Domain Name Generator – 8 Tools Online Gratis Untuk Mencari Nama Domain Unik

Salah satu langkah penting dalam membuat blog adalah memiliki nama domain yang akan menjadi representasi kamu di dunia maya. Memiliki nama domain yang unik dan mudah diingat tentunya menjadi dambaan setiap blogger. Namun mungkin kamu akan sedikit kesulitan karena nama domain yang kamu inginkan belum tentu tersedia. Berikut adalah 8 domain name generator yang bisa kamu gunakan untuk mencari nama domain unik.

Memilih nama domain adalah langkah tersulit dalam pembuatan blog bila dibandingkan dengan hal teknis lainnya (setidaknya menurut saya). Seperti halnya mencari nama username untuk forum atau alamat email, memilih nama yang dapat ‘mewakili’ kita bukanlah perkara yang mudah.

Beberapa ciri nama domain yang baik adalah singkat dan mudah diingat. Bila kamu memiliki niche tertentu, memiliki nama domain yang mengandung keyword juga bisa membantu user untuk mengenali blog kamu.

Tapi mengingat kenyataan bahwa ada begitu banyak blog saat ini, bukan tidak mungkin nama domain yang kamu idamkan ternyata sudah diambil orang lain. Dengan begitu akan lebih baik kalau kamu memiliki beberapa ide nama domain.

Nyari satu aja susah gimana suruh nyari banyak?

Di sinilah peran domain name generator yang bisa membantu kamu mencari nama domain unik sekaligus memeriksa ketersediaan nama domain tersebut dengan cepat dan mudah. Berikut adalah 8 domain name generator terbaik yang bisa kamu gunakan.

1. Domainr

Ini adalah domain name generator yang sering saya gunakan meskipun tampilannya sangat sederhana dan tidak memiliki banyak fitur maupun filter untuk pencarian nama domain.

Yang paling saya suka dari Domainr adalah kemampuannya untuk melihat ketersediaan nama domain dengan cepat. Selain itu tools ini juga menyediakan banyak alternatif berdasarkan input yang kamu masukkan.

Pada homepagenya hanya tersedia search box untuk memasukan nama domain yang kamu inginkan saja.

Sebagai contoh saya ingin memasukan input domainnamemarket.

mencari nama domain unik dengan domainr

Pada hasil pencarian, saya mendapati bahwa untuk TLD .com, .net, dan .org, nama domain tersebut ternyata sudah diambil orang lain. Karena itu Domainr menyediakan beberapa alternatif sesuai dengan nama yang masukkan.

Memiliki nama domain yang brandable dengan TLD .com mungkin akan cukup sulit, di sinilah Domainr memiliki cara unik dalam memberikan alternatif nama domain.

Seperti kamu lihat pada screenshot di atas, tools ini akan memenggal query yang saya masukan dan mencari TLD yang sesuai dengan kata yang telah dipenggal tersebut. Tidak hanya mencari TLD yang sesuai, Domainr juga akan mencari TLD lain dengan menggunakan sinonim kata tersebut. Itulah kenapa input domainnamemarket  yang saya masukan menapat alternatif unik seperti domainname.market atau domainname.store.

Dengan penelusuran pada hampir 2.000 TLD, bukan tidak mungkin kamu akan selalu menemukan nama domain unik untuk setiap keyword yang kamu masukan. Dan bila kamu ingin langsung membeli nama domain, Domainr juga menyediakan layanan pembelian melalui perusahaan registrar terakreditasi seperi Namecheap langsung dari situs mereka.

2. DomainHole

Kalau yang satu ini justru kebalikannya Domainr karena fitur yang ditawarkan termasuk sangat lengkap. Pada DomainHole, ada delapan fitur yang bisa kamu manfaatkan untuk mencari nama domain yang kamu inginkan, yaitu:

  • Expired search – Seperti namanya, fitur ini akan mambantu kamu mencari nama domain yang akan habis masa berlakunya. Hasil pencarian dapat diatur agar memiliki keyword dan TLD tertentu hingga kapan nama domain tersebut akan expired.
  • Name spinner – Dengan fitur ini, kamu cukup memasukan keyword dan DomainHole akan memasangkannya dengan kata lain sesuai dengan kombinasi yang kamu inginkan.
  • Instant check – Fitur untuk memeriksa ketersediaan nama domain, sayangnya hanya bisa digunakan untuk TLD .com dan .net saja.
  • Complete check – Versi lengkap dari Instant check yang bisa digunakan untuk memeriksa ketersediaan nama domain dalam berbagai macam TLD yang tersedia.
  • Name generator – Bila kamu tidak memiliki keyword tertentu dan hanya menginginkan nama yang unik, kamu bisa mencoba fitur yang akan memberikan kata acak 4-6 karakter ini.
  • Alerts – Ada nama domain yang sedang kamu incar? Dengan Alerts kamu dapat memonitor kapan domain tersebut didaftarkan, expired, diperbarui, atau ketika nama tersebut berpindah kepemilikan.
  • Bulk check – Gunakan fitur ini untuk memeriksa ketersediaan banyak nama domain sekaligus.
  • Brainstorm – Fitur ini akan menampilkan hasil pencarian yang merupakan kombinasi dari 7 fitur lainnya dalam satu laman.
Contoh penggunaan fitur expired search pada domainhole

Contoh penggunaan fitur expired search pada DomainHole

3. Panabee

Panabee adalah layanan online gratis yang tidak hanya dapat kamu gunakan untuk mencari nama domain tetapi juga nama aplikasi dan brand/merk.

Seperti tools lainnya, Panabee akan mengacak keyword yang kamu masukan dengan cara menambahkan suffix, prefix, singkatan, sinonim, gabungan kata, dll, sebagai alternatif penamanaan nama domain.

Namun salah satu kelebihan Panabee yang jarang ditemukan pada domain name generator lainnya adalah kemampuannya untuk mencari nama atau keyword pada jejaring sosial media. Panabee bisa mencari ketersediaan nama yang ingin kamu gunakan pada Facebook, Twitter, Instagram, dan Tumblr.

Mencari ketersediaan nama domain pada akun jejaring sosial via Panabee

Mencari ketersediaan nama akun sosmed yang sesuai dengan nama domain via Panabee

Selain itu, kamu juga bisa memeriksa apakah nama domain yang kamu inginkan sudah ada pada Google Play atau Apple Store atau belum.

4. Name Mesh

NameMesh adalah tools yang bisa memberikan kamu saran nama domain yang sangat lengkap. Uniknya, setiap penamaan dibagi-bagi berdasarkan 8 kategori yang ada, yaitu

  • Common – Memeriksa ketersediaan nama domain pada TLD populer seperti .com, .org, dan .net.
  • New – Memeriksa ketersediaan nama domain pada gTLD baru seperti .email, .link, .domains, dll.
  • Short – Membuat nama domain pendek dengan menggunakan TLD seperti de.icio.us atau foc.us.
  • Extra – Memeriksa nama domain pada beberapa TLD populer lainnya seperti .co, .it, .io, .me, .ly, dll.
  • Similar – Memberikan alternati nama domain dengan menggunakan sinonim kata yang kamu cari.
  • SEO – Menambahkan imbuhan awalan dan akhiran pada keyword utama yang telah kamu masukkan.
  • Fun – Menggunakan bermacam-macam teknik untuk membuat kata baru dengan cara menggabungkan kata, akrnim, tumpang tindih kata, kesalahan pengejaan, dsb.
  • Mix – Campuran dari beberapa teknik sebelumnya.

5. Lean Domain Search

LeanDomainSearch adalah nama situs yang muncul pada peringkat atas bila kamu mencari domain name generator.

Penggunaannya sendiri sangat sederhana karena kamu hanya perlu memasukan keyword dan tools ini akan memasangkannya dengan kata acak. Hasilnya bisa berupa ribuan nama domain yang sayangnya hanya berekstensi .com.

Bila kamu mengklik nama domain yang kamu suka, Lean Domain Search juga bisa melihat ketersediaan username Twitter dengan nama tersebut dan kamu bisa memasukannya ke daftar favorit bila sewaktu-waktu kamu ingin melihatnya lagi.

6. DomainsBot

DomainsBot adalah tools online yang dapat kamu gunakan untuk mencari ide nama domain dengan cepat. Cukup masukan keyword dan tools ini akan memberikan kamu beberapa saran.

Uniknya, hasil pencarian tidak hanya dilakukan pada keyword yang kamu masukan tetapi juga sinonim atau kata lain yng berasimilasi dengan keyword yang kamu masukkan. Namun hal ini hanya berlaku untuk kata dalam beberapa bahasa tertentu saja seperti Inggris, Perancis, Jerman, Spanyol, Itali, dan Belanda.

Untuk pencarian dalam Bahasa Indonesia, kamu bisa memasukan kata sinonim tersebut secara manual.

Pada kolom sebelah kiri, kamu juga bisa memfilter hasil pencarian berdasarkan TLD yang kamu inginkan.

7. FlameDomain

Tidak seperti domain name generator lainnya, FlameDomain bersifat freemium. Ini artinya kamu dapat menggunakannya secara cuma-cuma namun untuk beberapa fitur tertentu hanya bisa diakses bila kamu harus memiliki akun Pro terlebih dahulu.

Mungkin kamu bertanya-tanya, “apa kelebihan tools ini dibandingkan dengan tools lainnya?”

FlameDomain sendiri mengklaim kalau fitur Pro yang mereka tawarkan jauh lebih baik dibandingkan tools online lainnya seperti NameMesh, DomainHole, atau Panabee. Tabel perbandingan keempat layanan tersebut dapat kamu lihat di sini.

Cara penggunaannya cukup mudah, kamu hany perlu memilih Domain Type terlebih dahulu kemudian melakukan pengaturan yang diperlukan.

Misalnya saja pada contoh Domain Type Niches, Saya bisa memilih domain registrar (GoDaddy, Namecheap, dll) dan TLD yang saya inginkan. Selain itu saya bisa memilih Niche Type yang sesuai dengan niche yang akan saya ambil. Setelah itu saya hanya tinggal memilih salah satu nama yang disarankan FlameDomain atau mengulang kembali proses tersebut untuk mendapatkan nama baru.

Ada beberapa hal unik dari hasil pencarian FlameDomain, seperti:

  • Pengecekan ketersediaan nama domain pada tiga TLD populer .com, .net, dan .org.
  • Penyediaan logo untuk nama domain tersebut (pada versi gratis pilihannya terbatas).
  • Memeriksa apakan username dengan nama yang sama tersedia pada akun sosmed seperti Twitter, Facebook, dan Instagram.

8. Wordoid

Tidak seperti tools lainnya yang sudah saya sebutkan, Wordoid lebih mirip seperti random name generator karena layanan ini akan memberikan kamu kata acak yang mungkin tidak berhubungan dengan niche situs kamu.

Kelebihan dari layanan ini tetntunya adalah nama unik yang bisa dihasilkan meskipun mungkin nama-nama tersebut tidak memiliki arti tersendiri. Namun jangan salah, meskipun dihasilkan secara acak, nama-nama tersebut memiliki susunan huruf yang bisa dilafalkan secara alami.

Untuk membuat kata acak pada wordoid, kamu hanya perlu memilih akar bahasa yang kamu inginkan seperti Inggris, Spanyol, Perancis, Itali, dan Jerman. Kamu bahkan bisa mencampur beberapa bahasa sekaligus.

Wordoid juga memiliki fitur bila kamu ingin mencari nama domain yang diawali, diakhiri, ataupun mengandung huruf tertentu.

Terakhir, kamu bisa memilih jumlah huruf dalam kata acak Wordroid mulai dari lima hingga lima belas huruf.

Dan bila kamu menemukan kata yang cocok, Wordroid bekerja sama dengan GoDaddy agar kamu dapat dengan mudah langsung mendaftarkan nama tersebut.

cari nama domain unik dengan wordoid

Kesimpulan

Memiliki nama domain yang brandable adalah langkah penting yang tidak boleh disepelekan. Dengan domain name generator, ide nama domain bisa kamu dapatkan dengan mudah dan cepat. Siapa tahu kamu bisa mendapatkan nama domain unik selanjutnya.

Lalu apa yang harus kamu lakukan setelah mendapatkan nama domain?

Tentu saja mendaftarkannya dan jangan sampai orang lain mengambilnya duluan.

Pendaftaran nama domain bisa kamu lakukan melalui masing-masing domain name generator yang umumnya bekerja sama dengan registrar domain besar seperti GoDaddy atau NameCheap.

Bila kamu lebih memilih membelinya melalui registrar dalam negeri, saya menyarankan Niagahoster yang memiliki TLD lengkap dan harga yang bersaing, selain terakreditasi oleh ICANN pastinya.

So, tunggu apa lagi, daftarkan nama domain kamu segera!

Posted in Tutorial.

Tulis komentar kamu di sini...

Be the First to Comment!

Notify of
avatar
wpDiscuz