Cara Mengatasi Komen Spam Tanpa Plugin dengan Fitur Bawaan WordPress

Kolom komentar adalah fitur bawaan yang ada pada hampir semua website WordPress. Dengan fitur ini, kamu bisa berdisukusi dengan pengunjung seputar info yang kamu berikan. Namun sayangnya tempat ini seringkali menjadi sasaran spammer yang bisa merugikan situs kamu. Untuk kamu yang ingin mencegah komen spam, WordPress sudah dilengkapi fitur keamanan yang bisa menjadi solusi cepat dan mudah.

Siapa sih yang suka sama komen spam? Bagi kamu pemilik website WordPress, spam adalah realita yang mau tidak mau harus dihadapi. Selain mengganggu dan membuang-buang waktu serta tenaga, komen spam yang kamu biarkan juga bisa membawa kerugian seperti:

  • Penalti Google – Setiap website dengan link yang berkonotasi buruk (judi, porno, dan aktivitas ilegal lainnya) akan mendapatkan penilaian jelek dari Google, termasuk link yang ada pada komentar WordPress.
  • Membuat website WordPress tampak tidak terawat – Membiarkan komen spam akan membuat blog tampak kurang profesional karena terkesan dibiarkan dan tak terurus dengan baik.
  • Potensi kehilangan pembaca – Tujuan adanya komentar adalah untuk berdiskusi dengan pembaca blog kamu. Bila tempat untuk berdiskusi tersebut dikotori oleh komen spam akan sangat tidak nyaman bukan? Link spam yang bebas berkeliaran juga bisa membuat kredibilitas blog kamu turun di mata pembaca.

Untuk itulah penting untuk tidak menyepelekan komen spam.

Sebagai contoh, bisablog sendiri mendapatkan komentar spam pertama hanya satu minggu setelah diluncurkan, luar biasa bukan?

Secara statistik, sudah ada lebih dari 2,650 komen spam pada bisablog.com yang sudah berhasil dijaring oleh Akismet. Ini belum termasuk ratusan komen lain yang sudah sempat diblok ketika kami memutuskan untuk memblok beberapa alamat IP spammer beberapa bulan yang lalu. Ini memperlihatkan betapa gencarnya serangan komen spam.

Statistik dari Akismet bahkan memunculkan hal yang lebih mencengangkan. Data April 2015 saja menunjukan jumlah komen spam yang terjaring pada bulan itu mencapai 4,167,247,500 komen spam. Dan komen yang berhasil lolos penjaringan hanya 145,308,000. Itu artinya rata-rata hanya ada satu komentar asli berbanding 28 komen spam[1].

Lalu apa sih tujuan spammer mengirimkan komen spam?

Satu saja sebenarnya, untuk mengumpulkan link sebanyak-banyaknya agar reputasi website yang ada pada link tersebut bisa terdongkrak.

Mengatasi komen spam dengan fitur bawaan WordPress

Salah satu pertanyaan yang sering ditanyakan oleh blogger pemula adalah bagaimana cara mengatasi komen spam pada WordPress? Namun dari sekian banyak tutorial yang ada di internet, banyak sekali website yang menganjurkan penggunaan plugin saja. Beberapa bahkan mengarahkan kamu ke plugin berbayar yang harganya bisa cukup mahal (perhaps it’s a sponsored post, but who knows?)

Bukan berarti saya mengecilkan peran plugin karena plugin bisa menambahkan banyak fungsi dan fitur tambahan dengan mudah. Namun bila kamu hanya ingin mencegah komen spam, solusi tercepat, termudah, dan termurah sudah ada pada website WordPress kamu.

Semua fitur bawaan WordPress yang bisa kamu gunakan untuk mencegah komen spam dapat kamu temukan melalui menu Settings » Discussion. Pada artikel kali ini, kita akan melihat opsi apa saja yang bisa kamu terapkan untuk mencegah komen spam pada website WordPress.

1. Menonaktifkan fitur Pingbacks dan Trackbacks

Secara default, kedua fitur ini akan diaktifkan oleh WordPress. Dengan pingbacks dan trackbacks, sebuah blog akan diberi tahu bila ada blog lain yang terhubung dengan blog kamu. Bedanya, trackbacks harus dibuat secara manual dan akan ada sedikit potongan konten (excerpt) yang akan dikirim, sedangkan pingbacks akan dilakukan secara otomatis namun tanpa konten.

Untuk penjelasan yang lebih lengkap, kamu dapat membacanya di sini.

Namun sayangnya, fitur ini sering dimanfaatkan oleh spammer. Jadi bila kamu tidak menggunakannya, hapus centang pada opsi Allow link notifications from other blogs (pingbacks and trackbacks) on new articles.

2. Tutup komentar untuk semua pengunjung baru

Cara yang paling efektif untuk menangkal serangan komen spam adalah dengan menonaktifkan komentar. Bila kamu tidak membutuhkan komen, hapus centang pada opsi Allow people to post comments on new articles.

Namun ingat! Cara ini hanya akan menutup komentar pada pos-pos yang akan kamu publikasikan setelah kamu mengatur menu ini. Bila kamu sudah mempublikasikan pos sebelumnya, kamu harus mengubah opsi Allow Comments pada masing-masing-pos. Bila kamu tidak melihat opsi ini, aktifkan melalui Screen Options.

Bila kamu memiliki pos dengan jumlah yang sangat banyak, cara di atas mungkin akan sangat merepotkan. Sebagai alternatif, kamu bisa menghapus file wp-comment-post.php atau menghapus komen dari database menggunakan phpMyAdmin dengan kode berikut:

UPDATE wp_posts SET comment_status="closed";

CATATAN: Ubah kata WP pada wp_posts dengan prefix database kamu sendiri.

3. Mewajibkan kolom isian nama dan email sebelum menulis komentar

Ada beberapa blogger yang lebih memilih untuk membolehkan anonymous comments. Dengan cara ini mereka berharap agar orang-orang lebih tergiur untuk meninggalkan komentar mereka karena prosesnya sangat mudah. Namun sayangnya hal ini malah menjadi santapan empuk para spammer yang dapat dengan bebas meninggalkan komen spam mereka. Untuk itulah, fitur Comment author must fill out name and email secara default dicentang sehingga pengunjung harus memasukan nama dan alamat email sebelum bisa meninggalkan komentar.

Meskipun pengunjung hanya perlu mengisi dua kotak isian, cara ini cukup efektif untuk menghalangi spammer yang malas untuk mengisi keduanya. Pengunjung yang serius ingin berkomentar tentu tidak masalah bila harus mengisi data-data tersebut karena mereka memang memiliki sesuatu yang ingin disampaikan.

4. Memperbolehkan komentar hanya untuk user yang sudah terdaftar saja

Cara yang lebih ekstrim daripada cara di atas adalah dengan mengharuskan pengunjung untuk membuat akun dan login terlebih dahulu sebelum berkomentar. Bila kamu tidak seksama, cara ini bisa membuat pengunjung malas untuk meninggalkan komentar kecuali kamu memiliki sesuatu yang mereka butuhkan.

Meskipun cara ini bisa membatasi komen spam, bukan berarti situs kamu 100% aman. Selain harus jeli dalam menyaring user baru, troll adalah salah satu hal yang harus kamu waspadai selanjutnya.

5. Menutup komentar untuk pos yang berumur lebih dari XX hari

Ada beberapa poin penting yang menjadi perdebatan dalam menutup komentar. Di satu sisi kamu akan menghalangi pengunjung yang serius ingin berkomentar, namun menerima komentar terus-terusan juga bisa membawa kerugian. Selain membuat kamu repot (apalagi bila kamu sudah memposting banyak konten), tidak menutup komen dalam rentang waktu tertentu juga bisa membuat percakapan menjadi tidak relevan. Belum lagi bila konten dengan peringkat yang bagus akan mengundang banyak spammer licik yang coba memanfaatkannya.

Untuk menutup komen dalam rentang waktu tertentu, kamu bisa mengaktifkan opsi Automaticallly close comments on articles older than XX days dengan XX adalah lama waktu yang kamu tentukan.

6. Komentar harus disetujui terlebih dahulu

Cara ini mungkin akan merepotkan tapi saya bisa jamin kalau cara ini bisa 100% ampuh. Dengan memoderasi komen sebelum bisa ditampilkan, kamu bisa menyaring secara manual komen-komen apa saja yang sesuai dengan kriteria yang kamu inginkan. Tidak hanya menyaring komen spam, cara ini juga bisa menyaring komen berisi hate speech, kata-kata yang tidak pantas, dan komen-komen buruk lainnya.

Untuk melakukannya, aktifkan opsi Comment must be manually approved.

Namun sayangnya cara ini bisa menguras terlalu banyak energi, apalagi bila kamu memiliki trafik tinggi dengan puluhan atau bahkan ratusan komen setiap harinya. Untuk mempermudah penyaringan komen, kamu juga bisa memanfaatkan fitur Comment author must have a previously approved comment agar komen dari pengunjung yang sudah kamu verifikasi dapat langsung muncul tanpa harus dimoderasi terlebih dahulu.

Tapi hati-hati, pastikan kamu menmperbolehkan orang yang benar-benar peduli pada website kamu, bukan troll atau sekedar pengunjung yang memanfaatkan sistem moderasi kamu.

7. Mencegah komen yang memiliki laih dari satu link

Salah satu ciri komen spam adalah banyaknya link pada komentar tersebut. Tidak jarang bahkan komen spam hanya terdiri dari link spammer saja. Untuk mengatasi hal ini, kamu dapat membatasi komen yang memiliki lebih dari satu link.

9. Memanfaatkan fitur Comment Blacklist

Cara lainnya yang bisa kamu lakukan adalah dengan memasukan keyword tertentu untuk kamu masukan ke dalam blacklist. Misalnya saja ada banyak komen spam yang mengiklankan produk atau jasa yang tidak relevan dengan konten blog kamu, maka kamu bisa memasukannya ke dalam blacklist. Namun hati-hati karena fitur ini akan menyaring semua kata meskipun kata tersebut hanya berupa penggalan dari kata lainnya. Misalnya saja bila kamu memblok ‘press’ maka kamu juga akan memblok ‘WordPress’.

Semua keyword yang kamu masukan pada daftar hitam ini akan dicocokkan dengan nama, konten, URL, email, dan alamat IP.

Psst, bila kamu membutuhkan inspirasi apa saja yang harus kamu masukan dalam blacklist, ada daftar kata yang bisa kamu gunakan untuk menyaring komen spam di sini.

10. Mengaktifkan akismet (optional)

OK, sebelumnya memang saya bilang kalau kita akan mencegah spam dengan fitur bawaan WordPress. Namun karena plugin Akismet sudah ada dalam instalasi default WordPress, mungkin tidak ada salahnya kalau saya melakukan pengecualian untuk plugin yang satu ini.

Dengan Akismet kamu tidak perlu repot lagi karena plugin ini sudah memiliki database lengkap yang mampu mencegah spam dengan tingkat akurasi yang cukup tinggi.

Kamu sendiri hanya perlu melakukan satu kali pengaturan lalu lalu biarkan Akismet bekerja menyaring komen spam yang masuk. Untuk menggunakannya, kamu harus mengaktifkan Akismet terlebih dahulu.

plugin-akismet

Penutup

Mudah-mudahan tutorial di atas dapat membuat website Wordpres kamu lebih kebal terhadap komen spam.

Dengan plugin atau tanpa plugin? Bila kamu lebih nyaman menggunakan plugin khusus anti-spam tentu tidak masalah. Namun bila kamu hanya ingin mencegah komen spam, fitur bawaan WordPress sudah cukup mumpuni.

Sumber:
[1]: https://blog.akismet.com/2015/05/01/april-2015-stats-roundup/

Apakah kamu memiliki cara lain yang belum kami sebutkan? Jangan segan untuk berbagi di kolom komentar di bawah ini! No spam yah!

Posted in Wordpress.

Tulis komentar kamu di sini...

2 Comments on "Cara Mengatasi Komen Spam Tanpa Plugin dengan Fitur Bawaan WordPress"

Notify of
avatar
rizal
Guest

slmat pagi sob,,berarti klo kita mau blok komentar pengunjung yang menggunakan kata2 tertntu,,misalnya : bodoh,goblok dak tolol . bagaimana cara penulisannya di kolom comment blacklist sob, ??
apakah di pisah dengan spasi atau di enter dll ??

d tggu jawabannya sob.

wpDiscuz