Coba Plugin WordPress Tanpa Perlu Diinstall Terlebih Dahulu

Addendio adalah tools online yang bisa digunakan untuk mencoba plugin WordPress tanpa harus menginstalnya terlebih dahulu. Dengan begitu kamu tidak perlu khawatir proses bongkar pasang plugin akan mempengaruhi situs asli tanpa perlu repot membuat instalasi WordPress lokal.

Layaknya membeli sebuah pakaian, mencobanya terlebih dahulu adalah cara terbaik untuk memilih plugin yang cocok dengan apa yang kamu butuhkan. Memiliki instalasi lokal dapat membantu kamu dalam hal ini, dengan begitu kamu bisa mencoba banyak plugin tanpa harus mengutak-atik situs aslu kamu.

Bila kamu bisa menduplikat isi situs WordPress, kamu bahkan bisa melihat langsung pengaruh plugin tersebut pada situs kamu.

Pada artikel kali ini, saya akan memberikan alternatif tambahan di mana kamu bisa mencoba plugin (bahkan tema) dengan menggunakan layanan web secara online menggunakan Addendio.

Prinsip kerja dari Addendio adalah dengan menyediakan kamu sebuah sandbox berisi WordPress dan plugin yang ingin kamu coba.

Selain bisa memilih lebih dari 50.000 plugin yang ada pada repositori WordPress, kamu juga bisa memilih plugin premium yang ada pada CodeCanyon.

Fitur pencarian yang dimiliki situs ini juga lebih baik dibandingkan pada yang ada pada situs Wordress.org. Di sini kamu bisa memilih plugin berdasarkan jumlah instalasi, rating, kapan terakhir update, hingga tags.

Untuk menggunakan Addendio caranya cukup mudah, pilih plugin yang ingin kamu coba dan klik Tombol Try Now!

Pilih dan coba pluin di addendio tanpa harus menginstallnya terlebih dahulu

Pada laman baru akan muncul menu pengaturan sandbox di mana kamu bisa memilih versi WordPress, bahasa, dan alamat email.. Secara default kamu akan menggunakan WordPress versi terbaru meski kamu bisa menggantinya dengan versi lain (versi 4 ke atas saja).

Khusus untuk alamat email, kamu tidak bisa menggunakan alamat dummy email bahkan email yang disediakan oleh penyedia email biasa. Jadi bila kamu menggunakan dummy email  dari Mailinator atau ThrowAwayMail, Addendio akan mengirimkan pesan error ‘You are using a disposable email or an email address with a low trust score. Please review your email.’ Saya bahkan tidak bisa menggukanan email yang saya buat di AOL.

Cara yang paling aman adalah menggunakan alamat email dari Google atau Yahoo.

Setelah selesai klik tombol Launch Sandbox Now! dan tunggu 50 detik.

Buat sandbox baru di addendio, jangan lupa untuk menggunakan alamat email valid

Setelah itu, kamu akan diberi dua link yaitu Sandbox yang mengarah ke situs WordPress dan Sandbox Admin yang akan mengarah ke panel Admin. Pada laman yang sama juga terdapat username dan password yang kamu butuhkan untuk login ke panel admin. Setelah itu, silahkan coba plugin yang kamu pilih.

Secara default, setiap sandbox baru bisa digunakan selama 15 menit sebelum akhirnya tertutup secara otomatis. Akan ada timer pada sandbox tersebut untuk melihat berapa banyak waktu yang tersisa. Namun kamu bisa menambah waktu pemakaian menjadi 60 menit hanya dengan mendaftar akun di addendio (gratis).

Selain digunakan untuk mencoba plugin, kamu juga bisa menggunakan addendio untuk melihat-lihat tema. Dan selain tema gratis dari repositori WordPress, addendio juga menyediakan link demo dari tema premium yang ada pada situs ThemeForest.

Selain memiliki aplikasi berbasis web, Addendio juga memiliki plugin yang bisa mempermudah kamu mencari plugin dan tema. Namun untuk penggunaan sandbox, kamu tetap akan diarahkan ke situs Addendio.

Satu kekurangan plugin ini adalah tidak tersedianya dummy content sehingga bila kamu ingin melihat performa plugin yang berhubungan dengan konten, kamu harus membuatnya terlebih dahulu. Namun selain itu, Addendio adalah cara unik di mana kamu bisa mencoba plugin tanpa harus memasangnya terlebih dahulu.

Posted in Wordpress.

Tulis komentar kamu di sini...

Be the First to Comment!

Notify of
avatar
wpDiscuz