Membuat Link Terbuka di Tab Baru Pada WordPress

Secara default, semua link yang kamu buat pada situs WordPress akan terbuka pada tab yang sama, meski begitu, kamu bisa saja mengaturnya agar link dapat dibuka di tab yang berbeda. Pada artikel kali ini, kita akan melihat beberapa cara untuk membuat link terbuka pada tab baru.

Link adalah salah satu elemen penting dalam sebuah blog karena dengan link inilah kamu dapat menautkan informasi lainnya yang relevan dengan konten sebuah pos. Cukup dengan mengklik sebuah link, pembaca akan langsung diarahkan ke tempat lain yang sudah ditentukan oleh pembuatnya.

Selain memberi informasi tambahan kepada pembaca, link juga sangat berguna dalam hal SEO, baik link yang mengarah ke pos/laman lain di situs kamu (link internal) atau link yang mengarah ke pos/laman pada domain lainnya (link eksternal).

Sebagai jembatan antara dua lokasi yang berbeda, link dapat terbuka baik di tab yang sama maupun di tab yang berbeda pada sebuah browser.

Buka di Tab Baru vs Buka di Tab yang Sama

Mungkin ada yang bertanya, “apa sih bedanya?”, “apakah semua link harusnya di buka di tab yang baru?”

Ada beberapa poin yang banyak menjadi pertimbangan kenapa sebuah link akan lebih baik bila dibuka di tab baru alih-alih di tab yang sama.

Poin pertama yang menjadi pertimbangan adalah nilai dwell time yang menunjukan seberapa lama seseorang berada pada satu laman sebelum pindah ke laman selanjutnya. Semakin lama seseorang berada pada satu pos tertentu semakin lama pula dwell time, dan hal ini sangat bagus untuk SEO. Bila link yang kamu gunakan terbuka di tab yang sama, waktu dwell time tentu akan secara otomatis terpangkas bukan?

Ini sebabnya link yang mengarah ke situs lain (external link) akan lebih baik bila dibuka di tab yang berbeda. Selain menambah waktu dwell time, hal ini juga memudahkan pembaca untuk melihat kembali situs kamu dan meneruskan bacaan mereka.

Poin kedua yang patut diperhatikan adalah bounce rate yang merupakan persentase pengunjung yang menyudahi sesi browsing pada situs kamu setelah hanya melihat satu pos/laman saja. Semakin besar nilai bounce rate semakin buruk pula nilai SEO kamu. Salah satu cara untuk mengurangi nilai bounce rate adalah dengan membuka link, terutama link internal, pada tab yang sama.

Inilah yang menjadi alasan kenapa link yang mengarah ke pos lain pada situs kamu (internal link) akan lebih baik bila dibuka di tab yang sama.

Selain dua poin tersebut, ada beberapa pertimbangan lain seperti kemudahan akses bagi pengguna smartphone yang mungkin akan kesulitan mengakses banyak tab pada mobile browser. Meski begitu, dua poin di atas dapat kamu gunakan sebagai langkah awal untuk menentukan link mana yang sebaiknya kamu buka pada tab baru.

Cara buat link terbuka di tab baru

Untuk membuat hyperlink pada pos WordPress, cukup letakan kursor pada letak link yang akan kamu gunakan, atau blok kata / kalimat yang ingin kamu jadikan anchor text. Kemudian kamu bisa menekan tombol insert/edit link atau menekan shortcut Ctrl + K.

Cara membuat link pada pos WordPress

Setelah itu akan muncul kotak isian yang meminta kamu memasukan URL link yang akan dibuat. Masukan URL link lalu pilih opsi Link option berbentuk ikon gerigi. Kemudian centang opsi Open link in a new tab lalu tekan tombol Add Link setelah kamu selesai.

Buka link pada tab / window baru dengan mencentang opsi Open Link in a New Tab

Bila kamu melihat link melalui editor dalam mode teks, kamu bisa melihat bahwa link tersebut memiliki format penulisan yang sedikit berbeda dibanding link yang terbuka pada tab yang sama. Bila biasanya link tertulis seperti ini,

<a href="http://namadomain.com">Anchor Link</a>

Maka kode HTML pada link yang terbuka pada tab baru akan terlihat seperti berikut,

<a href="http://namadomain.com" target="_blank">Anchor Text</a>

Jadi bila kamu ingin melakukan langkah di atas secara manual, cukup tambahkan target="_blank" seperti contoh di atas. Jangan lupa untuk mengganti editor pos menjadi mode Text.

Buat link pada menu terbuka di tab baru

Sama seperti pada pos / laman WordPress, link yang ada pada menu utama situs kamu juga secara default akan terbuka pada tab yang sama. Namun kamu bisa mengubahnya agar terbuka di tab baru dengan beberapa langkah mudah.

Untuk melakukannya, masuk ke menu Tampilan » Menu. Kemudian lihat pada bagian atas dan cari menu tab Screen Option lalu pilih opsi Link Target.

Pilih opsi link target pada screen option untuk memunculkan fitur open link in a new tab pada link menu

Setelah mencentang opsi tersebut, kamu bisa lihat akan muncul opsi Open link in a new tab pada setiap kotak isian menu yang kamu buat. Centang opsi ini untuk membuat link pada menu utama terbuka pada tab baru.

Buat semua tautan eksternal terbuka di tab baru

Bila kamu ingin agar semua link eksternal yang ada pada situs kamu terbuka secara otomatis pada tab baru, ada cara mudah agar kamu tidak perlu melakukannya secara manual.

Salah satu plugin yang cukup populer untuk fungsi yang satu ini adalah plugin Open external links in a new window buatan Kristian Risager Larsen. Plugin ini memanfaatkan fungsi Javascript window.open() sehingga semua link dapat dibuka di tab baru.

Untuk menggunakannya, cukup pasang dan aktifkan plugin Open external links in a new window. Setelah itu semua link eksternal akan secara otomatis terbuka pada tab baru. Bila kamu ingin melakukan pengecualian, masuk ke menu Setting » External Link dan masukan link yang tidak ingin kamu buka pada tab baru pada kotak isian Ignore links.

Menu pengaturan plugin open external links in new window

Namun sayangnya kamu harus menggunakan RegEx bila ingin menggunakan opsi ini yang mungkin akan cukup menyulitkan.

Leave a Reply

Close Menu
0 Shares
Share
Tweet
+1
Stumble