Apa Itu Blogger (Blogspot) dan Kenapa Kamu Harus Menggunakannya

Blogger atau Blogspot adalah salah satu platform blogging yang banyak digunakan selain WordPress. Selain karena pembuatannya yang cepat dan pengoperasiannya yang mudah, fakta bahwa blogger dimiliki oleh raksasa Google banyak menarik minat blogger pemula yang ingin mencoba-coba membuat blog secara gratis.

Tapi tahukan kamu bahwa Blogger bukanlah produk asli dari Google?

Blogger adalah produk milik Pyra Labs yang diluncurkan pada 23 Agustus 1999. Google kemudian mengakuisisi Pyra Labs pada Februari 2003 dan membuatnya menjadi salah satu produk andalan mereka.

Sejak dibeli, banyak perubahan yang dilakukan oleh Google. Mulai dari pengakuisisan dan pengintegrasian Picasa di tahun 2004 sehingga Blogger memiliki fitur berbagi foto, pemindahan data ke server Google, hingga standarisasi gadget/widget dan template yang membuat Blogger menjadi platform blogging tangguh seperti yang kita kenal sekarang.

Untuk kamu yang baru mencoba blogging, tidak ada salahnya untuk mempertimbangkan platform yang satu ini, apalagi kalau kamu ingin memonetasi blog yang kamu buat tanpa harus keluar modal terlebih dahulu.

Kalau kamu yang masih ragu memilih Blogger untuk blog pertama kamu, mungkin kamu bisa melihat poin-poin ini untuk melihat apa saja yang Blogger bisa tawarkan.

Gratis

Ini mungkin salah satu alasan utama masih banyak orang memilih Blogger.

Dengan Blogger, kamu tidak perlu mengeluarkan uang sepeser pun kecuali untuk membeli kuota internet.

Semua fitur yang ada pada Blogger diberikan secara cuma-cuma oleh Google. Kamu bahkan bisa membuat 100 blog untuk setiap akun Google yang kamu punya.

Mudah dan praktis

Membuat blog di Blogger sangatlah mudah. Kamu hanya perlu masuk ke Blogger.com dan login dengan akun Google yang kamu punya.

Cukup masukan judul dan alamat blog yang kamu inginkan, voila, kamu sudah bisa memiliki blog sendiri dengan ekstensi .blogspot.com.

Kamu juga bisa menambahkan fungsi lain pada blogger dengan menggunakan gadget yang dapat dengan mudah kamu pasangkan pada blog kamu.

Untuk kamu yang tidak ingin repot melakukan perawatan blog dan ingin sebuah platform di mana kamu hanya perlu menulis konten, Blogger bisa menjadi pilihan yang baik untuk kamu.

Terintegrasi dengan Google

Seperti yang saya sebutkan di atas, syarat membuat blog di Blogger adalah memiliki akun Google yang saya yakin kamu sudah punya.

Kalau kamu belum punya mungkin kamu perlu membuatnya sekarang. Dengan memiliki akun Google, kamu akan dapat dengan mudah mengintegrasikan semua layanan Google dalam satu akun.

google-adsense-analytics-adword

Layanan Google dalam bidang blogging tidak hanya sebatas platform Blogger saja. Ada layanan lain seperti Adwords, AdSense, hingga Google Analytic yang akan membantu kamu dalam mengembangkan blog yang kamu buat di Blogger.

Dibackup oleh Google

Sejak mengakuisisi Blogger, baru pada tahun 2007 Google berhasil memindahkan Blogger secara menyeluruh ke server mereka sendiri. Jadi kalau kamu membuat blog di Blogger sekarang boleh dibilang kamu menggunakan jasa layanan hosting dari Google itu sendiri.

Dan dengan menggunakan server Google artinya kamu memiliki bekingan server handal yang dapat menampung trafik yang tinggi dan memiliki kemungkinan yang sangat kecil untuk crash.

Jaminan keamanan

Tentu tidak ada garansi pasti untuk masalah keamanan, karena ancaman terhadap blog/website bisa datang dari mana saja.

Tapi dengan memiliki blog yang berada di bawah server Google, kamu bisa lebih yakin akan tingkat keamanan yang bisa diberikan kepada blog kamu. Mungkin bisa saya bilang akan sangat mustahil untuk membobol akun Blogger yang kamu buat.

Bisa menggunakan domain kustom

Mungkin nanti ada saatnya blog yang kamu buat sudah memiliki pengunjung yang banyak dan trafik yang baik. Tentunya kamu ingin memiliki nama domain sendiri dan menghilangkan embel-embel .blogspot.com. agar blog kamu terlihat lebih bonafide.

Untuk mendapatkan nama domain kamu sendiri, kamu bisa mendaftarkannya pada situs yang khusus melayani pembelian nama domain seperti NameCheap atau pada penyedia layanan hosting seperti Niagahoster.

Dengan menggunakan Blogger,  kamu dapat dengan mudah menggunakan nama domain kamu sendiri tanpa harus mengupgrade akun kamu terlebih dahulu.

Enggak kayak platform blogging yang satu lagi tuh!

Monetasi blog

Untuk kamu yang ingin membuat blog untuk mendapatkan keuntungan, alias bisa dimonetisasi, Blogger bisa menjadi pilihan untuk kamu yang memiliki keterbatasan modal.

Kalau perlu, kamu bisa memaksimalkan blog yang kamu buat di Blogger untuk mendapatkan passive income yang kamu inginkan sejak hari pertama.

Dengan Blogger, kamu bebas menggunakan link afiliasi atupun menggunakan PPC tanpa harus menunggu trafik blog kamu tinggi, dsb. Sesuatu yang tidak bisa kamu lakukan dengan layanan blogging gratis dari wordpress.com.

Kesimpulan

Dengan segala kelebihannya, tentu saja Blogger juga memiliki banyak kelemahan. Tapi sebagai sebuah platform blogging, Blogger memberikan kamu banyak manfaat secara gratis.

Jadi siapa saja yang perlu menggunakannya?

Saya merekomendasikannya untuk siapapun yang ingin mencoba blogging untuk pertama kalinya namun ingin memiliki opsi untuk mendapatkan keuntungan dari blog tanpa perlu mengeluarkan modal.

Jadi, apakah kamu sudah pernah mencoba platform blogging dari Google ini? Tulis kesan yang kamu miliki dengan Blogger di kolom komentar di bawah ini yah.

Posted in Blogger.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *