Cara Mengaktifkan Akismet Pada WordPress Untuk Menangkal Spam

Secara default, plugin Akismet akan terpasang setiap kali kamu memasang WordPress. Dengan plugin ini, kamu bisa terlindung dari komen spam yang bisa merugikan website kamu. Namun sayang masih banyak blogger yang memiliki kendala untuk menggunakannya. Pada tutorial kali ini, saya akan menunjukan cara mendapatkan API Key untuk mengaktifkan Akismet pada website WordPress.

Dari pengalaman saya, spam akan selalu muncul bahkan di minggu yang sama saya meluncurkan website. Kecepatan komen spam dalam menemukan situs-situs yang baru bermunculan kadang membuat saya kagum.

Namun begitu, perkara spam bukanlah hal sepele. Untungnya pada WordPress ada Akismet.

Apa itu Akismet?

Akismet adalah plugin milik Automattic yang akan menyaring komen dan melacak spam. Melihat performanya, tidak kurang dari 7,5 juta komen spam yang berhasil dijaring setiap jamnya. Luar biasa banyak bukan?

Meskipun dibuat oleh pembuat WordPress, plugin ini juga dapat digunakan pada platform lainnya seperti Drupal, phpBB3, atau Joomla. Untuk keterangan lebih lanjut, kamu bisa main-main ke Laman Pengembangan Akismet.

Plugin anti-spam ini akan secara otomatis terpasang pada setiap instalasi WordPress. Pada wordpress.com kamu dapat menemukan Akismet pada menu pengaturan plugin Jetpack.

Bila karena satu hal kamu tidak dapat menemukan plugin ini, masuk ke menu Plugin » Tambah Baru dan cari plugin Akismet melalui search box dan install.

plugin-akismet

Setelah selesai terpasang, Akismet harus diaktifkan terlebih dahulu agar dapat digunakan. Hal inilah yang biasanya menjadi kendala bagi blogger pemula.

Untuk mengaktifkannya, kita membutuhkan API Key yang kita bisa dapat melalui situs resmi Akismet. Kali ini saya akan mejelaskan langkah-langkahnya.

Cara mengaktifkan Akismet

Langkah #1: Masuk ke homepage Akismet

Untuk mendapatkan API Key yang kita butuhkan, masuk ke homepage Akismet dan klik Say Goodbye to Comment Spam.

homepage akismet

Langkah #2: Pilih paket layanan Akismet

Ada empat pilihan paket layanan yang bisa dipilih mulai dari Basic, Plus, Premium, hingga Enterprise dengan harga yang berbeda-beda.

Untuk keperluan website pribadi, kamu bisa menggunakan paket Basic secara gratis. Namun bila kamu memiliki situs E-commerce, Bisnis, atau Perusahaan, maka kamu harus memilih salah satu paket berbayar atau penggunaan Akismet akan secara otomatis diblokir.

pilihan paket layanan akismet

Penggunaan paket Basic hanya diperuntukan untuk website pribadi saja

Langkah 3#: Login dengan akun wordpress.com atau buat akun baru

Selanjutnya kamu akan diminta untuk login dengan akun wordpress.com. Bila kamu belum memilikinya, cukup isi data-data seperti Email, Username, dan Password untuk membuat akun baru. Setelah selesai, klik tombol Sign Up →.

login dengan akun wordpress.com atau daftar akun baru

Langkah #4: Bayar dengan $0 dan masukan nama

Secara default akismet akan diset pada harga $36 per tahun dan kamu harus memasukan data kartu kredit serta alamat. Untuk mengubahnya, geser slider pada sebelah kanan dan ubah nominal pembayaran menjadi $0 untuk menikmati paket Basic secara cuma-cuma. Setelah itu akan muncul kotak isian nama, masukan nama lalu klik tombol Continue.

Geser slider harga menjadi $0/year dan masukan nama

Langkah #5: Salin API Key

Selamat, selesai sudah semua prosesnya. Sampai sini kamu akan mendapatkan API Key berupa deretan angka dan huruf. Salin API Key tersebut.

Dapat api key akismet

Langkah #6: Aktifkan Akismet dan masukan API Key

Kini saatnya mengaktifkan Akismet. Masuk ke menu Plugins » Installed Plugins dan klik link Activate.

aktifkan plugin akismet via dasbor wordpress

Setelah itu, masuk ke menu Settings » Akismet dan masukan API Key yang sudah kita dapat pada kotak isian API key.

CATATAN: Bila kamu memiliki beberapa situs pribadi yang juga ingin kamu lindungi dengan Akismet, kamu bisa menggunakan API Key yang sama.

Langkah #7: Melakukan pengaturan Akismet

Seperti kamu lihat pada gambar berikut, Akismet hanya memiliki dua opsi pengaturan.

Pada pengaturan Comments, kamu bisa menampilkan jumlah komentar yang sudah disetujui pada masing-masing tampilan pengunjung. Hal ini sangat berguna untuk mengetahui siapa saja yang sering berkomentar pada website kamu.

Pada pengaturan Strictness, kamu bisa memilih untuk mereview dulu komen spam yang terdeteksi oleh Akismet atau langsung menghapusnya tanpa harus direview terlebih dahulu. Hal ini sangat berguna bila kamu banyak mendapatkan komen spam yang akan memakan banyak waktu untuk direview satu-persatu.

Cara menandai komen spam

Salah satu permasalahan yang sering dihadapi oleh plugin anti-spam adalah ketepatannya dalam menentukan apakah sebuah komen termasuk spam atau bukan? Akismet sendiri selalu berusaha belajar untuk mengenali ciri-ciri komen spam agar hasil yang ditampilkan bisa semakin akurat.

Akismet mempelajari hal ini dalam dua cara, global dan lokal. Global adalah aturan umum yang berlaku di seluruh dunia sedangkan pembelajaran secara lokal dilakukan berdasarkan pilihan pengguna. Jadi bila ada komen yang kamu anggap spam namun tidak oleh Akismet atau sebaliknya, di sinilah Akismet akan belajar apa yang menjadi pilihan kamu. Dengan begitu Akismet tidak akan mudah ‘diakali’ dan mengurangi kemungkinan kesalahan penandaan spam.

Untuk melihat komen-komen yang dianggap spam oleh Akismet, masuk ke dalam menu Comments dan lihat daftar komen yang ada pada menu Spam. Bila kamu merasa bahwa komen yang ada pada daftar tersebut bukan spam, pilih komen tersebut dan pilih opsi Not Spam. Untuk menghapus komen spam secara permanen, pilih opsi Delete Permanently.

Penutup

Mengaktifkan Akismet adalah salah satu langkah penting yang harus kamu lakukan setelah selesai memasang WordPress.

Memoderasi komen secara manual mungkin hal yang mudah bila hanya ada sedikit komen yang masuk, tapi bagaimana dengan komen yang jumlahnya banyak? Dengan adanya plugin ini, kamu tidak perlu lagi pusing-pusing menangkal komen spam yang masuk.

Jadi, apakah kamu sudah mengaktifkan Akismet? Jangan segan untuk berbagi kesan kamu terhadap plugin ini di kolom komentar yah!

Posted in Wordpress.

Tulis komentar kamu di sini...

Be the First to Comment!

Notify of
avatar
wpDiscuz