihilangkan dan menjadi Skype yang kita kenal sekarang.

17. Kamu tidak bisa memiliki nama domain tertentu. Sebuah kutipan terkenal dari Marc Ostrofsky,

Domain names are internet real estate.

Nama domain layaknya real estate di dunia maya. Bedanya, kamu tidak bisa memilkinya.

Ketika kamu mendaftarkan sebuah nama domain, kamu hanya diberikan hak kepemilikan penuh dalam jangka waktu tertentu. Jadi kalau kamu memutuskan untuk tidak memperpanjangnya, maka nama domain yang kamu miliki bisa dimiliki oleh orang lain.

[1] : https://www.cnet.com/news/meet-the-mann-who-registered-14962-domains-in-24-hours/

Kalau kamu suka dengan artikel ini, jangan segan untuk berbagi dengan yang lain ya.

Posted in Trivia.

Tulis komentar kamu di sini...

Be the First to Comment!

Notify of
avatar
wpDiscuz