Cara Jadi Agen BukaLapak dan Dapat Penghasilan Tambahan

BukaLapak sebagai salah satu online marketplace terbesar, menyediakan sarana untuk kamu yang ingin berbisnis tanpa modal. Cukup berbekal handphone dan koneksi internet, kamu sudah bisa memulai usahamu sendiri dari mana saja. Bagaimana caranya? Baca terus sampai selesai yah!

Memiliki penghasilan tambahan di luar pekerjaan utama kamu tentu sangat mengasyikan. Apalagi saat ini, banyak tawaran mudah mendapatkan penghasilan sampingan hanya dengan modal smartphone dan koneksi internet yang memadai. Salah satu caranya adalah dengan menjadi Agen BukaLapak.

Apa Itu Agen Bukalapak?

Agen Bukalapak adalah penjual semua produk di Bukalapak secara offline.

Maksudnya?

Dengan menjadi Agen BukaLapak, kamu dapat membeli barang secara online melalui BukaLapak dan menjualnya kembali secara offline. Dengan begitu, kamu tidak perlu lagi memikirkan masalah pengemasan dan pengiriman karena hal tersebut sudah diatur oleh BukaLapak.

Tidak hanya barang berbentuk fisik, kamu juga bisa memperjualbelikan produk non-fisik seperti pulsa, paket data, token listrik, hingga tiket pesawat.

Jadi yang harus kamu lakukan hanya mencari pembeli → membelikan barang yang dibutuhkannya → beli di BukaLapak → dapatkan keuntungan kamu plus komisi dari BukaLapak.

Bila diperhatikan, menjadi Agen BukaLapak lebih mirip seorang dropshipper. Jadi bila kamu pikir menjadi Agen BukaLapak sama seperti affiliate marketing, maaf yah!

Keuntungan Menjadi Agen Bukalapak

Ada banyak keuntungan yang bisa kamu dapat dengan menjadi agen BukaLapak, di antaranya:

1. Komisi

Menjadi Agen BukaLapak membuat kamu berpeluang mendapatkan komisi menarik untuk setiap transaksi yang kamu lakukan sebagai agen. Keuntungan yang bisa kamu dapat bisa berupa komisi langsung, komisi mingguan, komisi sebagai referral agent, dan promo khusus agen yang bisa kamu manfaatkan untuk menambah jumlah komisi yang kamu dapatkan.

Untuk mengatahui lebih lengkapnya, baca di bagian khusus tentang komisi agen BukaLapak.

2. Jam kerja yang fleksibel dan tanpa modal

Jadi Agen Bukalapak mudah dilakukan di mana pun kamu berada. Modal untuk menjadi Agen Bukalapak juga gratis karena kamu hanya memerlukan akun BukaLapak dan data diri lengkap (nomor handphone, email, dan nomor KTP).

Selain itu, tidak ada aturan jam kerja saat menjadi Agen Bukalapak. Kamu bisa bebas menawarkan barang-barang kepada orang-orang sekitar kapan pun kamu mau.

3. Metode pembayaran beragam

Bukalapak menyediakan cara pembayaran yang beragam secara online dan real time yang memudahkan kamu bertransaksi. Pilihan cara pembayaran yang bisa kamu gunakan antara lain:

  • BukaDompet
  • Transfer Bank
  • Kartu Kredit
  • BCA KlikPay, Mandiri ClickPay, Mandiri E-Cash, dan CIMB Clicks
  • Indomaret & Alfamart
  • Pos Indonesia, dll

Untuk info lebih lengkap, kamu bisa membaca panduan lengkap pembayaran dari BukaLapak.

4. Jutaan produk dalam berbagai kategori

Dengan menjadi Agen BukaLapak, kamu bisa mendapatkan akses ke banyak pilihan produk mulai dari kebutuhan sehari-hari, gadget, peralatan rumah tangga, perlengkapan bayi, hingga produk elektronik yang berasal dari ribuan pelapak online dari seluruh penjuru Nusantara.

Tidak hanya itu, kamu juga bisa menjual produk virtual E-Voucher seperti pulsa, paket data, token listrik, voucher game, hingga tiket kereta api.

5. Harga yang bersaing

BukaLapak merupakan salah satu online marketplace terbesar di Indonesia yang terdiri dari banyak pelapak, jadi wajar kalau harga yang ditawarkan bisa sangat kompetitif.

Tidak hanya membeli secara satuan, kamu juga bisa membeli secara grosiran untuk mendapatkan harga yang lebih murah.

Komisi sebagai agen BukaLapak

Ini mungkin yang bikin kamu penasaran dengan keuntungan menjadi Agen BukaLapak.

Sebenarnya, berapa sih komisi yang bisa saya dapat?

CATATAN: Per tanggal 23 Mei 2017, Bukalapak melakukan perubahan kebijakan yang mempengaruhi besarnya komisi yang diberikan kepada Agen Bukalapak.

Komisi yang bisa kamu dapatkan dengan menjadi Agen BukaLapak antara lain:

1. Komisi Langsung

Selain mendapatkan keuntungan dari barang yang kamu jual, ada juga komisi langsung sebesar 3% 5% untuk setiap transaksi pembelian produk fisik (seperti handphone, kamera, fashion, elektronik, dll). Komisi ini akan langsung ditambahkan ke saldo BukaDompet setelah transaksi selesai dengan syarat pembeli tidak meretur barang atau meminta refund barang yang telah dibeli.

Komisi juga akan langsung diberikan tanpa adanya minimal transaksi.

2. Komisi Mingguan

Untuk transaksi E-Voucher seperti pulsa atau token listrik, ada komisi tambahan mingguan yang diberikan bila kamu berhasil memenuhi kuota penjualan pada minggu tersebut.

Perhitungan komisi ini dilakukan setiap hari Kamis pukul 23:59 WIB setiap minggunya dan berlaku untuk pendaftaran agen pada hari apapun juga.

Besarnya komisi yang kamu dapatkan dari transaksi E-Voucher adalah sebesar 5%, lebih besar dibandingkan sama seperti komisi yang kamu dapat dari penjualan produk fisik.

Untuk mendapatkannya, kamu harus memenuhi target penjualan sebagai berikut:

  • Akumulasi transaksi pulsa dan paket data mencapai minimal Rp 200.000 pada minggu tersebut.
  • Akumulasi transaksi token listrik mencapai minimal Rp 250.000 Rp 300.000 di minggu tersebut.
  • Akumulasi transaksi voucher game mencapai minimal Rp 100.000 di minggu tersebut.
  • Akumulasi transaksi tiket KAI mencapai minimal Rp 350.000 pada minggu tersebut.
  • Akumulasi transaksi tiket Pesawat mencapai minimal Rp 1.000.000 pada minggu tersebut.

Ingat! Komisi hanya didapat bila kamu berhasil mencapai target penjualan dan tidak ada akumulasi.

Jadi bila kamu berhasil menjual token listrik senilai Rp 200.000 pada minggu pertama (kamu tidak akan mendapatkan bonus komisi minggu pertama) kemudian berhasil menjual token listrik senilai Rp 300.000 pada minggu kedua, maka komisi hanya akan menghitung nilai penjualan yang telah melampaui target. Dalam hal ini berarti Rp 300.000 x 5% atau sekitar Rp 15.000.

3. Promo khusus Agen BukaLapak

BukaLapak seringkali mengadakan promo yang bisa memberikan keuntungan lebih bagi Agen BukaLapak.

Setiap promosi memiliki bonus yang berbeda-beda dan biasanya diadakan pada rentang waktu tertentu. Bonus yang bisa kamu dapatkan bisa berupa voucher gratis biaya pengiriman, potongan harga untuk beberapa produk tertentu, hingga tambahan komisi.

promo agen bukalapak

Contoh promo yang bisa kamu manfaatkan untuk menambah nilai komisi Agen BukaLapak.

4. Komisi tambahan dengan mengajak temanmu menjadi agen

Selain mendapatkan komisi-komisi di atas, kamu juga bisa mendapatkan komisi tambahan bila kamu berhasil mengajak orang lain menjadi Agen BukaLapak.

Untuk setiap agen yang berhasil kamu rekrut, akan ada bonus komisi 2% untuk setiap transaksi barang fisik yang dilakukan oleh downline kamu. Komisi ini hanya berlaku untuk agen yang berada satu tingkat di bawah kamu saja, tidak untuk seterusnya.

Jadi, jangan lupa juga untuk bergabung menjadi Agen Get Agent dan ajak orang-orang yang berpotensi untuk menjadi Agen BukaLapak!

Lalu, bagaimana cara mengikuti program Agen Get Agen?

Setiap kali kamu mendaftar sebagai Agen BukaLapak, kamu akan mendapatkan kode referral yang bisa kamu temukan di My Lapak » Pengaturan » Ringkasan Akun

Salin invite link yang ada pada kolom Agen Bukalapak dan sebar ke jejaring sosial yang kamu miliki, seperti Twitter, Facebook, e-mail, WhatsApp, dan lainnya.

Undang temanmu menjadi agen bukalapak

Orang-orang yang mendaftarkan dirinya sebagai Agen melalui invite link tersebut akan otomatis menjadi Agen Downline kamu.

Cara mendapatkan komisi dengan menjadi agen BukaLapak

1. Daftar menjadi Agen BukaLapak

Untuk menjadi Agen BukaLapak, kamu harus terlebih dahulu memiliki akun BukaLapak. Cara lengkapnya sudah pernah saya jelaskan di artikel Cara Jual Barang di BukaLapak.

Pastikan kamu mengisi nomor handphone dan alamat email setelah kamu selesai membuat akun.

Untuk mendaftarkan dirimu menjadi Agen BukaLapak, kamu hanya perlu masuk ke link Pendaftaran BukaLapak dan masukan nomor KTP, selesai.

Cara daftar agen bukalapak

CATATAN: Ada baiknya kamu membuat akun terpisah dari akun BukaLapak yang biasa kamu gunakan. Meskipun ada tambahan komisi, membeli barang sebagai Agen BukaLapak akan membuat harga beli menjadi lebih tinggi karena ada biaya administrasi 5% pada total pembayaran. Bila sebagai agen kamu bisa membebankan biaya administrasi ini pada pembeli, untuk konsumsi pribadi biaya ini akan dikenakan kepada kamu selaku pembeli.

2. Cari Pelanggan

Tawarkan barang-barang yang dijual di Bukalapak ke calon pelanggan yang sedang membutuhkan atau mencari barang idaman mereka. Kamu bisa mulai dari orang-orang di sekitarmu, misalnya keluarga, tetangga, rekan kantor, teman kuliah dan komunitas lainnya.

3. Beli barang di BukaLapak

Beli barang yang diinginkan dan masukkan data pembelian. Untuk pengisian alamat, kamu bisa menggunakan alamatmu atau alamat pelanggan. Bila kamu menggunakan alamat sendiri, kamu bisa memeriksa barang terlebih dahulu sebelum sampai ke tangan konsumen. Namun cara ini bisa menambah beban ongkos kirim bila alamat pelanggan cukup jauh dari alamat kamu.

Ingat! harga yang harus kamu bayar adalah harga akhir pada halaman tagihan yang mencakup biaya administrasi. Jadi pastikan harga jual kamu sudah mencakup biaya tersebut.

Biaya administrasi tidak dikenakan untuk pembelian produk E-Voucher serta pembelian fitur Bukalapak seperti push, paket push, promoted push, dan lainnya.

4. Dapatkan barang

Ini mungkin salah satu kelebihannya menjadi dropshipper seperti Agen BukaLapak. Setelah dibayar, barang akan dikemas dan dikirim oleh pelapak jadi kamu tidak perlu repot mengurusi keduanya. Untuk pembayarannya sendiri dapat dilakukan melalui metode pembayaran yang tersedia di Bukalapak.

5. Dapatkan komisi

Setelah transaksi selesai (barang diterima), komisi akan secara otomatis masuk ke saldo BukaDompet yang besarnya disesuaikan dengan nilai transaksi.

Khusus untuk produk E-Voucher, komisi akan diberikan bila kamu berhasil melakukan transaksi di atas batas minimun yang telah ditentukan.

Penutup

Sangat menggiurkan bukan? Kapan lagi bisa dapat penghasilan tambahan dengan mudah?

Saya sendiri sudah mencoba menjadi Agen Bukalapak dan merasakan sendiri keuntungannya. Mungkin lain kali saya akan mereviewnya di sini. Kamu bisa membaca review agen BukaLapak saya dan melihat sendiri apakah BukaLapak benar membayar komisi kepada agennya.

Bila kamu tertarik, jangan lupa untuk mendaftarkan diri kamu menjadi Agen BukaLapak sekarang!

Image credit: BukaLapak

Sudahkah kamu menjadi Agen BukaLapak? Kirim pertanyaan seputar Agen BukaLapak di kolom komentar di bawah ini yah!

Posted in Internet Marketing.

Tulis komentar kamu di sini...

Be the First to Comment!

Notify of
avatar
wpDiscuz