Cara Menjadwalkan Postingan Artikel pada WordPress

Apakah kamu ingin agar pos bisa muncul di hari dan jam yang kamu inginkan? Pada WordPress, menjadwalkan pos dapat dilakukan dengan cepat dan mudah. Pada artikel kali ini, kita akan melihat apa saja keuntungan yang bisa kamu dapat dengan menjadwalkan pos dan bagaimana cara melakukannya.

Sudah menjadi hal yang umum bagi para blogger untuk langsung menekan tombol Publish begitu artikel yang mereka buat selesai dikerjakan. Toh artikel sudah selesai dibuat, langkah selanjutnya ya pasti diterbitkan dan dishare sebanyak-banyaknya dong!

Langkah tersebut tidak salah kok! Tapi tahukan kamu kalau artikel yang sudah selesai dibuat bisa dijadwalkan agar tampil pada hari dan jam tertentu?

Bila dimanfaatkan dengan baik, menjadwalkan pos bisa mendatangkan beberapa manfaat. Dan dengan WordPress, hal ini dapat dilakukan dengan cepat dan mudah.

Apa Untungnya Menjadwalkan Pos pada WordPress?

Kecuali kamu memiliki website seperti situs berita di mana kecepatan informasi adalah segalanya, menjadwalkan pos bisa membawa beberapa keuntungan tersendiri, misalnya:

1. Membantu Blogger Mengatasi Masalah Konsistensi

Hampir semua blogger pasti pernah bergelut dengan masalah konsistensi dalam menulis, apalagi bila kita memang jarang menulis sebelumnya. Saya sendiri misalnya, ketika sedang on-fire saya bisa menulis cukup banyak artikel meski harus menulis di sela-sela kegiatan saya yang lain. Tapi ketika sedang deadlock, saya bisa kesulitan menulis sampai berhari-hari.

Dengan menjadwalkan pos, saya bisa memanfaatkan momen-momen tersebut dengan mengumpulkan sebanyak-banyaknya artikel ketika saya sedang on-fire dan tidak merilis semuanya dalam waktu yang berdekatan. Dengan begitu saya tidak akan kehabisan bahan publikasi ketika saya sedang mengalami kebuntuan dan tetap dapat merilis konten dengan konsisten.

2. Mengatur Pos Agar Muncul Saat Jam Sibuk

Trafik pada sebuah website layaknya trafik lalu lintas pada umumnya. Kadang di jam tertentu kendaraan bisa penuh sesak sementara di jam lainnya lalu lintas cukup lengang.

Artikel terbaru biasanya menjadi sesuatu yang ditunggu-tunggu oleh pembaca setia blog kamu. Karena itu banyak yang menyarankan agar pos terbaru dipublikasikan sebelum jam sibuk blog kamu.

Kepadatan trafik sebuah blog dapat dilihat bila kamu sudah memasang Google Analytics. Pada halaman mukanya, kamu dapat melihat trafik setiap hari setiap jamnya.

Data trafik sebuah blog yang bisa dilihat melalui Google Analytics
Data trafik sebuah blog yang dapat kamu lihat pada dasbor Google Analytics

Setelah mengetahui titik dengan trafik tertinggi, sebuah pos dapat kamu jadwalkan pada waktu tersebut (atau beberapa saat sebelumnya) agar lebih banyak pembaca yang melihat artikel yang kamu publikasikan.

3. Memberi Kamu Waktu Untuk Melakukan Kegiatan Lain

Setiap manusia hanya memiliki waktu sebanyak 24 jam dalam sehari. Selain ngeblog, kamu juga pasti memiliki kegiatan lain yang kamu lebih prioritaskan. Dengan menjadwalkan sebuah pos, kamu bisa mengatur agar blog bisa tetap mempublikasikan konten baru secara otomatis meski tanpa campur tangan pemiliknya.

Cara Menjadwalkan Pos pada WordPress

Setelah mengetahui manfaat dari penggunaan jadwal pada postingan, sekarang saatnya kita belajar cara melakukannya pada sebuah situs WordPress.

Untuk menjadwalkan pos pada WordPress, kita tidak perlu memasang plugin atau kode tambahan karena fitur ini sudah ada pada semua instalasi WordPress. Tidak hanya pada pos, fitur ini juga bisa digunakan pada sebuah laman, dan keduanya memiliki cara pemasangan yang sama.

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah membuat pos/laman baru dari dasbor WordPress dengan masuk ke menu Posts » Add New atau Pages » Add New. Setelah selesai membuat pos/laman baru, lihat pada meta box Publish pada sidebar sebelah kanan.

Klik Edit pada opsi Publish Immediately.

Menjadwalkan pos pada WordPress

Setelah itu, kamu bisa mengatur kapan pos tersebut akan dipublikasikan, mulai dari tanggal hinggal menit yang kamu inginkan. Klik OK untuk meyimpan perubahan.

Bila berhasil, tombol Publish berwarna biru kini akan berubah menjadi Schedule. Langkah terakhir yang harus kamu lakukan adalah menekan tombol Schedule tersebut untuk menjadwalkan pos.

Sebagai catatan, pos yang sudah kamu jadwalkan masih tetap bisa diubah, baik konten maupun tanggal publikasinya.

Troubleshooting: Kenapa saya tidak bisa menjadwalkan pos pada WordPress?

Membaca beberapa forum dan komentar blog yang membahas cara penjadwalan sebuah pos, ternyata masih ada beberapa blogger yang kesulitan dalam menggunakan fitur ini. Masalah yang muncul mulai dari tidak munculnya pos yang sudah dijadwalkan hingga waktu penerbitan yang tidak sesuai dengan pengaturan yang sudah dilakukan.

Bila hal tersebut juga terjadi pada kamu, mungkin beberapa tips berikut bisa membantu kamu mengatasinya.

  • Pastikan pengaturan Zona Waktu sudah benar. Hal ini dapat kamu lihat pada menu Settings » General. Untuk zona waktu Indonesia, pilih UTC+7.
  • Setelah mengatur waktu penjadwalan, jangan lupa untuk menekan tombol Schedule yang kini muncul menggantikan tombol Publish.
  • Bila kamu memiliki lebih dari 100 pos terjadwal, coba kurangi hingga jumlahnya kurang dari 100.

Kesimpulan

Menjadwalkan pos bisa menjadi senjata ampuh dalam menjaga konsistensi ngeblog karena pembaca tahu kapan mereka akan mendapatkan konten terbaru dari situs kamu. WordPress sendiri cukup peka dengan masalah ini dan memanjakan penggunanya dengan fitur bawaan yang sudah siap kamu gunakan. Penggunaannya yang cepat dan mudah dapat memastikan pos kamu dipublikasikan tepat hingga ke menit tertentu.

Apakah kamu juga menjadwalkan pos yang kamu publikasikan? Jangan segan untuk berbagi tips kamu sendiri di komentar di bawah ini yah!

Leave a Reply

Close Menu
0 Shares
Share
Tweet
+1
Stumble