Cara Menggunakan Custom Domain Niagahoster di Blogger (Blogspot)

Blogger (Blogspot) adalah platform blogging dari Google yang bisa kamu gunakan untuk membuat blog gratis dengan mudah. Salah satu fitur dari Blogger adalah penggunaan custom domain yang dapat membuat blog Blogger kamu tampil beda dari blog blogspot lainnya. Bagaimana caranya? Simak terus sampai selesai yah!

Untuk kamu yang baru pertama kali membuat blog, Blogger mungkin menjadi pilihan yang bagus. Membuat blog di Blogger sangat cepat dan mudah karena kamu hanya memerlukan akun Google saja. Selain itu Blogger juga dibackup oleh server Google, dan yang jelas gratis.

Blog yang dibuat di Blogger (Blogspot) dapat dikenali dengan mudah karena memiliki ekstensi .blogspot.com. Namun Blogger juga menyediakan fitur agar kamu dapat menggunakan nama domain kamu sendiri. Jadi, alih-alih memiliki URL namadomain.blogspot.com, kamu bisa memiliki URL namadomain.com. Lebih keren bukan?

Dengan menggunakan custom domain di Blogger, kamu akan mendapatkan beberapa keuntungan seperti:

  • Tampil beda dengan blog Blogger lainnya. Jadi meskipun sama-sama menggunakan hosting dari Blogger kamu tidak memiliki nama domain dengan ekstensi .blogspot.com.
  • Memiliki kredibilitas lebih. Tidak hanya dengan Blogger, dibandingkan dengan situs gratisan manapun, menggunakan nama domain sendiri akan membuat level kepercayaan pengunjung meningkat.
  • Brand awarenessBila kamu memiliki usaha sendiri dan ingin memasarkan brand kamu di internet, pilihan yang bijak adalah dengan menggunakan nama domain yang sesuai dengan brand yang kamu miliki. Bila kamu menggunakan nama domain gratisan, pengunjung mungkin tidak akan menganggap kamu serius.

Dan pertimbangan lain kenapa kamu harus memiliki nama domain sendiri adalah harganya yang cukup murah.

Untuk ekstensi .com saja, dengan menggunakan data tanggal 20 Mei 2017, rata-rata harga yang ditawarkan sekitar Rp 115.000 per tahun. Jadi per bulannya, kamu hanya perlu mengeluarkan ongkos kurang dari Rp 10.000. Sangat murah bukan?

Lalu, di mana tempat beli domain murah terbaik?

Mencari tempat beli nama domain murah mungkin mudah, tapi mencari tempat beli nama domain terbaik lain soal.

Untuk pembelian nama domain, saya mempercayakannya pada dua nama, yaitu Niagahoster atau NameCheap. Selain memiliki akreditasi dari ICANN, keduanya juga memiiliki banyak pilihan TLD dan kualitas servis yang baik.

Untuk masalah harga keduanya juga memiliki harga yang sangat bersaing. Niagahoster bahkan memiliki harga yang lebih murah dibandingkan pesaing lokal lainnya di Indonesia.

Beli Nama Domain di Niagahoster

Langkah#1: Cek nama domain

Masuk ke Niagahoster dan pilih menu Domain. Kemudian isi kotak isian yang ada dengan nama domain yang kamu inginkan.

Cek ketersediaan nama domain di niagahoster

Secara default TLD yang akan kamu gunakan adalah .com (yang menurut saya adalah syarat penting dalam memilih nama domain yang baik). Namun kamu bisa mengubahnya dan memilih TLD pilihan kamu.

Khusus untuk setiap TLD yang berakhiran .id, seperti .id, .web.id, .my.id, atau .biz.id, membutuhkan persyaratan khusus domain Indonesia seperti scan KTP dan dokumen pendukung lain sesuai syarat TLD tersebut.

Langkah #2: Masukan pembelian nama domain ke keranjang belanja

Akan ada pemberitahuan bila nama domain tersedia. Selanjutnya kamu bisa memilih jangka waktu registrasi nama domain (1-3 tahun) dan klik Tambah Ke Cart.

Selanjutnya akan ada penawaran hosting untuk nama domain yang kamu daftarkan. Karena kita ingin membeli nama domain saja, kamu bisa menekan tombol Order Tanpa Hosting.

Selain itu ada juga penawaran website builder Weebly dan WHOIS Protection yang bisa melindungi data pribadi bila ada yang ingin melihat informasi pada nama domain yang kamu miliki.

Langkah #3: Buat akun baru di Niagahoster

Selanjutnya kamu akan diminta untuk membuat akun baru di Niagahoster. Bila kamu sudah pernah mendaftar sebelumnya, login dengan akun kamu.

Untuk membuat akun baru, pilih tombol Selanjutnya dan isi form dengan data-data seperti Email, Password, Nama Lengkap, Alamat, No. Telepon, hingga Pilihan Pembayaran yang kamu inginkan.

Setelah selesai, kamu akan mendapatkan link yang mengarah ke tata cara dan konfirmasi pembayaran.

Langkah #4: Bayar dan konfirmasi pembayaran

Setelah proses chekout selesai, kamu akan mendapatkan email invoice dan panduan cara pembayaran. Untuk konfirmasi, kamu dapat mengklik link yang ada pada email tagihan atau masuk ke dashboard Niagahoster dan klik menu Tagihan.

Setelah melakukan konfirmasi pembayaran, kamu harus menunggu dulu beberapa saat sebelum nama domain kamu bisa digunakan. Pengalaman saya biasanya tidak sampai 15 menit akan muncul notifikasi melalui email bahwa pembelian nama domain sudah berhasil dilakukan.

Sekarang kita sudah memiliki nama domain kita sendiri, saatnya untuk memasangnya pada Blogger

Menggunakan custom domain pada Blogger (Blogspot)

Masuk terlebih dahulu ke situs blogger.com dan pilih blog yang ingin kamu ubah.

Setelah itu, masuk ke menu Setelan » Dasar dan lihat pada bagian publikasi. Klik tautan Siapkan URL pihak ke-3 untuk blog Anda.

Setelah itu, masukan nama domain yang tadi sudah kita daftarkan. Jangan lupa untuk menuliskan juga ‘www’ di depan nama domain tersebut.

Sampai tahap ini, penggunaan custom domain akan gagal dan akan muncul pesan error. Namun jangan khawatir, langkah ini penting karena kita akan membutuhkan data CNAME yang ada pada pesan error tersebut.

CNAME terdiri dari dua token yang berisi Bidang Nama, Label, atau Host serta Bidang Tujuan, Target, atau Mengarah.

CNAME pertama sama untuk semua orang yang biasanya berisi Nama ‘www’ dan Tujuan ‘ghs.google.com’. Sedangkan CNAME kedua merupakan kode unik khusus untuk blog dan akun Google kamu.

Catat kedua CNAME tersebut karena kita akan membutuhkannya nanti.

Setelah mendapatkan data CNAME, masuk ke panel Niagahoster dan login dengan akun kamu.

Kemudian pilih menu Hosting & Domain » DNS Management. Perhatikan bagian bawah, salin DNS terlebih dahulu ke Name Server.

Bila sudah maka hasilnya akan seperti ini

Kemudian kembali lagi ke menu DNS Management, kali ini kita akan memasukan dua CNAME yang kita dapatkan dari Blogger dan empat IP Google (A-Records).

Untuk memasukan CNAME, klik tombol Add New Record dan isi data sebagai berikut:

  • Record Type – CName
  • Domain – Token yang ada pada Bagian Nama, Label, atau Host
  • Hostname – Token yang ada pada bagian Tujuan, Target, atau Mengarah
  • TTL – Gunakan isian default 14400

Sedangkan untuk memasukan A-Record, klik tombol Add New Record dan masukan data berikut:

  • Record Type – A Record
  • Domain – isi dengan simbol ‘@’ (tanpa tanda kutip!)
  • Hostname – Arahkan ke empat IP Google berikut:
    • 216.239.32.21
    • 216.239.34.21
    • 216.239.36.21
    • 216.239.38.21
  • TTL – Gunakan isian default 14400

Setelah semua selesai diinput, maka tampilan menu DNS Management akan menjadi seperti berikut:

Setelah semua proses pengaturan DNS selesai, saatnya kita kembali ke dashboard Blogger.

Masuk kembali ke menu Setelan » Dasar dan tambahkan custom domain seperti cara sebelumnya.

Bila kamu berhasil, maka pesan error yang sebelumnya muncul akan hilang. Centang opsi Alihkan ‘namadomain.com’ ke www.namadomain,com, lalu Simpan.

CATATAN: Bila kamu masih mendapatkan pesan error meskipun sudah melakukan pengaturan DNS dengan benar, jangan khawatir! Proses ini kadang membutuhkan waktu hingga 1×24 jam meskipun biasanya tidak sampai 15 menit.

Penutup

Untuk menggunakan nama domain, ada baiknya bila kamu menggunakannya sejak awal, dengan begitu kamu tidak perlu repot ketika harus pindah dari nama domain Blogger.

Kesulitan-kesulitan yang bisa kamu temui ketika beralih ke custom domain antara lain harus mengatur Google Analytics, Google Search Console, sampai Sitemap dari awal lagi.

Selain itu kamu juga harus mengupdate nama domain yang baru ke semua akun sosmed yang kamu gunakan dan mempromosikannya supaya pengunjung tidak kebingungan.

Dan hal yang paling penting adalah adanya potensi kehilangan nilai Domain Authority yang sudah kamu bangun menggunakan nama domain yang lama.

Jadi, tunggu apa lagi? Dapatkan nama domain kamu sekarang juga!

Posted in Tutorial.

9 Comments

  1. Termasuk pelanggan yang cukup lama di niagahoster. Memuaskan banget pelayanannya. Dan makin kesini supportnya juga makin oke aku liat

    • Wow, mungkin mas Ronald lebih senior dibandingin aku di Niagahoster 🙂

      Iy, aku juga awalnya suka supportnya, makanya masih betah pake Niagahoster.

      • Iya mbak Alifa. Udah cukup lama langganan di niagahoster. Hehe…. Semoga kita betah terus ya mbak disana, semoga niagahoster bisa lebih ningkatin lagi performanya. Males juga khan kalo harus pindah2 hosting lagi

  2. Kalau hostingnya udah pernah cobain belum gan? Kepengen order hosting disana ne. Banyak temenku yang rekomendasiin jadi penasaran

    • Hi mas Teguh.

      Berdasarkan pengalaman pribadi, Niagahoster lumayan oke kok’. Makanya Bisablog ini juga pake Niagahoster buat hostingnya.

      Saya sendiri awalnya juga dapat rekomendasi dari teman. Setelah baca review sana-sini akhirnya nyobain Niagahoster. Alhamdulillah sampai sekarang masih berasa nyaman.

      Cuma saya ga’ berani bilang Niagahoster paling bagus, tapi dibandingin hosting lain yang saya pernah coba, Niagahaoster ini relatif minim masalah. Dan yang penting supportnya cepat dan membantu banget klo sewaktu-waktu ada problem.

      Satu saran saya klo mau cari hosting jangan liat harga mas. Dulu sering kecewa berat soalnya hunting hosting murah tapi y kualitasnya murahan juga. Lebh baik baca review dan cari yang paling stabil dan bisa kasih support yang bagus.

      Kalau teman mas teguh banyak yang merekomendasikan Niagahoster, saya +1 aja deh 🙂

      • Hallo Mas Syafiq..
        Waaah, makasih banget mas udah berbagi pengalamannya. Bermanfaat banget ini buat besok2 kalo mau order hosting jangan tergiur sama harganya dulu.
        Jadinya aku order hosting sama domain di niagahoster mas. Pelayanannya oke banget ya. Emang baru 2 mingguan sih, tapi gak pernah ada masalah dan puas banget

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *