Cara Mudah Membuat Blog Gratis di Blogger dalam Satu Menit

Yup! Kamu tidak salah dengar. Bila WordPress terkenal dengan instalasi 5 menitnya, maka untuk membuat blog Blogger kamu hanya butuh 1 menit saja. Syaratnya, kamu sudah memiliki akun Google terlebih dahulu. Untuk kamu yang tertarik untuk membuat blog gratis di Blogger, simak terus sampai selesai yah!

Untuk kamu yang belum mengetahui apa itu Blogger? jangan sampai rancu dengan istilah blogger yang merujuk pada orang yang melakukan kegiatan blogging. Blogger di sini adalah platform blogging gratis yang disediakan oleh Google.

Blogger mungkin lebih kamu kenal dengan nama Blogspot karena bila kamu membuat blog gratis pada platform ini, kamu akan mendapatkan nama domain yang memiliki ekstensi .blogspot.com.

Cara untuk membuat blog gratis di Blogger pun caranya cukup cepat karena prosesnya instan dan tidak bertele-tele. Hanya dalam beberapa langkah, kamu sudah bisa memiliki satu blog di Blogger.

Cara membuat blog gratis di Blogger.com

1. Masuk ke situs blogger.com dan klik tautan Buat Blog untuk mulai membuat blog gratis di Blogger (blogspot).

Buat blog gratis di Blogger (blogspot)

2. Setelah itu login dengan akun Google kamu. Bila kamu belum memilikinya, kamu akan diminta untuk membuatnya terlebih dahulu.

3. Setelah kamu berhasil login, akan ada popup untuk membuat blog baru di Blogger. Isi kotak isian yang tersedia. Dan satu hal yang harus kamu tahu, kamu bisa mengubah semua data ini nanti ketika blog selesai dibuat.

  • Judul – Buat judul blog yang singkat dan bisa dengan jelas mendeskripsikan blog kamu.
  • Alamat – Pilih nama yang akan menjadi nama domain kamu. Blogger akan secara otomatis mencari nama blog yang kamu masukan. Bila sudah ada yang menggunakannya, maka kamu harus menggunakan nama lainnya.

buat blog baru di blogger
4. Setelah itu, pilih tema Blogger yang kamu inginkan. Untuk tema, pilihan pada Blogger mungkin tidak semenarik bila kamu membuat blog gratis pada wordress.com. Namun baru-baru ini Blogger menambahkan 4 tema yang cukup menarik dibandingkan tema-tema Blogger sebelumnya. Keempat tema tersebut antara lain Soho, Emporio, Contempo, dan Notable (Terkemuka).

5. Setelah selesai, klik tombol Buat blog!.

6. Jadi deh blog pertama kamu di Blogger, cepat bukan!

Apa yang harus kamu lakukan setelah membuat blog Blogger?

Oke, blog Blogger sudah selesai dibuat, lalu saya harus apa yah?

Kalau kamu mau, kamu bisa kok’ langsung membuat pos atau laman. Namun ada baiknya kamu melakukan hal-hal berikut sebelum kamu mempublikasikan pos pertama kamu di blog Blogger.

Memberikan Deskripsi blog Blogger

Untuk menambahkan deskripsi blog Blogger, masuk ke menu Setelan » Dasar. Di sini kamu bisa menambahkan deskripsi lengkap mengenai apa saja yang berhubungan dengan blog Blogger yang kamu buat dalam 500 karakter (bukan kata yah!).

Untuk mempermudah kamu membuat deskripsi blog, anggap saja hal tersebut sebagai perpanjangan judul blog.

Deskripsi blog sendiri akan muncul di bawah Judul Blog, jadi kalau kamu ingin menuliskan deskripsi yang panjang, pastikan tulisan tersebut tampil bagus pada blog kamu.

Contoh penggunaan judul blog dan deskripsi blog pada blog Blogger

Menggunakan HTTPS

Menggunakan HTPS adalah cara yang bisa kamu lakukan untuk mengamankan blog Blogger. Selain itu, penggunaan HTTPS menjadi salah satu faktor yang menentukan ranking blog kamu.

Google sendiri berencana untuk membuat penggunaan HTTPS sebagai standar nantinya. Jadi untuk kamu yang baru membuat blog Blogger, menggunakan HTTPS sedari awal akan membawa banyak keuntungan.

Untuk mengaktifkan penggunaan HTTPS pada Blogger, masuk ke menu Setelan » Dasar dan aktifkan HTTPS.

mengaktifkan-pilihan-https-pada-blogger

Mengatur komentar yang masuk

Memiliki area komentar yang aktif tentu menjadi dambaan setiap blogger. Namun di balik itu, kamu juga harus pintar-pintar menyaring komentar yang masuk karena banyak sekali orang yang memanfaatkan area ini untuk melakukan hal-hal yang bisa merugikan blog yang kamu buat.

Untuk melakukan pengaturan, masuk ke menu Setelan » Pos, Komentar, dan Berbagi.

Di sini kamu bisa menyaring komentar yang masuk ke blog Blogger dengan cara mengatur siapa saja yang bisa berkomentar dan kalau perlu memoderasi semua komentar yang masuk sebelum komentar ditampilkan.

Mengatur bahasa dan waktu

Untuk kamu yang lebih nyaman menggunakan Bahasa Indonesia, kamu mungkin perlu untuk mengubah tampilan bahasa pada menu Setelan » Bahasa dan Pemformatan.

Pada menu ini, kamu juga dapat mengatur Zona Waktu sesuai dengan waktu Indonesia (GMT+07:00) dan susunan tanggalnya.

Mengaktifkan Tag Meta

Pada blog Blogger, tidak banyak hal yang bisa kamu lakukan untuk menambah nilai SEO pada blog kamu. Salah satu cara yang bisa kamu lakukan adalah dengan mengaktifkan tag meta pada blog Blogger.

Dengan tag meta, kamu bisa memberikan deskripsi khusus pada blog kamu. Berbeda dengan deskripsi yang kamu masukan sebelumnya, deskripsi dengan panjang maksimum 150 karakter ini adalah deskripsi blog yang akan muncul ketika kamu mencari blog Blogger yang kamu buat pada mesin pencarian.

Menggunakan tag meta pada blog Blogger untuk menampilkan deskripsi blog pada hasil pencarian Google

Selain itu, dengan mengaktifkan tag meta, kamu juga bisa memberikan deskripsi khusus pada masing-masing pos yang kamu buat agar pos yang muncul pada hasil pencarian Google bisa tampil dengan baik dan mencerminkan isi pos dibandingkan menggunakan ringkasan default yang biasanya berupa potongan paragraf pertama pos tersebut.

Untuk mengaktifkan tag meta, masuk ke menu Setelan » Preferensi Penelusuran.

Pastikan kamu sudah mengaktifkan deskripsi penelusuran. Setelah itu, masukan deskripsi blog kamu kemudian tekan tombol Simpan Perubahan setelah selesai.

Mengaktifkan tag meta pada blog Blogger

Mengintegrasikan Google Analytics

Mengintegrasikan Google Analytics pada Blogger sangatlah mudah, kamu hanya perlu menyalin kode Google Analytics ke dalam kotak isian ID Properti Web Analytics yang terdapat pada menu Setelan » Lainnya.

Untuk mendapatkan kode Google Analytics, kamu hanya perlu mendaftar menggunakan akun Google.

Dengan adanya Google Analytics, kamu bisa memonitor situs kamu dan mengetahui banyak metrik seperti jumlah pengunjung harian, dari mana mereka berasal, sampai nilai-nilai penting seperti bounce rate.

Membuat pos dan laman

Setelah kamu melakukan perubahan yang kamu rasa perlu, sekarang saatnya mengisi blog Blogger yang kamu buat dengan pos dan laman.

Sebelum membuat pos dan laman, mungkin ada beberapa di antara kamu yang masih bingung dengan penggunaan keduanya. Lagipula sekilas tidak ada bedanya di editor Blogger bukan?

Sebagai penjelasan singkat, pos adalah tempat kamu menulis semua artikel blog sedangkan laman lebih banyak digunakan untuk membuat halaman statis seperti laman kontak misalnya.

Setelan entri pos Blogger memiliki opsi yang lebih banyak dibandingkan setelan laman BloggerUntuk mengetahui perbedaan lain antara pos dan laman, cara yang paling mudah adalah dengan melihat sidebar pada masing-masing editor.

Pada laman, kamu hanya memiliki opsi Deskripsi Penelusuran (bila kamu mengaktifkannya) dan Pilihan. Sedangkan pada pos, kamu memiliki tambahan menu seperti Label, Jadwal, Tautan Permanen, dan Lokasi.

Salah satu hal yang membedakan pos dan laman adalah adanya Label pada pos yang bisa kamu gunakan untuk mengkategorikan pos-pos yang kamu buat. Dengan adanya label, kamu akan dapat dengan mudah mencari pos yang memiliki tema konten yang sejenis. Selain itu Pos juga memiliki catatan waktu di mana pos terbaru biasanya akan muncul pada urutan teratas pada blog kamu.

Membuat pos dan laman pada Blogger caranya sangat mudah karena pada editor Blogger terdapat berbagai macam tools yang sudah siap kamu gunakan.

toolbar editor blogger

Dengan menggunakan editor Blogger kamu bisa melakukan hal sebagai berikut:

  • Memilih dan mengatur ukuran font.
  • Mengatur heading, sub-heading, minor heading, atau paragraf biasa.
  • Menggunakan dekorasi teks seperti Bold, Italics, Underlined, dan Strikethough serta mengganti warna teks.
  • Memasukan link.
  • Memasukan gambar, video, maupun karakter khusus.
  • Membuat daftar, dll.

Setelah selesai membuat pos atau laman, kamu bisa menyimpannya sebagai draft atau mempublikasikannya langsung.

Penutup

Membuat blog gratis di Blogger adalah salah satu solusi untuk kamu yang ingin memiliki blog dengan mudah dan tanpa harus banyak mengeluarkan modal.

Tidak hanya itu, kamu bahkan bisa membuat hingga 100 buah blog untuk setiap akun Google yang kamu miliki yang tentunya juga bisa kamu dapatkan dengan gratis.

Bila kamu sudah selesai membuat blog Blogger, jangan lupa juga untuk membagikan pos kamu melalui sosial media untuk mendatangkan trafik. Dan yang tidak kalah penting, kenapa tidak memonetasi blog agar kamu mendapatkan keuntungan?

Mudah-mudahan pos ini bisa membantu kamu yang ingin membuat blog gratis di Blogger. Bila ada pertanyaan dan saran, jangan segan untuk bertanya pada kolom komentar di bawah ini yah!

Posted in Blogger.

Tulis komentar kamu di sini...

1 Comment on "Cara Mudah Membuat Blog Gratis di Blogger dalam Satu Menit"

Notify of
avatar
Rikun
Guest

Wah,, Artikel bagus sekali.

wpDiscuz