5 Tools Online untuk Memeriksa Kecepatan Website

Pernahkah kamu mengecek kecepatan situs kamu? Dengan ketatnya persaingan blogging saat ini, akses yang cepat wajib dimiliki oleh sebuah website. Google sendiri menjadikan loading time sebagai salah satu faktor yang menentukan ranking sebuah situs. Caranya sendiri sangat mudah karena banyak tools online yang bisa kamu gunakan. Tidak hanya memeriksa kecepatan website, tools ini juga bisa mendeteksi apa saja yang mempengaruhi kecepatan loading situs kamu.

Sebagus apapun konten yang kamu buat, akan sangat percuma kalau sulit untuk diakses.

Karena itulah, meskipun hanya menjadi bagian kecil dari faktor yang mempengaruhi ranking Google, kecepatan sebuah situs sangat penting peranannya dalam membuat situs kamu lebih nyaman untuk pengunjung.

Untuk melihat bagaimana pengaruh kecepatan terhadap situs/blog kamu, kamu bisa melihat fakta berikut:

  • 47% pengunjung sebuah situs mengharapkan loading di bawah 2 detik.
  • Website yang memiliki waktu loading lebih dari 3 detik akan ditinggalkan oleh 40% pengunjungnya.
  • Delay 1 detik (atau menunggu hingga 3 detik) akan mengurangi tingkat kepuasan pelanggan hingga 16%.

(Sumber : kissmetrics.com – How Loading Time Affects Your Bottom Line)

Baca Juga: Bagaimana Kecepatan Website Mempengaruhi Bisnis Kamu [INFOGRAPHIC]

Lalu apa saja yang bisa memperngaruhi kecepatan loading web kamu?

Ada banyak faktor yang mungkin akan terlalu panjang untuk disebutkan satu-persatu di sini, namun kamu bisa memeriksanya sendiri dan melihat elemen apa saja yang menghambat kinerja website kamu.

Berikut adalah beberapa tools online yang bisa kamu gunakan untuk memeriksa seberapa baik performa situs/blog yang kamu punya. Tidak hanya menilai performa sebuah situs, tools ini juga menyediakan solusi untuk meningkatkan performa situs kamu.

1. Sucuri Load Time Tester

Kalian mungkin mengenal nama Sucuri karena brand ini juga menyediakan plugin keamanan yang cukup populer untuk WordPress. Namun pada situs mereka terdapat juga tools untuk memeriksa kecepatan akses website.

Salah satu fitur yang menjadi andalan mereka adalah kemampuan untuk mengecek loading time dari beberapa tempat sekaligus secara langsung. Cocok untuk kamu yang memiliki blog berbahasa Inggris dengan akses pengunjung dari seluruh dunia.

Satu elemen penting yang menjadi poin utama pada Sucuri adalah waktu first byte yang menyatakan waktu yang dibutuhkan untuk mengirimkan kembali konten untuk diproses oleh browser.

mengecek-kecepatan-website-dengan-sucuri-load-time-tester

Sucuri Load Time Tester mampu memeriksa loading time dari beberapa server sekaligus.

 2. GTmetrix 

GTmetrix menggunakan indikator penilaian dari Google PageSpeed dan Yahoo! YSlow untuk menentukan skor performa sebuah blog dan menyediakan rekomendasi aksi untuk memperbaikinya.

GTmetrix juga menyediakan bookmarklet dan plugin WordPress untuk mempermudah kamu menggunakan layanan ini di mana saja. Dan semua hasil laporan yang dihasilkan bisa kamu download dalam bentuk pdf.

periksa-kecepatan-loading-website-dengan-gtmetrix-performance-tester

GTmetrix menggunakan nilai performa dari Google PageSpeed dan Yahoo! YSlow.

 3. Pingdom

Pindom sejatinya adalah penyedia jasa web monitoring, namun salah satu tools mereka terkenal untuk memeriksa kecepatan dan performa website, menganalisanya dan mencari apa saja yang menghambat kinerja web kamu.

Pingdom akan memberikan grade dari A sampai F untuk masing-masing parameter yang mereka gunakan dan memberikan rekomendasi perbaikan apa saja yang harus kamu lakukan untuk mengoptimalkannya.

Sama seperti GTmetrix, Pingdom juga memiliki bookmarklet dan plugin WordPress agar kamu bisa mengakses layanan mereka dengan cepat dan mudah.

memeriksa-kecepatan-website-dengan-pingdom

Pingdom akan memberikan grade A sampai F untuk setiap elemen yang mempengaruhi kecepatan loading website.

 4. WebPageTest.org

WebPageTest adalah tool yang dikembangkan oleh AOL untuk digunakan secara internal sebelum berubah statusnya menjadi open source pada 2008.

Hasil test yang dihasilkan oleh tools ini sangat lengkap. Kamu bisa melihat elemen apa saja yang mendapatkan nilai rendah dan berpotensi mengganggu kinerja web kamu.

Namun sayangnya tidak ada rekomendasi tindakan yang harus dilakukan dan keterangan yang diberikan tidak cukup lengkap sehingga sulit digunakan untuk pemula.

cek-kecepatan-website-dengan-webpagetest

WebPageTest.org, tools open source yang berguna untuk melihat performa website.

 5. Google PageSpeed Insight 

Tools dari Google ini akan mengukur performa website kamu dan menilainya dalam dua bagian, yaitu skor untuk penggunaan perangkat desktop dan skor untuk penggunaan mobile gadget.

Skor diberikan dalam skala 1-100 dan performa kamu dianggap cukup baik kalau memiliki nilai di atas 85.

Google PageSpeed Insight akan memberikan kamu tiga macam status yang bisa kamu tindaklanjuti. Merah untuk perbaikan kritikal yang akan berpengaruh banyak pada kecepatan web kamu, kuning untuk perbaikan yang bisa kamu lakukan lebih lanjut, dan hijau yang menandakan tidak ada masalah yang terlalu serius.

Insight juga memberikan kamu rekomendasi untuk setiap elemen yang memiliki nilai rendah sehingga kamu dapat langsung memperbaikinya.

periksa-kecepatan-website-dengan-google-pagespeed-insight

Insight dari Goole PageSpeed akan memberikan penilaian berbeda tergantung perangkat yang digunakan.

CATATAN: Kalau kamu mencoba beberapa tools di atas, kamu bisa menemukan skor yang berbeda-beda meskipun kamu memasukan link yang sama. Ini karena semua layanan tersebut menganalisa URL yang kamu berikan dengan beberapa aturan yang mereka rasa sangat relevan terhadap kecepatan dan performa sebuah website. Jadi wajar kalau ada sedikit perbedaan pada hasil penilaian, meskipun secara umum sama.

Semua layanan di atas sangat berguna untuk kamu yang ingin melihat kinerja web/blog kamu. Saya sendiri lebih menyukai Pingdom dan Google PageSpeed Insight.

Namun jangan terlalu terobsesi untuk mendapatkan kecepatan loading time yang sempurna.

Kamu tidak perlu melakukan semua rekomendasi tindakan yang disarankan oleh tools di atas, cukup perbaiki hal-hal yang krusial dan buat loading time website kamu menjadi kurang dari 3 detik.

Apakah kamu sudah mencobanya? Tools mana yang menjadi pilihan kamu? Bagi kesan kamu pada kolom komentar di bawah ini.

Posted in Trivia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *