Cara Buat Sticky Post pada WordPress

Sticky post adalah pos yang ‘menempel’ di halaman terdepan dan selalu tampil pertama meski ada konten baru yang muncul. Bila kamu ingin menonjolkan salah satu pos, fitur bawaan WordPress ini ternyata sangat mudah untuk digunakan.

Secara default, WordPress akan mengurutkan pos berdasarkan tanggal publikasinya. Ini artinya pos yang paling baru akan tampil pertama lalu urut hingga pos yang paling lama akan tampil sebagai pos terakhir.

Lalu apakah ada cara untuk membuat pos lama tampil di halaman pertama?

Pada WordPress, hal ini dapat dilakukan dengan mudah dengan fitur sticky post yang sudah ada secara default pada setiap instalasi WordPress. Fitur ini akan sangat berguna bila kamu ingin menampilkan pos-pos seperti berikut:

  • Pos terbaik. Setiap blog/website pasti memiliki pos terbaik berupa pos yang paling sering diakses, sering dibaca pengujung, atau paling banyak dibagikan. Kamu bisa meletakan pos terbaik ini di halaman terdepan untuk memberi kesan yang bagus kepada pengunjung baru.
  • Pos yang memiliki nilai konversi tinggi. Pos ini bisa berupa pos review, pos dengan link afiliasi, pos sponsor, dan pos lainnya yang mampu memberikan kamu $$$.
  • Pos berisi pengumuman penting. Pos ini bisa sekedar ucapan selamat atas perayaan tertentu, perubahan kebijakan, atau bisa juga jadwal maintenance website kamu.

Membuat Sticky Post pada WordPress

Sticky post adalah fitur bawaan yang sudah ada ketika kamu memasang WordPress. Jadi kamu tidak perlu lagi memasang plugin atau menambahkan kode untuk menggunakan fitur ini. Meski begitu, sticky post adalah fitur WordPress yang sering kali dilupakan dan tidak banyak diketahui penggunanya meski letak pengaturannya sangat mudah dijangkau.

Untuk membuat sebuah pos ‘melekat’ pada urutan pertama, cukup buka pos dan lihat widget Publish

Pada menu Visibility, klik tautan Edit lalu pilih opsi Stick this post to the front page kemudian simpan kembali pos tersebut.

Fitur WordPress untuk menambahkan Sticky Post

Cara lain yang bisa kamu gunakan adalah melalui fitur Quick Edit. Cukup masuk ke menu Post » All Post lalu pilih pos yang akan kamu jadikan sticky post. Setelah itu pada bagian bawah pos akan ada empat menu yang bisa kamu pilih, klik menu Quick Edit lalu centang opsi Make this post sticky.

Buat sticky post pada WordPress via menu Quick Edit

Trik Untuk Menggunakan Sticky Post pada WordPress

Selain menampilkan sebuah pos agar tampil terdepan, ada beberapa tips dan trik yang bisa kamu lakukan untuk menambah kemampuan sticky post pada WordPress. Hal ini dapat dilakukan dengan bantuan plugin tentunya.

  1. Plugin Expire Sticky Posts dapat membantu kamu mencopot sticky post dalam jangka waktu tertentu. Hal ini sangat berguna bila kamu memasang pos berisi pengumuman atau pemberitahuan mengenai promosi tertentu yang sifatnya sementara.
  2. Selain menempel sebuah pos, kamu juga dapat menempelkan satu kategori tertentu dalam sebuah sticky post dengan plugin Category Sticky Post. Selain kategori, kamu juga bisa membuat pos dengan tag tertentu menjadi sebuah sticky post dengan plugin Tag Sticky Post.
  3. Meski tidak berhubungan langsung dengan sticky post, ada satu plugin yang bisa kamu gunakan untuk mengatur urutan pos secara manual. Dengan plugin Using the Order Your Posts Manually, kamu dapat mengatur sendiri urutan pos kamu cukup dengan metode drag and drop.

Kesimpulan

Sticky post pada WordPress adalah cara yang unik untuk menampilkan sebuah pos yang secara normal akan terkubur jauh dalam tumpukan konten baru yang ada pada website kamu. Penggunaannya pun bisa beragam tergantung pos apa yang ingin kamu tonjolkan.

Bila digunakan dengan baik, sticky post bisa menjadi andalan kamu dalam meraih trafik maupun keuntungan tambahan.

Apakah website kamu juga menggunakan sticky post? Pos seperti apa yang kamu pasang di halaman terdepan? Jangan segan untuk meninggalkan komentar kamu di bawah ini yah!

Leave a Reply

Close Menu
0 Shares
Share
Tweet
+1
Stumble