Cara Membuat Cadangan Konten dan Template Blogger

Sebelum terjadi hal yang tidak kamu inginkan, backup harus dilakukan secara rutin. Buat backup Blogger dapat dengan mudah dilakukan, begitu pula dengan proses pemulihannya. Dan tidak hanya konten saja, kamu juga bisa membackup template Blogger yang kamu gunakan saat ini.

Backup akan sangat berguna bila kamu sering melakukan perubahan, terutama pada template Blogger. Dengan begitu kamu memiliki cadangan yang dapat kamu andalkan ketika ada kesalahan yang membuat blog Blogger kamu tidak dapat digunakan.

Membuat backup secara berkala juga penting untuk berjaga-jaga dalam menghadapi kemungkinan terburuk. Akan sangat disayangkan bukan kalau konten yang kamu buat dengan susah payah harus hilang dalam sekejap?

Untung saja, membuat backup template dan konten pada Blogger adalah pekerjaan yang sangat mudah sehingga tidak ada alasan untuk tidak melakukannya sekarang.

Berikut adalah langkah-langkah dalam mencadangkan template dan konten blog Blogger kamu.

Mencadangkan dan Memulihkan Template Blogger

Masuk ke dalam dashboard Blogger dan klik menu TEMPLATE. Untuk mencadangkan atau memulihkan tema, klik tombol CADANGKAN/PULIHKAN yang ada pada sudut kanan atas.

Membuat cadangan template Blogger
Membuat cadangan template Blogger

Setelah itu akan muncul popup yang akan memberimu pilihan untuk mencadangkan atau menguggah template. Untuk membuat backup template Blogger, tekan tombol UNDUH TEMPLATE. Setelah selesai, kamu akan mendapatkan file template dalam format XML.

Untuk memulihkan tema, kamu harus terlebih dahulu mengupload tema dengan menekan tombol CHOOSE FILE. Untuk mengembalikan tema yang kamu cadangkan sebelumnya, pilih file dengan format XML yang telah kita buat sebelumnya.

Setelah selesai, kamu bisa menekan tombol UNGGAH dan tema kamu akan kembali seperti semula.

Cara mencadangkan dan memulihkan template Blogger
Cara mencadangkan dan memulihkan template Blogger.

Mencadangkan dan Memulihkan Konten Blogger

Untuk mencadangkan konten Blogger, masuk ke menu SETELAN » LAINNYA melalui dashboard Blogger.

Pada pilihan IMPOR & CADANGAN kamu akan melihat tombol pilihan untuk mengimpor konten dan mencadangkannya.

Impor dan cadangkan konten Blogger
Fitur Impor dan Cadangan konten Blogger.

 

Kalau kamu menekan tombol CADANGKAN KONTEN di atas, maka akan muncul popup yang akan memberikan kamu pilihan untuk membuat backup konten berupa pos, laman, dan komentar yang kamu miliki pada blog Blogger.

Tekan tombol SIMPAN KE KOMPUTER untuk mulai mencadangkan konten blog. File yang akan kamu dapat adalah file dalam format XML yang biasanya memiliki nama berupa tanggal pencadangan. Hal ini akan sangat berguna untuk mengetahui kapan terakhir kali kamu mencadangkan konten yang kamu miliki.

Cara mencadangkan konten Blogger
Cara mencadangkan konten Blogger.

Untuk mengembalikan semua konten ke dalam blog kamu, kamu bisa menekan tombol IMPOR KONTEN.

Nanti akan muncul popup dengan captcha dan opsi untuk langsung mempublikasikan semua konten yang kamu pulihkan. Klik tombol IMPOR DARI KOMPUTER dan pilih file yang telah kamu cadangkan untuk mengembalikan semua konten blog.

Cara memulihkan (restore) konten Blogger
Cara memulihkan (restore) konten Blogger

Langkah mengimpor konten ini akan memulihkan semua konten yang kamu cadangkan, meskipun pada blog kamu sudah ada konten yang sama. Ini bisa menyebabkan munculnya konten duplikat pada blog kamu sehingga kamu harus memastikan blog kamu kosong terlebih dahulu sebelum mengimpor konten.

Penutup

Membuat backup sangatlah penting, tidak hanya pada Blogger tapi juga platform lainnya.

Backup sendiri menjadi jauh lebih penting bila kamu memakai platform blogging gratis seperti Blogger karena kamu tidak memiliki kontrol penuh terhadap blog yang kamu buat di sini. Jadi jangan sampai kamu menyesal bila sewaktu-waktu konten kamu hilang tak berjejak.

Tulis pertanyaan dan saran kamu pada kolom komentar di bawah ini. Kalau pos ini membantu, jangan segan untuk berbagi dengan yang lain yah!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *