Cara Menggunakan Font Awesome pada Aplikasi Desktop

Tidak hanya pada WordPress saja, Font Awesome juga dapat digunakan pada software PC seperti Microsoft Word, Power Point, Adobe Illustrator, Photoshop, dll. Pada artikel kali ini, kita akan bagaimana kamu bisa menggunakan ikon Font Awesome pada aplikasi desktop tersebut.

Aplikasi editor gambar adalah salah satu software yang cukup sering saya gunakan dalam kegiatan ngeblog, terutama untuk membuat ilustrasi gambar yang saya gunakan pada situs ini. Bila kamu melihat featured images yang ada pada bisablog, hampir semuanya merupakan kreasi yang mengandalkan aplikasi-aplikasi tersebut.

Pada proses pembuatannya, saya seringkali membutuhkan beberapa gambar yang sesuai dengan kebutuhan saya. Untuk memenuhinya, saya biasanya mencari gambar yang saya butuhkan pada situs-situs yang menyediakan gambar dan ikon gratis seperti Freepik, FlatIcon, atau TheNounProject. Namun untuk beberapa gambar sederhana, saya tidak perlu mencari kemana-mana karena hampir semua yang saya butuhkan ada pada Font Awesome.

Font Awesome adalah sebuah project yang diprakarsai Dave Gandy dan berawal dari Kickstarter. Project ini bertujuan menyediakan ribuan ikon berkualitas tinggi dari bermacam-macam kategori. Font Awesome sendiri memiliki free license sehingga kamu bisa menggunakannya pada proyek komersial, proyek open source, atau proyek lainnya.

Bila sebelumnya saya menulis artikel tentang cara menggunakan Font Awesome pada WordPress, kali ini saya akan memberitahu bagaimana cara menggunakannya pada aplikasi Desktop seperti Photoshop dan Adobe Illustrator.

Cara Menggunakan Ikon Font Awesome pada Aplikasi Desktop

Untuk mulai menggunakannya, download Font Awesome terlebih dahulu melalui link berikut. Pada saat artikel ini ditulis, Font Awesome sudah mencapai versi 5.0.6 dan ukurannya sendiri mencapai 20+ MB.

Setelah selesai mengunduh Font Awesome, kamu akan mendapatkan file dengan format ZIP. Bila kamu ekstrak file tersebut, akan ada beberapa folder yang bisa kita gunakan untuk menggunakan Font Awesome pada beberapa platform.

Untuk mulai menggunakan Font Awesome pada desktop, ada dua cara yang bisa kamu lakukan.

  • Menggunakan ikon Font Awesome dalam format SVG.
  • Menggunakan ikon Font Awesome sebagai font.

1. Menggunakan ikon Font Awesome dalam format SVG

SVG atau Scalable Vector Graphic adalah gambar vektor berbasis XML yang digunakan untuk menampilkan gambar dua dimensi. Beberapa kelebihan file gambar dengan format ini adalah kemampuannya untuk diperbesar atau diperkecil tanpa mengurangi kualitas gambarnya. Selain itu, gambar dalam format ini juga memiliki ukuran yang lebih kecil dibandingkan dengan gambar yang sama dengan format lainnya.

Karena kelebihan itulah, format SVG sangat cocok untuk menampilkan ikon-ikon Font Awesome.

Pada desktop PC, file dengan format SVG dapat dipakai pada aplikasi berbayar seperti CorelDraw, Adobe Illustrator, atau Microsoft Visio. Untuk aplikasi gratis, GIMP dan InkScape adalah pilihan paling populer untuk mengedit file SVG.

Ikon Font Awesome dengan ekstensi .SVG sudah disediakan dalam file instalasi yang sudah kamu unduh dan dapat kamu temukan pada folder advanced-option » raw-svg.

Setiap ikon Font Awesome tersimpan dalam file masing-masing sehingga kamu hanya perlu mengklik file yang akan kamu gunakan saja.

2. Menggunakan ikon Font Awesome sebagai font

Seperti font lainnya yang ada pada setiap instalasi default sebuah OS, ikon Font Awesome dapat juga diinstall layaknya font biasa. Dengan begitu, font Awesome dapat digunakan pada aplikasi lain yang juga menggunakan font seperti Microsoft Word atau Power Point.

Pada file ZIP yang sudah kamu ekstrak, masuk ke folder use-on-desktop dan install tiga font yang ada di dalamnya, yaitu:

  • Font Awesome 5 Brands-Regular-400.otf
  • Font Awesome 5 Free-Regular-400.otf
  • Font Awesome 5 Free-Solid-900.otf

Untuk memasangnya, cukup klik file tersebut lalu klik tombol Install.

Cara memasang font awesome pada Windows
Cara memasang font FontAwesome pada Windows

Untuk menggunakan ikon FontAwesome dengan cara ini, ada beberapa langkah yang bisa kamu gunakan:

  1. Salin ikon FontAwesome yang akan kamu gunakan secara manual dari Font Awesome Cheatsheet. Cukup block/highlight ikon lalu salin.
  2. Buka aplikasi desktop yang akan kamu gunakan dan paste ikon yang sudah kamu salin.
  3. Setelah selesai, kamu mungkin akan melihat sebuah simbol atau ikon lain yang tidak sesuai dengan ikon FontAwesome yang sudah kamu pilih.
  4. Untuk membuatnya berubah menjadi ikon yang kita inginkan, cukup ganti font yang kita inginkan dengan Font Awesome Brand / Regular / Solid.
  5. Setelah itu selesai, kamu sekarang bisa mengubah ukuran dan warna ikon FontAwesome layaknya font biasa.

 

Apakah kamu juga menggunakan Font Awesome pada komputer? Jangan segan untuk berbagi pengalaman kamu di komentar di bawah ini yah!

Leave a Reply

Close Menu
0 Shares
Share
Tweet
+1
Stumble