Cara Mencegah Copy Paste Konten Blogger

Pencurian konten adalah salah satu hal yang sayangnya banyak terjadi pada dunia blogging saat ini. Banyak orang yang ingin cepat sukses dalam blogging dengan mengkopi-paste konten-konten berkualitas dari blog lain. Jadi tidak heran kalau kamu menemukan beberapa postingan yang hampir mirip beredar di dunia maya.

Salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk mencegah terjadinya pencurian terhadap konten blog kamu adalah dengan mencegah orang lain untuk mengkopi secara langsung konten yang sudah kamu buat. Meskipun tidak terlalu efektif, tapi setidaknya cara ini akan membuat pencuri malas dan pergi dari blog kamu.

Ada beberapa cara mudah yang bisa kamu lakukan agar orang lain tidak bisa menduplikat konten yang kamu buat. Salah satunya adalah dengan memblokir fungsi Ctrl + A (pilih semua) dan klik kanan dengan menggunakan JavaScript.

JavaScript?

Untuk kamu yang belum biasa dengan bahasa pemograman, jangan khawatir. Hal ini tidak sesulit yang kamu bayangkan.

Kamu hanya perlu menambahkan gadget pada blogger dan mengkopi kode JavaScript yang sudah disediakan ke dalam gadget tersebut. Tinggal kopas, mudah bukan?

Untuk pengguna WordPress, cara ini juga bisa kamu gunakan dengan menambahkan widget teks, meskipun akan lebih mudah menggunakan plugin.

Oke, lalu bagaimana caranya?

Untuk menambahkan gadget yang kita butuhkan, masuk ke menu Tata Letak dan tambahkan gadget HTML/JavaScript. Kamu bisa menambahkan gadget dari mana saja, header, sidebar, footer, tidak masalah.

tambahkan-gadget-html-javascript-pada-blogger

Gunakan gadget HTML/JavaScript untuk melindungi konten blog kamu

Setelah selesai, masukan kode berikut ke dalam gadget yang baru saja kamu tambahkan.

<script src='demo-to-prevent-copy-paste-on-blogger_files/googleapis.js'></script> <script type='text/javascript'> if (typeof document.onselectstart!="undefined" ) { document.onselectstart=new Function ("return false" ); } else { document.onmousedown=new Function ("return false" ); document.onmouseup=new Function ("return true" ); } </script>

Script ini berfungsi untuk memblokir fungsi Crtl + A, dan Ctrl + C pada blog yang kamu buat sehingga orang lain tidak dapat mengkopi konten yang kamu buat dengan mudah.

Namun sayangnya script ini tidak bisa melindungi gambar yang ada pada postingan kamu, untuk itu kamu membutuhkan script lainnya.

Sekarang, ulangi langkah di atas dan gunakan kode berikut ini:

<code class="language-javascript"><script language=JavaScript>

var message="©Bisablog.com 2016"; //Ganti dengan pesan kamu sendiri

function clickIE4() {
 if (event.button==2) {
 alert (message);
 return false;
 }
}

function clickNS4(e) {
 if (document.layers||document.getElementById&&!document.all) {
 if (e.which==2||e.which==3) {
 alert(message);
 return false;
 }
 }
}

if (document.layers) {
 document.captureEvents(Event.MOUSEDOWN);
 document.onmousedown=clickNS4;
} else if (document.all&&!document.getElementById) {
 document.onmousedown=clickIE4;
}

document.oncontextmenu=new Function("alert(message);return false")

</script>

 

Keterangan: Script ini akan memunculkan popup yang akan memberikan pesan kepada pengunjung yang menggunakan klik kanan pada blog kamu. Kamu bisa mengubah pesan pada popup tersebut dengan mengubah baris ke-3 dari script tersebut.

Kalau kamu berhasil maka kamu bisa lihat bahwa konten blog kamu seolah-olah terkunci karena kamu hanya bisa membacanya tanpa bisa memilih ataupun mengkopi konten yang ada pada postingan blog kamu.

Penutup

Satu hal yang perlu kamu perhatikan, tidak ada cara yang 100% jitu untuk melindungi konten kamu dari pencurian. Selalu ada cara untuk bisa mendapatkan konten yang ada pada blog kamu.

Cara terbaik untuk melindungi konten blog adalah dengan menulis konten-konten berkualitas yang orisinil sehingga blog kamu dikenal sebagai sumber yang valid sehingga ketika ada orang lain yang mengkopi konten kamu maka mereka tahu kalau blog kamu adalah sumber yang lebih terpercaya.

Namun menghalangi pencuri konten dengan cara di atas juga patut kamu coba untuk berjaga-jaga.

Selamat mencoba!

Apakah kamu punya pengalaman tersendiri tentang pencurian konten? Jangan segan untuk membagikan pengalamanmu pada kolom komentar di bawah ini yah!

Posted in Blogger.

Tulis komentar kamu di sini...

2 Comments on "Cara Mencegah Copy Paste Konten Blogger"

Notify of
avatar
mondalle
Guest

Mantab, saya suka caranya mba Alifa memberikan penjelasan.
Salam,

wpDiscuz